Para pegolf harapan Asia menghadapi putaran yang berat pada hari kedua Farmers Insurance Open.

Keputusan menggelar Farmers Insurance Open di South dan North Course di Torrey Pines menghadirkan tantangan tersendiri bagi para pegolf harapan Asia. Terlebih setelah kondisi cuaca juga menciptakan rintangan bagi seluruh pemain pada hari Jumat (29/1) tersebut.

Hal ini, setidaknya, terlihat dari permainan K.J. Choi pada putaran kedua. Usai bermain di North Course, lapangan yang relatif lebih mudah, dalam kondisi cuaca yang sangat bersahabat, pemain veteran asal Korea tersebut mampu menciptakan enam birdie tanpa satu bogey pun. Namun, ketika harus bermain di tengah kondisi cuaca yang tidak bersahabat, pegolf yang kini menuju usia 51 tahun ini harus berjibaku untuk menyelamatkan kartu skornya.

Choi bahkan harus bermain dengan 4-over dalam tujuh hole pertama yang ia mainkan dari hole 10, sebelum mendapat satu-satunya birdie pada hari Jumat itu di hole 18. Dan ketika beralih ke sembilan hole berikutnya, ia tak kunjung menambah catatan birdie-nya, malah harus puas mendapat satu bogey lagi di hole 7 dan menuntaskan permainannya dengan skor 4-over 76.

Meski demikian, Choi masih dapat memperbaiki catatan skornya setelah memastikan lolos cut dengan skor total 2-under 142.

Rekan senegara Choi, Im Sungjae juga harus mengakhiri putaran kedua di South Course dengan skor yang kurang memuaskan. Skor 74 hanya membuatnya mengoleksi total skor 1-under 143. Ia kini berada di peringkat 54, di antaranya bersama pegolf China Zhang Xinjun. Sedang pegolf Korea lainnya, An Byeonghun beruntung bisa mengikuti jejak Im dan Zhang dalam mengumpulkan skor total 143 untuk melangkah ke putaran akhir pekan, setelah cut-off diberikan bagi mereka yang bermain even par atau lebih buruk.

 

 

Satu-satunya performa solid wakil Asia pada putaran kedua ditunjukkan oleh bintang asal Jepang Hideki Matsuyama. Sama seperti Choi, Matsuyama juga bermain di South Course, namun ia berhasil membukukan lebih banyak birdie ketimbang ketika bermain di North Course dan menorehkan skor 74.

Pada putaran kedua ini, Matsuyama berhasil mengumpulkan 7 birdie dengan tiga bogey, yang juga membawanya ke peringkat 40, bersama Choi dan 12 pegolf lainnya. Mereka akan memulai putaran akhir pekan ini dengan posisi 7 stroke di belakang Viktor Hovland.

Hovland sendiri memastikan berada di puncak klasemen usai permainan fenomenal 7-under 65. Hovland, yang juga bermain di South Course mencatatkan delapan birdie dengan satu bogey untuk menggeser Patrick Reed dan Alex Noren, yang memimpin pada putaran pertama.

”Bermain di lapangan yang sulit dan bisa main bagus, saya pikir hal ini memberi keyakinan yang kuat bahwa saya memang bermain bagus hari ini. Anda tidak bisa berpura-pura main bagus dengan hasil seperti yang saya raih. Namun, masih ada hari esok dan masih tersisa dua putaran lagi, jadi hasil kali ini tidak berarti selesai,” tutur pegolf asal Norwegia ini.

Para peserta yang tersisa jelas akan memanfaatkan putaran ketiga yang akan dilangsungkan malam ini waktu Indonesia. Kondisi cuaca yang diperkirakan akan lebih bersahabat bakal memberi peluang mencatatkan skor yang lebih baik.