Satu-satunya ajang match play, Credit Suisse Amateur Match Play Championship, kembali bergulir pada 10-13 Oktober 2016 mendatang. Turnamen yang tahun ini memasuki gelaran ke-14 ini merupakan satu-satunya ajang berskala internasional dengan format match play yang diadakan di Indonesia. Sekali lagi, Gunung Geulis Golf & Country Club menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung perkembangan golf di Indonesia melalui penyelenggaraan turnamen ini.

Direktur Operasional Gunung Geulis Golf & Country Club Lukas Budiman mengungkapkan pihaknya akan mempersiapkan lapangan sebaik mungkin. Salah satu tantangan yang sangat dikenal di lapangan ini ialah hole 1 yang memiliki ketinggian 60 meter dari teeing ground hingga ke fairway.

”Hal ini menjadi tantangan bagi pegolf untuk mengatur arah pukulan. Hal ini juga dirasa dapat memberikan peserta Credit Suisse Amateur Match Play Championship tantangan yang baru,” ujar Lukas.

”Dari segi pemandangan, lapangan ini juga menawarkan pemandangan yang indah, mempertontonkan ciri khas Puncak, Bogor, di ketinggian 450 m di atas permukaan laut.”

Dengan pendaftaran yang masih dibuka sampai akhir September 2016, sebanyak 144 peserta yang merupakan para pegolf amatir nasional dan internasional akan saling bersaing. Level turnamen yang juga dinaungi oleh Persatuan Golf Indonesia ini juga kian bergengsi setelah terdaftar dalam World Amateur Golf Ranking, di mana sang juara akan mendapatkan poin pada peringkat golf amatir dunia.

Ajang ini juga mendapat dukungan baru dari OB Golf. Sudah dikenal sebagai penggagas dan pengorganisasi ajang Indonesian Masters sejak 2011, OB Golf yang juga berperan dalam sirkuit lokal Indonesian Golf Tour makin mempertegas peran mereka dalam perkembangan golf di Indonesia lewat dukungannya terhadap ajang Credit Suisse Amateur Match Play Championship kali ini.

”Kami senang bisa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi pada 14th Credit Suisse Amateur Match Play Championship 2016 di mana perhelatan ini merupakan turnamen yang dinantikan oleh para pegolf,” ujar Liza Sutrisno dari OB Golf.

Turnamen akan diselenggarakan selama tiga hari, 11-13 Oktober. Seluruh peserta akan menjalani satu putaran kualifikasi pada 11 Oktober dengan format stroke play scratch untuk menentukan 16 besar pegolf terbaik (AA). Ke-16 pegolf ini kemudian akan melanjutkan pertandingan untuk menentukan juara tahun ini dengan menggunakan format match play. Para pegolf yang tidak lolos ke babak 16 besar akan mengikuti turnamen berformat stroke play (BB) yang dipertandingkan dalam dua putaran pada 12 dan 13 Oktober.

Juara bertahan Cahyo Aditomo juga dipastikan akan mempertahankan gelarnya. Tahun lalu, pegolf berusia 24 tahun ini sukses memenangkan jaket hijau keduanya setelah mengalahkan pegolf asal Korea Kim Minseok setelah setahun sebelumnya mengalahkan juara tahun 2007 Rizal Arya.

Sejak bergulir pada 2003, turnamen ini selalui mendapat perhatian dari para pegolf, yang merupakan juara di masing-masing klub golf dan lapangan golf. Sayangnya, banyak pegolf bagus yang tak berstatus juara klub bisa ikut berpartisipasi. Setelah titel turnamen berganti pada 2012, Credit Suisse Amateur Match Play Championship menjadi lebih terbuka bagi seluruh pegolf amatir pria dengan maksimal HCP index USGA 7,7.