Pegolf nomor 2 dunia, Rory McIlroy, memperpanjang kontrak dengan Nike. Pengumuman ini disampaikan oleh Nike persis sebelum pekan The Masters dimulai.

Sejak menjadi atlet Nike pada tahun 2013 lalu, McIlroy telah men juarai 12 turnamen, termasuk dua Major, plus menjuarai Race to Dubai dua kali. Musim lalu ia bahkan menjuarai FedEx Cup.

Keputusan ini seakan mempertegas ikatan Nike dan McIlroy, terutama setelah Nike memutuskan tak lagi memproduksi club dan bola golf pada Agustus 2016 lalu.

”Saya kira Nike menyimbolkan yang terbaik. Semua atlet yang saya kagumi dari berbagai cabang olahraga, semuanya memiliki keterkaitan dengan Nike,” ujar McIlroy.

Selain itu, pegolf asal Irlandia Utara ini menyebut bahwa Nike juga telah melakukan inovasi besar dalam 10-15 tahun terakhir. Berbagai teknologi terkini itu bisa dilihat dari koleksi aparel dan sepatu golf yang dihasilkan oleh perusahaan asal Oregon tersebut.

”Saya kira Nike sangat memperhatikan atlet dan hal-hal yang atlet lakukan dan itu membuat atlet merasa istimewa,” sambung McIlroy lagi.

Meskipun tidak diungkapkan, nilai kontrak terbaru McIlroy ini senilai US$100 juta dan berdurasi sepuluh tahun.

Adapun kontrak awal lima tahun yang ditandatangani McIlroy pada 2013 lalu disebut-sebut senilai US$20 juta. Kontraknya saat itu mencakup seluruh perangkat golf dan aparel dari atas hingga bawah.

Namun, keputusan Nike untuk lebih berfokus pada aparel dan sepatu membuat McIlroy kini bisa melakukan kesepakatan dengan produsen perangkat golf. Saat ini, McIlroy memainkan driver dan iron Callaway, wedge dan bola Titleist, dan putter Scotty Cameron.

McIlroy menyebutkan salah satu keputusannya untuk memperpanjang kerja sama ini ialah karena ”saya sangat merasa menjadi bagian dari keluarga Nike. Saya tak ingin perasaan tersebut berubah atau hilang karena saya mencintai perusahaan ini sejak kecil. Dan bisa mengikat kontrak untuk beberapa tahun lagi membuat saya sangat bersemangat. Saya sangat senang bisa melanjutkan perjalanan bersama Nike.”

Sebelumnya, Nike juga telah mengontrak Jason Day untuk menjadi bagian dari keluarga Nike pada awal Februari lalu.