Salah satu pegolf putri terbaik Indonesia Ribka Vania akan melakoni debut LPGA-nya ketika turun pada ajang Honda LPGA Thailand yang dimulai 21 Februari 2019. Ribka dipastikan mendapat spot bermain di Thailand setelah mendapat undangan khusus dari IMG, yang sejak awal memang berniat memberikan satu spot bermain untuk pemain Indonesia.

“Saya sangat bersemangat dan benar-benar kagum bisa bertemu dengan banyak pemain bintang. Dan terus terang saya merasa sedikit gugup. Apalagi turnamen ini merupakan salah satu turnamen besar LPGA. Saya juga bakal main bersama para pemain terbaik dunia,” tutur Ribka.

Sebagai pemain amatir, Ribka telah berkali-kali mengikuti sejumlah turnamen top dunia. Selain tampil pada gelaran perdana Women’s Amateur Asia-Pacific Championship di Singapura tahun lalu, ia juga turun mewakili Indonesia pada gelaran Youth Olympic Games 2018 yang dilangsungkan di Argentina.

Meski demikian, tak pelak lagi kesempatan bermain bersama para pegolf terbaik dunia pada Honda LPGA Thailand pekan ini akan memberi pelajaran berharga untuk perkembangan karier golfnya ke depan.

“Saya berharap bisa belajar bagaimana dari cara pemain top dunia ini mengatasi tekanan dan melihat apa yang membuat mereka menjadi pemain terbaik di antara yang terbaik.”

Ribka akan memulai debutnya pada ajang LPGA ini dari hole 10 Old Course Siam Country Club mulai pukul 08:44. Dua pegolf LPGA menjadi rekan bermainnya dua putaran awal ini. Mereka adalah pegolf Spanyol Azahara Munoz, yang telah mengemas enam kemenangan profesional. Lima di antaranya ia raih pada kancah Ladies European Tour sedangkan satu-satunya gelar LPGA ia raih tahun 2012 lalu saat menjuarai Sybase Match Play Championship.

Pegolf LPGA kedua ialah Jacqui Concolino. Meskipun belum sekalipun meraih gelar juara, Concolino telah melakoni karier profesionalnya di LPGA sejak 2012. Tahun lalu ia empat kali masuk sepuluh besar dan meraih hasil terbaiknya pada ajang Major ketika finis T8 pada KPMW Women’s PGA Championship.

Dengan bermain bersama dua pegolf berpengalaman ini, sudah jelas Ribka bakal mendapatkan pengalaman yang berharga.

“Saya berharap bisa belajar bagaimana dari cara pemain top dunia ini mengatasi tekanan dan melihat apa yang membuat mereka menjadi pemain terbaik di antara yang terbaik,” tutur Ribka yang kini berperingkat 643 dunia menurut World Amateur Golf Ranking ini.

Selain Ribka, sejumlah pegolf amatir juga mendapat undangan untuk bermain pekan ini. Mereka adalah juara Women’s Amateur Asia-Pacific Championship 2018 Atthaya Thitikul, yang juga peraih medali emas Youth Olympic Games 2018, Pajaree Anannarukam, Pannarat Thanapolboonyaras, dan Benyapa Niphatsophon yang menjuarai Honda LPGA Thailand National Qualifiers hosted by Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd.

Leave a comment