Resorts World Manila Masters yang berlangsung di Manila, Filipina pekan ini merupakan ajang penting bagi pegolf Indonesia, Rory Hie. Sebagai satu-satunya pegolf Indonesia yang berlaga pada turnamen Asian Tour yang memperebutkan total hadiah US$1 juta tersebut, Rory memastikan membawa bendera Merah Putih ke dua putaran final.

Kampanye Rory di Manila Southwood Golf and Country Club pekan ini ia awali dengan catatan even par 72. Pada putaran pertama yang berlangsung kemarin (9/11) ini, Rory membukukan dua bogey di hole 12 dan 14. Namun, ia berhasil memperbaiki performanya dengan mendapatkan dua birdie di hole 15 dan 18.

Memasuki putaran kedua, Rory akhirnya berhasil memastikan lolos ke dua putaran final setelah mencatatkan 2-under 70. Rory, yang kali ini memulai putarannya dari hole pertama, memulai putaran keduanya dengan tren positif ketika berhasil mencatatkan birdie di hole pertamanya. Ia kembali mendapat dua birdie di hole 5 dan 7. Sempat mendapat bogey di hole 8, ia kembali menambah birdie di hole 9 untuk catatan 3-under pada sembilan hole pertamanya.

Pada sembilan hole berikutnya, Rory kembali mendapat bogey di hole 13 dan 14. Beruntung ia menuntaskan putaran keduanya seperti ketika mengawalinya, dengan mencatatkan birdie.

Rory membutuhkan hasil yang bagus pada turnamen ini untuk membuka peluang mengakhiri musim 2017 pada Asian Tour tahun ini di zona 60 besar. Saat turnamen ini berlangsung, Rory berada di peringkat 78 dengan mengumpulkan US$27.127 dari 8 turnamen yang ia mainkan sepanjang tahun ini. Masuk zona 60 besar akan menjadi sangat krusial baginya, mengingat hal itu akan memberinya kartu Asian Tour untuk musim 2018.

Jadwal Asian Tour sendiri, setidaknya, tinggal menyisakan lima turnamen lagi. Setelah turnamen di Manila ini, para pegolf Asian Tour akan menuju Hong Kong Golf Club untuk turnamen UBS Hong Kong Open, yang di-sanction bersama European Tour. Setelah itu, Tour akan bertolak ke Mauritius untuk AfrAsia Bank Mauritius Open, dilanjutkan dengan debut Asian Golf Championship di Xiamen, China.

Dari China Tour akan menuju ke Afrika Selatan untuk gelaran Joburg Open. Ajang ini menandakan kolaborasi pertama turnamen ini bersama Asian Tour. Dari sana Tour akan berakhir di Jakarta pada Indonesian Masters.

Dari lima jadwal tersebut, kans Rory untuk masuk zona 60 besar memang tinggal di Manila dan Jakarta. Peluang untuk bisa berpartisipasi pada ajang co-sanction dengan European Tour tentu sangat tipis. Ketimbang tiga turnamen co-sanction tersebut, ia lebih berpeluang untuk mendapat slot bermain di Xiamen.

Bagaimanapun juga, di turnamen mana pun yang bisa ia ikuti hingga akhir tahun ini, yang jelas ia membutuhkan dukungan penuh publik golf Indonesia.

Perkembangan skor Rory dan pemain lainnya pada Resorts World Manila Masters bisa Anda dapatkan melalui situs resmi Asian Tour.