Global Qualifying Tournament PGA TOUR Series-China yang pertama akan digelar di Indonesia. Mengapa ajang ini patut dimanfaatkan oleh para pegolf terbaik di Indonesia?

PGA TOUR Series-China baru saja mengumumkan menggelar salah satu Global Qualifying Tournament-nya di Indonesia. Langkah ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak Tour batu loncatan menuju Korn Ferry Tour ini dimulai pada tahun 2014.

“Kami merasa bersemangat untuk memikirkan bagaimana memulai musim yang baru, dan menuju ke Indonesia untuk pertama kalinya dan memulai bab baru dalam sejarah kami. Kami tak sabar untuk menyambut perpaduan para pemain baru yang akan muncul dari kualifikasi ini, termasuk mereka yang bakal kembali,” tutur Greg Carlson, Executive Director PGA TOUR Series-China.

Laguna Golf Bintan, di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau akan menjadi tuan rumah Global Qualifying Tournament pertama dari tiga kualifikasi bagi para pemain di luar China daratan.

Kualifikasi global ini akan menjadi kesempatan terbaik bagi para pegolf Indonesia untuk memastikan tempat pada PGA TOUR Series-China, sekaligus selangkah lebih dekat menuju Tour impian, PGA TOUR.

Laguna Golf Bintan menjadi tuan rumah Global Qualifying Tournament PGA TOUR Series-China yang pertama untuk musim 2020. Foto: Laguna Golf Bintan.

Lokasi penyelenggaraan di negeri sendiri ini jelas memudahkan para pegolf terbaik Indonesia untuk mengikuti kualifikasi. Ini berarti, akomodasi yang dikeluarkan tidaklah sebesar jika mereka harus bermain di luar negeri. Sebelumnya, kualifikasi terdekat ada di Laguna Phuket Golf Club, di Phuket, Thailand.

Selain itu, fakta bahwa Laguna Golf Bintan merupakan salah satu lapangan di wilayah khatulistiwa, bisa memberi peluang terbaik dari segi kondisi fisik pemain. Artinya, para pemain Indonesia sudah jauh lebih terbiasa bermain dalam kondisi yang lembab.

Selain itu, menembus PGA TOUR Series-China juga memberikan jadwal kompetisi berkualitas tinggi yang bisa meningkatkan kemampuan pemain Indonesia.

Dengan poin pada Official World Golf Ranking yang juga didapatkan, para pegolf Indonesia yang masih memiliki peluang untuk mengejar peringkat akan mendapat lebih banyak kesempatan mengumpulkan poin yang dibutuhkan. Juara dari tiap turnamen akan mendapat 6 poin, yang bisa mendongkrak peringkat secara signifikan, setara dengan menjuarai Asian Development Tour.

Jika pemain Indonesia berhasil menembus PGA TOUR Series-China, mereka akan mendapat kompetisi di level Asian Development Tour, Asian Tour, dan juga di level PGA TOUR Series-China.

Mereka yang berhasil mendapat status pada PGA TOUR Series-China pada musim 2019 ini. Para pegolf Indonesia bisa menjadi salah satu di antaranya dengan mengikuti Global Qualifying Tournament pertama di Laguna Golf Bintan, 14-17 Januari 2020. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Dengan juara kualifikasi akan mendapat hak bermain penuh sepanjang musim 2020, mereka yang finis di peringkat 2-12 akan mendapat status penuh untuk tujuh turnamen pertama musim depan.

Sementara pegolf berperingkat 13-35 dan ties akan mendapat status kondisional untuk tujuh turnamen pertama musim 2020.

Para pegolf Indonesia yang berhasrat untuk menembus Olimpiade jelas perlu memanfaatkan peluang ini. Mereka bisa mulai melakukan pendaftaran pada 14 November 2019 dengan biaya pendaftaran senilai US$1.650.

Pegolf Singapura Abdul Hadi sempat menjuarai Global Qualifying Tournament pada tahun 2019 ini.