Nama Rory Hie kembali tampil ke puncak klasemen pada akhir putaran kedua Indonesian Golf Tour presented by OB Golf & Ancora Sports (IGT) hari ini (3/5). Rory berhasil tampil prima dengan bermain tanpa bogey dan mencatatkan 6-under 66.

Mengawali hari kedua dari hole 10, Rory langsung mencatatkan dua birdie di dua hole pembukanya. Sebelum beralih ke sembilan hole kedua, ia sudah bermain 5-under. Praktis ia pun menempati posisi teratas lantaran pimpinan klasemen hari pertama, Kevin Akbar malah kehilangan sentuhannya pada hari pertama.

Namun, memasuki sembilan hole terakhirnya, Rory tampak berjuang untuk menambah koleksi birdie-nya sampai akhirnya birdie keenam itu ia peroleh di hole terakhirnya.

Perolehan 7-under 137 milik Rory memang belum aman lantaran ia hanya unggul 2 stroke dari Joshua Andrew Wirawan dan George Gandranata yang sama-sama mengoleksi 5-under 139.

George yang tampil perdana pada IGT musim ini tampak memperbaiki statistik permainannya pada hari kedua. Setelah kemarin bermain dengan skor 2-under 70, hari ini ia berhasil mendapatkan 4 birdie dengan 1 bogey sehingga membuatnya berada di peringkat kedua bersama pegolf asal Jawa Timur, Joshua Andrew Wirawan. Ia mengaku mendapatkan sentuhan yang nyaman saat melakukan putting pada hari pertama kemarin.

”Hari ini saya mencoba merasakan feelingi seperti kemarin,” tutur George kepada Golf Asia Indonesia.

Permainan Rory yang luar biasa hari ini juga memicu dirinya untuk tampil lebih agresif.

”Saya berusaha bermain agresif seharian [ini],” ujarnya, ”mencoba mengambil kesempatan di par 5.”

Pekan ini, pegolf Indonesia pertama yang menjuarai ajang Asian Development Tour ini mengaku turun tanpa berharap banyak lantaran tidak memiliki catatan yang positif di Matoa Nasional Golf & Country Club. Ia mengaku kondisi lapangan kali ini membuatnya bisa bermain lebih agresif.

”Mungkin karena kondisi yang lebih soft. Biasanya ada beberapa tee-off yang bisa membuat bola rolling sampai bunker. Tapi karena soft, saya bisa pukul lebih keras ke arah bunker dan tidak [khawatir bola bakal] sampai [bunker]. Semoga besok bisa sebagus ini atau lebih bagus lagi,” tutup George.

Sementara itu, peluang pemain senior Maan Nasim untuk memenangkan gelar IGT pertamanya masih cukup terjaga setelah pada hari kedua ini ia masih sanggup bermain under. Dengan torehan 1-under 71 pada hari ini, Maan kini berada di tempat keempat, berjarak 3 stroke dari Rory dengan total skor 4-under 140.

Adapun pegolf asal Bali, Ian Andrew, untuk sementara berada di peringkat keenam, berbagi tempat dengan juara IGT Seri I Sawangan lalu, Jordan Irawan, setelah mereka sama-sama mengumpulkan 1-under 143.

”Tidak ada perubahan di game plan, hanya saja putting saya hari ini lebih bagus daripada kemarin,” tutur Ian. ”Besok saya akan mencoba yang terbaik. Mungkin minggu ini finis top 3 sudah cukup memuaskan untuk saya.”

Hingga akhir putaran kedua, Kevin Akbar masih menjadi satu-satunya pemain amatir yang masih menyaingi para pegolf profesional. Meskipun hari ini bermain dengan 2-over 74, ia masih memiliki deposit yang cukup untuk membuatnya tetap berada di jajaran atas. Dengan catatan 2-under 142, Kevin berada di peringkat kelima.

Peluang kembali menyabet gelar Pemain Amatir Terbaik sudah hampir pasti jatuh ke tangannya, mengingat pesaing terdekatnya ialah Rizchy Subakti yang bermain total 6-over 150.