Pegolf Thailand Prom Meesawat berhasil lepas dari kejaran para pesaingnya setelah membukukan skor 5-under 66 pada putaran ketiga Royal Cup yang berlangsung di Phoenix Gold Golf and Country Club, Pattaya, Thailand kemarin (30/12).

Pegolf berjulukan ”The Dolphin” ini berhasil meminimalisasi kesalahan dan hanya melakukan bogey di hole 15, dengan enam birdie yang ia torehkan pada hari itu.

”Saya memainkan permainan saya sendiri dan Shiv (Kapur) memainkan permainannya sendiri. Kami sudah saling kenal sejak lama. Dia main bagus dan tak melakukan banyak kesalahan, dan bahkan saya pun main bagus juga,” ujar Prom.

Prom melanjutkan, ia harus menghadapi dua pukulan yang berat pada putaran ketiga itu. Meskipun berhasil mendapat birdie di hole 13, ia harus berjuang keras untuk meraihnya.

”Saya mesti memukul tinggi dari rough supaya bola bisa berhenti di green,” ujarnya.

Upayanya itu berhasil. Sementara di hole 15, ia harus melakukannya dari bunker. Dan sekali lagi ia berhasil memukul hingga 3-4 yard ke hole.

Pesaing terdekatnya ialah pegolf asal India Shiv Kapur. Kapur yang bermain dalam grup yang sama dengan Prom berhasil mempertahankan peluangnya setelah menorehkan birdie yang sangat penting di hole 12, sebelum akhirnya membuat birdie lagi di hole 18. Dengan total skor 10-under 203, ia hanya berjarak dua stroke dari Prom.

Sama seperti Prom, Kapur juga memuji permainan rekan mainnya yang minim melakukan kesalahan. Kapur sendiri berusaha untuk menjaga agar peluangnya meraih gelar tetap terbuka.

”Saya memberi tahu kedi saya di tee hole 18, kalau bisa mendapat birdie di hole terakhir ini dan membuat selisih hanya 2 stroke, saya punya peluang lebih baik untuk menang. Selisih dua stroke jelas sangat besar bedanya dengan selisih tiga stroke,” ujar Kapur yang bertekad untuk tidak memainkan play-off untuk menentukan juara.

Sementara itu, pegolf tuan rumah lainnya, Poom Saksansin menikmati putaran yang solid. Berusaha mengejar kedua pimpinan klasemen tersebut, ia mencatatkan empat birdie dan hanya sebuah bogey untuk berada di peringkat ketiga.

”Hari ini saya melakukan satu kesalahan,” ujar Poom. ”Tapi itu kesalahan yang baik. Saya berusaha melakukan lay up di hole 5, tapi malah melakukan hook ke arah pin. Dari sana saya mendapat birdie.”

Bhullar sendiri memainkan putaran yang dramatis. Ia mengawali putaran ketiga kemarin dengan dua birdie di dua hole pertamanya, sekaligus menandakan ia tampaknya bakal tampil menjadi salah satu pesaing terkuat di puncak klasemen. Mendapat bogey di hole 5, ia berhasil menambah dua birdie lagi. Sayangnya, ia justru mendapatkan double bogey di hole 9 dan sebuah bogey di hole 10. Namun, ia berhasil mencatatkan dua birdie lagi untuk menjaga peluangnya.

AJang Royal Cup ini sekaligus menjadi turnamen tutup tahun bagi Asian Tour. Sebagai ajang spesial, turnamen yang memperebutkan US$500.000 ini juga memberi kartu Asian Tour untuk musim 2018 bagi juaranya. Tidak ada cut-off pada ajang yang diikuti hanya 78 pemain ini.