Tiger Woods mempertahankan posisi teratas sekaligus selangkah lagi menyamai rekor Sam Snead.

Tiger Woods kini menjelang meraih kemenangan pertamanya sejak menjuarai The Masters Tournament bulan April 2019 lalu. Dengan menyisakan tujuh hole lagi pada ajang ZOZO CHAMPIONSHIP, ia kini memimpin klasemen sementara dengan skor total 18-under. Saat ini ia tiga stroke lebih baik daripada pegolf tuan rumah Hideki Matsuyama, yang menorehkan 15-under.

Woods menuntaskan putaran ketiga, yang dimainkan hari Minggu (27/10) pagi tadi dengan catatan 4-under 66. Sempat memulai dengan bogey di hole 1, ia kemudian menorehkan enam birdie di 12 hole berikutnya, sampai mendapatkan bogey kedua di hole 14. Hal ini membuatnya berhasil bertahan di puncak klasemen ketika hendak memulai putaran final yang mulai dimainkan pukul 12:00 waktu setempat.

Ketika memulai putaran finalnya pada pukul 14:00 atau pukul 15:00 WIB, Woods langsung mendapat birdie di hole pertama. Setelah bogey di hole 4, ia mencatatkan dua birdie berturut-turut di hole 5 dan 6, dan berhasil bermain par di lima hole berikutnya, sampai akhirnya panitia memutuskan untuk menghentikan putaran final pada pukul 16:40 lantaran hari mulai gelap dan akan dilanjutkan pada hari Senin (28/10) besok mulai pukul 07:30 waktu setempat. Sebanyak 46 pemain masih harus kembali untuk menuntaskan putaran final mereka.

Tambahan 2-under pada putaran keempat membuat Woods kini memiliki tabungan tiga stroke untuk menuntaskan tujuh hole terakhirnya besok.

Statistik menunjukkan bahwa Woods sangat berpeluang untuk menuntaskan turnamen ini dengan keluar sebagai juara. Pekan ini menjadi yang ke-59 kali bagi Woods memimpin hingga 54 hole dalam sepanjang kariernya. Dan sejarah menunjukkan, 54 dari 58 kesempatan itu berhasil ia tuntaskan sebagai juara, dengan tingkat keberhasilan mencapai 93,1%. Selain itu, 43 dari 45 kali (95,6%) dari menjadi satu-satunya pimpinan klasemen setelah memainkan 54 hole, Woods berhasil menjadi juara, sekaligus menyamai rekor 82 gelar PGA TOUR yang selama ini masih menjadi milik Sam Snead.

“Saya berusaha untuk menambah keunggulan. Saya pikir kalau saya berpuas dengan keadaan yang semula, saya takkan bisa memimpin. Saya mesti membuat banyak birdie. Lapangan di sini menjadi lembut dan cukup ramah dan saya pikir saya harus terus membuat birdie. Saya berhasil melakukannya memang, tapi tidak mudah karena harus menghadapi tekanan sebagai pimpinan klasemen dan berada dalam kejaran cukup lama,” tutur Woods.

Hingga memainkan 65 hole di Accordia Narashino Country Club, Woods telah mencatatkan 25 birdie. Jumlah ini bahkan 6 birdie lebih banyak daripada pemain lainnya. Dan ia masih menyisakan tujuh hole lagi!

“Kalau saya berhasil melakukan apa yang semestinya saya lakukan, rasanya saya akan mendapat kemenangan,” sambung Woods.

Meski memiliki keunggulan tiga stroke, segala sesuatunya bisa saja terjadi besok. Matsuyama, yang menyisakan enam hole lagi masih berpeluang untuk membuat para pendukung Jepang bersemangat. Skor 65 yang ia bukukan pada putaran ketiga tadi pagi, membuatnya mengumpulkan skor total 13-under 197. Ini menyamai skor 54 hole terendah sepanjang kariernya, ketika ia melakukannya pada BMW Championship 2018.

“Saya hanya berpikir bagaimana bisa mengejarnya (Woods) dan menjuarai turnamen.” – Hideki Matsuyama

“Sekarang saya hanya terpaut tiga stroke. Ada banyak kesempatan yang bisa saya manfaatkan besok,” ujar pemegang lima gelar PGA TOUR, termasuk dua gelar World Golf Championships ini.

“Tapi agar bisa memiliki peluang untuk menang, saya harus main bagus. Jadi, saya akan berusaha melakukan yang terbaik. Kebanyakan drive saya berhasil mencapai fairway, tapi rasanya kurang meyakinkan. Satu-satunya pukulan yang bagus terjadi di hole pertama dan saya juga berhasil membuat dua birdie di dua hole terakhir (sebelum putaran keempat dihentikan).”

Matsuyama mengakui bahwa statistik menunjukkan bahwa Woods sangat berpeluang meraih kemenangan, terutama setelah menjadi pimpinan klasemen dalam 54 hole.

“Tapi saya hanya berpikir bagaimana bisa mengejarnya dan menjuarai turnamen. Pada putaran final ini saya memang tidak main bagus, tapi kita lihat apa yang bakal terjadi di enam hole tersisa besok.”

PGA TOUR Rookie of the Year Im Sungjae dan Juara U.S. Open 2019 Gary Wooodland berbagi tempat di peringkat ketiga dengan total 12-under. Im masih menyisakan empat hole lagi, sementara Woodland masih harus memainkan delapan hole lagi.