Jon Rahm meraih Seve Ballesteros Award menyusul musim 2019 yang cemerlang dengan tiga kemenangan, termasuk dua gelar Rolex Series.

Rasanya tak ada yang lebih layak dan istimewa ketika putra Spanyol meraih penghargaan yang dinamakan legenda Spanyol lainnya. Performa Jon Rahm yang luar biasa pada musim 2019 lalu membuatnya layak dinobatkan sebagai pegolf No.1 European Tour pada tahun 2019, tapi juga menerima Seve Ballesteros Award atas prestasi tersebut.

Tahun 2019 lalu, Rahm sukses menjuarai tiga gelar European Tour. Dua di antaranya merupakan ajang Rolex Series, yaitu Dubai Duty Free Irish Open pada bulan Juli dan ajang tutup musim DP World Tour Championship. Adapun satu gelar lainnya ia raih di negeri sendiri, yaitu Mutuactivos Open de Espana, yang ia raih pada bulan Oktober.

Kemenangannya di Dubai pada akhir musim lalu membuatnya menjadi pegolf tersukses dalam sejarah Rolex Series sejauh ini. Kemenangannya tersebut memberinya gelar Rolex Series keempat. Selain itu, ia juga layak menyandang status No.1 European Tour, sebuah prestasi yang membuatnya menjadi pegolf Spanyol pertama setelah Seve Ballesteros pada tahun 1991 silam.

 

 

Menjelang WGC-Mexico Championship pekan ini, Rahm menerima penghargaan prestisius ini dari peraih Seve Ballesteros Award 2018, Francesco Molinari. Penghargaan ini jelas sangat penting, mengingat hal ini menjadi pengakuan dari seluruh anggota European Tour terhadap performanya yang mengagumkan.

“Ini penghargaan yang unik. Saya sering membicarkaan sejarah golf dan sejarah golf di Spanyol dan betapa berartinya nama Seve bagi kami semua. Bisa meraih penghargaan ini benar-benar membuat saya mendapat pengakuan dari sesama rekan profesional, tapi juga dengan nama Seve, membuat penghargaan ini menjadi sangat spesial,” ujar Rahm.

Ia menambahkan bahwa pengakuan dari sesama rekan profesional dan menyandang status Player of the Year merupakan sebuah pencapaian besar baginya.

“Jon menikmati musim yang luar biasa tahun lalu, tapi menurut saya, sejak ia beralih profesional, prestasinya langsung melejit dan seakan tak pernah berhenti. Terutama tahun lalu, ia menjuarai Race to Dubai dan dua ajang Rolex Series, sungguh mengagumkan dan mengesankan,” puji Molinari, yang meraih penghargaan serupa setahun sebelumnya.

“Dia masih sangat muda dan masa depannya masih panjang. Saya takkan heran jika ia bisa menjadi No.1 Dunia atau bersaing dengan Rory (McIlroy). Saya tahu, dia punya peluang (menang) pekan ini, tapi saya kira duel (dengan McIlroy) itu harus kita tunggu lebih lama ketimbang pekan ini.”

 

 

Keith Pelley, CEO European Tour turut melayangkan pujian terhadap pencapaian Rahm ini.

“Jon memiliki bakat yang luar biasa dan menikmati musim 2019 yang sangat sukses di Europan Tour. Penghargaan ini, yang diberikan oleh sesama rekan profesionalnya, merupakan pengakuan yang lebih jauh,” ujar Pelley.

“Setelah Jon mengikuti jejak Seve Ballesteros, yang sebelumnya menjadi satu-satunya pegolf European Tour No.1, rasanya pantas jika ia pun menerima penghargaan dengan nama Seve.”

Nama Seve Ballesteros diabadikan sebagai penghargaan untuk gelar Player of the Year Award pilihan para pegolf profesional European Tour sejak 2016. Keputusan ini bertepatan dengan ulang tahun ke-60 sang legenda Spanyol tersebut. Henrik Stenson menjadi pegolf pertama yang meraih penghargaan dengan nama baru ini.

Para peraih Seve Ballesteros Award
2019 Jon Rahm
2018 Francesco Molinari
2017 Tommy Fleetwood
2016 Henrik Stenson
2015 Rory McIlroy
2014 Rory McIlroy
2013 Henrik Stenson
2012 Luke Donald
2011 Rory McIlroy
2010 Martin Kaymer
2009 Lee Westwood
2008 Padraig Harrington