Menunjukkan permainan yang konsisten pada putaran ketiga kemarin (3/9), Scott Hend memimpin di Swiss setelah bermain dengan skor 5-under 65. Total skornya, 13-under 197 membuatnya unggul satu stroke dari pesaing terdekatnya, Alex Noren dari Swedia.

Pada putaran ketiga kemarin, Hend mencatatkan 6 bridie dan hanya mendapat 1 bogey di hole terakhir pada ajang kerja sama Asian Tour dan European Tour yang memperebutkan total hadiah 2,7 juta Euro ini.

Musim ini memang menjadi musim yang sangat baik bagi Hend setelah memenangkan dua gelar di Thailand. Performa positif itu masih ia pertahankan di lapangan Crans-sur-Sierre Golf Club, Crans-Montana ini. Selain dua gelar itu, ia juga telah tiga kali finis di posisi sepuluh besar.

”Mestinya saya menang lebih banyak. Saya punya peluang untuk menjuarai lebih banyak turnamen, tapi hanya menang dua kali. Saya haus kemenangan untuk sekadar dua kali atau tiga kali atau empat kali kemenangan. Saya ingin menang sebanyak mungkin,” ujar Hend, yang juga mewakili Australia pada Olimpiade Rio de Janeiro bulan lalu.

Pegolf yang terkenal dengan pukulan jauhnya ini mencatatkan putaran yang luar biasa setelah pada sembilan hole pertamanya ia bermain dengan skor 31, dan mendapat dua birdie lagi di sembilan hole berikutnya. Ia sempat memimpin dengan jarak tiga stroke, sampai pegolf Swedia, Alex Noren memperkecil jarak dengan mencatatkan tiga birdie di hole 14, 15, dan 17.

”Saya memainkan golf dengan sangat bagus. Saya kehilangan beberapa pukulan, tapi masih bisa beberapa kali main aman dengan par. Sayangnya di hole 18 bola saya bergulir terus di antara bunker hingga ke jalur cart. Hole terakhir ini hole driving yang sulit dan saya tak memukul bola ke tempat yang saya inginkan.

”Memimpin satu stroke masih bagus daripada tidak sama sekali. Saya hanya ingin main golf dengan solid dan semoga memasukkan beberapa putt dan melihat bagaimana hasilnya. Semoga saya dan Alex (Noren) bisa melaju bersama dan menciptakan jarak antara kami dan pemain lain dan bertarung di sembilan hole terakhir,” ujar Hend.

Adapun Alex Noren yang menjuarai ajang ini pada 2009 memang menjadi pesaing terberat Hend untuk putaran akhir hari ini setelah mencatatkan skor 4-under 66. Meskipun demikian, Noren mengaku cukup beruntung bisa bermain dengan skor tersebut.

”Saya sungguh beruntung di hole 18. Pukulan tee saya tidak begitu bagus dan bolanya ke kanan. Saya berniat memukul melewati pin, tapi kedi saya memberi tahu kalau saya perlu satu club lagi dan saya dengan club pilihan saya sudah cukup. Bola pun memantul melewati

”Hari yang indah, sedikit lebih sulit main sore. Sedikit lebih kering dan memantulkan bola dan Hend bermain sangat bagus sejak awal, mendapat sejumlah birdie dan 4-under di sembilan hole pertamanya. Saya hanya berusaha untuk mempertahankan permainan dan menyelesaikan dengan beberapa birdie,” imbuh Noren.