Augusta National Golf Club, European Tour, LPGA, PGA of America, PGA TOUR, The R&A, dan USGA mengeluarkan pernyataan bersama terkait dengan revisi kalender kompetisi musim 2020.

Keputusan untuk menghentikan kompetisi untuk sementara memang tak bisa dihindari. Pandemi virus corona yang terjadi di seluruh dunia telah memaksa semua aktivitas olahraga yang melibatkan banyak orang berkumpul terpaksa dihentikan guna menghambat penyebaran virus.

Akan tetapi, harapan untuk segera menikmati kembali aksi-aksi golf kelas dunia mulai terlihat. Sejumlah badan berwenang golf dunia mengeluarkan kemarin (6/4) mengeluarkan pernyataan bersama untuk merevisi jadwal kompetisi musim 2020 ini.

Dalam pernyataan tertulis, Augusta National Golf Club, European Tour, LPGA, PGA of America, PGA TOUR, The R&A, dan USGA menegaskan komitmen mereka untuk tetap melayani semua pihak yang menggemari dan memainkan olahraga golf ini. Hal ini mendorong mereka untuk melihat kemungkinan menggelar kompetisi golf profesional pada paruh tahun 2020 ini.

“Saat ini menjadi masa-masa yang paling sulit dan menantang bagi semua yang berusaha mengatasi dampak dari pandemi ini. Kami tetap mempertimbangkan segala rintangan yang ada, dan tiap organisasi akan terus mengikuti panduan dari otoritas kesehatan publik terkemuka, dan menggelar kompetisi hanya jika dinyatakan aman dan memungkinkan,” demikian awal pernyataan tersebut.

“Dalam beberapa pekan terakhir, secara kolektif komunitas golf global telah menyusun kalender kegiatan yang, kami harapkan, bisa menghibur dan menginspirasi para penggemar golf di seluruh dunia. Kami sangat bersyukur kepada seluruh mitra, sponsor, dan pemain yang memungkinkan kami mengambil keputusan ini, beberapa di antaranya merupakan keputusan yang sangat sulit, untuk menjalankan industri dan permainan ini.

“Kami juga ingin menekankan bahwa Augusta National Golf Club, European Tour, LPGA, PGA of America, PGA TOUR, The R&A, dan USGA sangat menghargai kesehatan dan kebugaran tiap orang yang terlibat dalam olahraga golf dan di sekitarnya, lebih dari segalanya. Kami mendorong semua orang untuk mengikuti semua arahan dan berusaha untuk tetap sehat dan aman.”

USGA
U.S. Open semula dijadwalkan 15-21 Juni 2020 di Winged Foot Golf Club, Mamaroneck, New York, kini dijadwalkan ulang pada 14-20 September 2020 di tempat yang sama.

The R&A
R&A telah memutuskan membatalkan The Open 2020 dan edisi ke-149 di Royal St. George’s tahun 2021 mendatang.

PGA of America
PGA of America mengumumkan jadwal baru untuk ajang Major PGA Championship pada tanggal 3-9 Agustus 2020 dengan penyelenggaraan tetap di TPC Harding Park, di San Francisco, California. Semula ajang ini dijadwalkan tanggal 11-17 Mei 2020, namun ditunda pada tanggal 17 Maret 2020.

Selain itu, PGA of America juga mengonfirmasi ulang bahwa Ryder Cup akan tetap digelar sesuai jadwal, yaitu 22-27 September di Whistling Straits di Kohler, Wisconsin.

 

Pengumuman digesernya Masters Tournament ke bulan November memberi harapan bagi publik golf dunia untuk bisa menyaksikan kembali Tiger Woods dalam upayanya mempertahankan Jaket Hijau yang ia menangkan tahun 2019 lalu. Foto: Augusta National 2019.

 

Augusta National Golf Club
Augusta National telah memilih tanggal 9-15 November 2020 sebagai jadwal untuk menggelar Masters Tournament 2020, yang mestinya diadakan tanggal 6-12 April 2020.

PGA TOUR
Selain berkolaborasi dengan PGA of America dalam mencari tanggal ideal untuk U.S. PGA Championship, PGA TOUR juga bekerja sama dengan penyelenggara dan sponsor utama untuk menggeser ajang pamungkas Regular Season, yaitu Wyndham Championship, dan ketiga FedExCup Playoffs sepekan kemudian. Rangkaian turnamen pamungkas ini akan diadakan mulai 10 Agustus dan berpuncak pada 7 September, sebagai putaran final TOUR Championship, yang bertepatan dengan Hari Buruh di AS.

PGA TOUR juga akan mempelajari kemungkinan menjadwalkan sejumlah turnamen pada pekan-pekan yang semula dimaksudkan untuk menggelar U.S. Open, The Open Championship, dan cabang olahraga golf untuk pria pada Olimpiade pada bulan Juni dan Juli. Rencananya mereka akan mengumumkan hal ini lebih lanjut dalam beberapa pekan ke depan.

European TOUR
Saat ini European Tour tengah mengupayakan berbagai skenario terkait dengan upaya menjadwalkan ulang turnamen-turnamen pada musim 2020. European Tour memiliki tantangan yang lebih kompleks, mengingat lokasi penyelenggaraan yang melibatkan sejumlah benua dan berbagai negara.

LPGA
Pada 3 April 2020 lalu, LPGA telah mengumumkan jadwal baru untuk musim panas 2020, dimulai dengan 15 Juni lewat gelaran Walmart NW Arkansas Championship presented by P&G. Selain itu, mereka juga mengungkapkan keberhasilan menjadwalkan ulang dua ajang Major mereka, yaitu ANA Inspiration ke 7-10 September 2020 di Mission Hills Country Club di Rancho Mirage, California dan U.S. Women’s Open oleh USGA pada 10-13 Desember 2020 di Champions Golf Club, di Houston, Texas.Berikut ringkasan dari status sejumlah turnamen menyusul kesepakatan penjadwalan ulang tersebut.

Berikut status sejumlah turnamen hingga bulan September 2020.

DIBATALKAN
The Open Championship

UNTUK DIKONFIRMASI LAGI
15-21 Juni: (jadwal U.S. Open semula) – kemungkinan ajang PGA TOUR
13-19 Juli: (jadwal The Open semula) – kemungkinan ajang PGA TOUR
27 Juli-2 Agustus: (jadwal golf Olimpiade pria semula) – kemungkinan ajang PGA TOUR

DIKONFIRMASI
3-9 Agustus: U.S. PGA Championship, di TPC Harding, San Francisco, California

Ajang akhir musim PGA TOUR, FedExCup Playoffs
10-16 Agustus: Wyndham Championship, di Sedgefield Country Club, Greensboro, North Carolina
18-23 August: THE NORTHERN TRUST, di TPC Boston, Norton, Massachusetts
24-30 August: BMW Championship, di Olympia Fields CC, Olympia Fields, Illinois
31 August-7 September: (Hari Buruh di AS) TOUR Championship, di East Lake Golf Club, Atlanta, Georgia
14-20 September: U.S. Open di Winged Foot Golf Club, Mamaroneck, New York

DIKONFIRMASI ULANG
22-27 September: Ryder Cup, di Whistling Straits, Kohler, Wisconsin