Arjun Prasad dan Atiruj Winaicharoenchai bersaing ketat pada putaran terakhir Faldo Series Asia Grand Final ke-10 hari ini.

Atiruj bermain luar biasa kemarin dengan catatan 7-under 65, di antaranya dengan mencatatkan 9 birdie.

”Saya sudah pernah main dengan skor 64 sebelumnya, tapi belum pernah mendapat sembilan birdie dalam satu putaran,” ujar pegolf ber-HCP 3, yang juga merupakan anggota Tim Nasional Thailand ini.

Hari ini Atiruj berjuang keras untuk menjadi pegolf Thailand kedua yang menjuarai Faldo Series Asia Grand Final, mengikuti jejak Nakarin Ratanakul.

Pegolf muda Thailand ini bersaing ketat dengan pegolf India Arjun Prasad. Dengan catatan skor 69-71 kemarin, ia berada di posisi kedua.

”Saya hanya terus bermain sesuai permainan saya. Itu fokus saya dan saya tidak bakal gugup,” ujar Prayad.

Ketika berita ini diturunkan, Prayad dan Atiruj telah memasuki sembilan hole terakhir dengan Prasad unggul 2 stroke dari Atiruj. Prayad mengawali kampanye juaranya hari ini dengan birdie di hole 1, eagle di hole 4, dan birdie lainnya di hole 7 untuk menggeser Atiruj dari posisi teratas. Prayad kemudian menambah koleksi birdie-nya di hole 10. Atiruj sendiri mengawali hari ini dengan bogey dan double bogey di hole 5. Beruntung ia bisa bermain birdie di hole 3 dan 4.

Adapun Nasa Hataoka dari Jepang saat ini berada di peringkat ketiga dan, seperti halnya Atiruj dan Prayad tengah memainkan sembilan hole terakhirnya.

Adapun Inez Beatrice Wanamarta masih menjadi pemain Indonesia dengan posisi teratas, saat ini juga memainkan sembilan hole terakhirnya.

Persaingan ketat lainnya tentu saja terlihat di antara para pegolf tuan rumah. Sudah menjadi tradisi pada Faldo Series Asia Grand Final bahwa para pegolf China turut memperebutkan trofi Mission Hills. Trofi ini ditujukan bagi pegolf China dengan peringkat terbaik.

Ajang yang didukung oleh R&A dan Mission Hills, serta didorong oleh Asian Tour dan Asia Pacific Golf Confederation ini telah menjadi satu-satunya seri amatir global yang digelar sepanjang 11 bulan dan telah mengadakan 21 turnamen di 17 negara berbeda dengan mengikutsertakan Australia untuk pertama kalinya.

Faldo Series ini sendiri total memiliki 40 turnamen dan diadakan di lebih dari 30 negara berbeda di seluruh dunia dengan menginspirasi lebih dari 7.000 pegolf tiap tahunnya.