Menyusul perolehan skor par yang membuat Rory Hie lolos cut pada BNI Indonesian Masters presented by Zurich kemarin (8/10), putaran final hari ini (9/10) dimulai dirinya dengan nada optimis. Memang sejak putaran kedua, nama Rory Hie mencuri perhatian karena menjadi salah satu pegolf Indonesia yang bermain stabil. Ia berhasil membukukan 2-under 70 pada putaran kedua yang membuatnya lolos cut.

Begitu pula putaran ketiga, Rory cukup prima dengan menghasilkan kembali 2-under 70 dan total skor sementara 2-under 214. Walau putaran ketiga cukup berat baginya karena ia harus memulai dengan menyelesaikan tiga hole terakhir dari putaran kedua, namun Rory patut berbangga.

”Tiga hole terakhir yang saya tau tak akan mudah, walau berusaha untuk tak membuat kesalahan tapi ternyata tetap kekeliruan di hole 8,” ujar Rory. Hole 8—hole ke-17 yang dimainkan—sempat Rory bubuhkan double bogey yang membuatnya mengurangi 3-under yang sebelumnya telah dikumpulkan. Namun, kembali dibayar dengan birdie di hole penutup.

Bersama ketiga pegolf Indonesia lain—Kurnia Herisiandy, Danny Masrin, dan Nasin Surachman—Rory memimpin Indonesia dengan duduk di posisi T47.

Final hari ini (9/10), Rory yang tee off pukul 07.30 WIB dari tee 10 akan berusaha tampil tanpa beban. Menyusul sejarah pertama yang dibuatnya pada Indonesia Masters 2011—di mana Rory satu-satunya pemain Indonesia yang masuk 10 besar—memang diakui lumayan berat dibangun kembali oleh Rory.

Rory yang kala itu bermain prima 8-under 288 dan duduk di posisi T9 memang berpeluang lebih baik. Namun, memori itu tak akan dijadikannya beban tampil di final musim ini. ”Memang cukup berat untuk sampai di posisi seperti yang pernah saya buat 2011 lalu, tapi ya berusaha saja pukul dengan baik dan lakukan yang terbaik,” katanya.

Sementara pegolf muda Danny Masrin tak cukup menaklukkan putaran ketiga kemarin. Danny yang mencatatkan 2 birdie dan 5 bogey menghasilkan skor dirinya 3-over 75. Penampilannya cukup naik turun, mengingat dirinya sempat bermain stabil di putaran pertama dan kedua dengan membubuhkan skor even par berturut-turut.

Kondisi cuaca yang sempat hujan dan suspend beberapa waktu bisa jadi membuat dirinya harus mengubah permainan. Namun, kita harapkan kembali prima di final hari ini.

Live scoring hole per hole bisa Anda dapatkan di www.indonesianmasters.co.id atau www.asiantour.com