Bintang-bintang Asia meninggalkan Torrey Pines dengan hasil yang jauh dari harapan, namun akan kembali pada bulan Juni.

Putaran final Farmers Insurance Open menjadi panggung kemenangan bagi Patrick Reed. Kemenangan yang terasa sangat tepat, mengingat Sang Kapten Amerika, julukan Reed, mengembalikan trofi turnamen ini kembali ke negaranya, setelah dalam empat penyelenggaraan terdahulu ajang ini selalu dimenangkan oleh pegolf Australia dan Eropa—Jon Rahm (Spanyol, 2017), Jason Day (Australia, 2018), Justin Rose (Inggris, 2019), dan Marc Leishman (2020).

Bagi Reed, kemenangannya ini membuktikan ketangguhan mentalnya yang luar biasa, menyusul kritik yang menyerbunya melalui media sosial, menyusul insiden di hole 10 pada putaran ketiga. Rex Hoggard dari GolfChannel.com menguraikan dengan sangat jelas bagaimana langkah yang Reed ambil kala itu sudah sesuai dengan peraturan, bahkan mendapat konfirmasi dari wasit yang bertugas kala itu.

Berbeda dengan The American Express, yang dimainkan di PGA West sepekan sebelumnya, kita tidak melihat ketangguhan wakil Asia pada pekan ini. Selain permainan gemilang pegolf veteran Korea K.J. Choi pada putaran pertama, tak ada pegolf Asia lain yang terlihat meramaikan persaingan di jajaran atas klasemen dalam tiga putaran berikutnya.

Bahkan tak satu pemain pun sanggup menorehkan skor lebih baik ketimbang 4-under 68 yang dibukukan Hideki Matsuyama pada putaran kedua. Ironisnya, skor 68 itu justru menjadi skor terbaik Matsuyama sepanjang pekan tersebut. Seperti halnya skor 66 milik Choi, skor 68 ini juga tercipta di North Course.

Im Sungjae mungkin menuntaskan Farmers Insurance Open ketiga dalam kariernya ini sebagai pegolf terbaik Asia. Namun, dengan torehan skor 69-74-69-73, ia hanya finis di peringkat T32, di antaranya bersama juara edisi 2016 Brandt Snedeker. Meskipun pencapaiannya kali ini masih lebih baik ketimbang finis T36 pada tahun 2020 lalu, catatan skor yang ia torehkan sebenarnya tidak lebih baik ketika ia menorehkan 4-under 284, termasuk ketika finis T52 pada tahun 2019.

Ironisnya, permainan Im terlihat sangat solid ketika berhasil membukukan 5-under berkat birdie di hole 2, 4, 6, 7, dan 8. Namun, enam hole pertama di sembilan hole terakhirnya menjadi mimpi buruk. Ia justru bermain 7-over di enam hole tersebut lantaran mendapat bogey di hole 10, 11, dan 13, serta double bogey di hole 12 dan 15. Birdie di hole terakhir hanya membuatnya mengumpulkan skor total 285.

 

 

Sementara bagi Matsuyama, yang selama ini sering menuntaskan ajang PGA TOUR sebagai wakil terbaik Asia, skor 74-68-74-73 memberinya pencapaian terburuk pertama sejak gagal lolos cut di Torrey Pines pada tahun 2016. Inilah pertama kalinya ia membukukan skor total 1-over 289 dalam lima partisipasi terakhirnya pada Farmers Insurance Open.

Adapun dua wakil Asia lainnya, Zhang Xinjun dan An Byeonghun juga masih belum berhasil memperbaiki catatan prestasi mereka pada turnamen yang tahun ini menyediakan hadiah sebesar US$7.500.000 ini. Zhang finis di posisi T60, sementara An menempati peringkat yang sama dengan pegolf Korea tersukses pada PGA TOUR, Choi, di peringkat T69.

Bagi mayoritas peserta Farmers Insurance Open menjadi kesempatan untuk bersiap menuju U.S. Open yang akan dilangsungkan di lapangan yang sama pada bulan Juni mendatang. Keberhasilan mereka bermain solid pada pekan ini tak hanya memberi percaya diri ketika bermain pada ajang Major tersebut nantinya, namun juga memberi gambaran lapangan dengan lebih baik lagi, meskipun pengaturan dan kondisi South Course akan berbeda.

”Lapangan ini akan dimainkan dengan lebih sulit lagi pada U.S. Open bulan Juni nanti. Rough-nya akan lebih tebal lagi, padahal sekarang juga sudah tebal. Selain itu, green-nya juga akan menjadi lebih keras,” komentar Reed menyinggung Torrey Pines pada bulan Juni mendatang.

Dengan mengingat hal ini dan melihat hasil permainan wakil Asia pekan ini, jelas mereka memiliki banyak PR menjelang U.S. Open. Untungnya, bulan Juni masih lama. Artinya, mereka masih punya banyak kesempatan untuk membangun momentum, yang di antaranya akan terbantu dengan sejumlah ajang World Golf Championships, THE PLAYERS Championship, termasuk dua ajang Major Masters Tournament bulan April dan PGA Championship bulan Mei.

Bagi kelima bintang Asia ini, fokus mereka akan ditujukan kepada turnamen berikutnya. Selain Choi, keempat bintang Asia lainnya akan menuju Waste Management Phoenix Open di TPC Scottsdale, di mana C.T. Pan, Kang Sung, Kim Siwoo, Lee Kyounghoon, dan Satoshi Kodaira akan menjadi bagian dari skuad Asia pada ajang yang tak kalah populernya ini.