Saujana Golf & Country Club akan menjadi tuan rumah bagi Q-School European Tour pertama di Asia. Kepastian ini diungkapkan dua hari lalu (11 Mei) ketika Euroepan Tour memutuskan untuk menggelar Q-School tahap pertama mereka di Asia pada tahun ini.

Lapangan yang menjadi tuan rumah Maybank Championship tersebut memang memiliki afiliasi yang panjang dengan European Tour, yang ditandai dengan Malaysian Open perdana pada 1999 sebagai ajang pertama yang digelar bersama antara Asian Tour dan European Tour.

Sejarah kembali tercatat dengan mereka menjadi tuan rumah Q-School pertama di Asia sepanjang 41 tahun sejarah European Tour. Hal ini menandai pertalian yang erat antara kedua badan Tour profesional tersebut, yang sekaligus menjadi bagian dari Aliansi Strategis yang disepakati pada bulan Juli 2016.

Saujana sendiri sudah menjadi bagian dari European Tour Destination dan telah menggelar Malaysian Open lima kali antara 2001 dan 2009. Vijay Singh dan Thongchai Jaidee ada di antara para juara kala itu.

Saujana dibangun di lokasi kebun palm dan karet dan merupakan buah dari pemikiran Perdana Menteri YAB Tun Dr Mahathir Mohamad, yang pada 1982 memerintahkan satuan tugas untuk membangun sebuah lapangan golf di ibu kota negara untuk memikat para investor ke Malaysia.

Lebih dari tiga dekade kemudian, Qualifying School 2017 pertama akan dimainkan di Palm Course—yang juga menjadi tuan rumah Maybank Championship 2017—pada 5-8 September 2017. Maksimal 78 peserta akan memulai upaya mereka mengambil tempat di European Tour.

”Kami sangat gembira bisa mengumumkan untuk pertama kalinya dalam sejarah 41 tahun Qualifying School, kami akan mengadakannya di Asia,” ujar Mike Stewart, Qualifying School Director.

”Selama bertahun-tahun, kita telah melihat integrasi yang semakin besar antara Asian dan European Tour, yang diresmikan dengan penandatanganan Aliansi Strategis tahun lalu, dan kami merasa inilah langkah selanjutnya untuk meningkatkan peluang bagi para pemain di luar Eropa untuk mengikuti kualifikasi Tour kami.”

Ken Kudo, Manajer Klub Saujana Golf & Country Club mengungkapkan, pihaknya sangat bangga bisa menjadi tuan rumah untuk kegiatan yang bersejarah ini.

”Membantu pengembangan golf di negeri dan wilayah kami telah menjadi tujuan kami. Dan bisa terus melakukan hal tersebut dengan menggelar ajang seperti International Final Qualifying for The Open Championship tahun lalu, juga merupakan langkah maju yang membanggakan. Semoga saja para pegolf top profesional dari Asia, dan pemain elit amatir yang berniat bermain pada European Tour bisa memanfaatkan peluang ini,” sambungnya.

Chief Operating Officer Asian Tour Cho Minn Thant mengungkapkan, ”Salah satu tujuan Aliansi Strategis ialah untuk menciptakan jalur yang lebih mudah bagi para anggota kami untuk mencoba dan meraih hak bermain pada European Tour. Dengan Kualifikasi Tahap Pertama di Malaysia, para pegolf yang berada di Asia tak lagi perlu berangkat ke Eropa untuk meraih kartu Tour. Saya optimis kita bakal melihat hasil yang sangat kuat di Saujana.”