Jika Golfzon Elite Academy memberi pendekatan baru bagi pelatihan atlet, Golfzon juga turut memberi kontribusi nyata bagi perkembangan golf profesional. Sejak dilangsungkan pada 2013, Golfzon Tour (GTour) menjadi platform baru bagi golf profesional, sekaligus menjadi Tour profesional pertama di dunia yang memanfaatkan simulator golf. Sirkuit ini memberi kesempatan bagi para pegolf profesional seluruh negeri untuk bersaing dan memperebutkan hadiah uang.

Total ada 18 turnamen profesional yang ditujukan khusus bagi pegolf pro pria (GTour) dan wanita (WGTour). Satu musim terdiri dari 9 turnamen, di mana 4 merupakan turnamen musim panas (Juni-September), 4 turnamen musim dingin (November-Februari) dan sebuah ajang Major pada bulan Maret. Dua putaran awal dilakukan secara online, sedangkan dua putaran final dilakukan secara offline dan diadakan di Golfzon Zoimary—total ada 27 booth simulator yang tersedia di kompleks ini, termasuk booth khusus di lantai dasar yang ditujukan untuk kepentingan siaran langsung.

GTour dan WGTour ini sekaligus menjadi sirkuit yang bisa dimanfaatkan oleh para pegolf profesional yang belum mendapat kartu KPGA dan KLPGA sehingga  mereka tak hanya bisa mengasah kemampuan, tapi juga bersaing memperebutkan hadiah uang.

Pada turnamen terakhir musim panas, 6 September lalu, para pegolf pro yang lolos cut off bersaing memperebutkan total hadiah W60 juta, dengan W12 juta untuk sang juara. Ajang terakhir itu dimenangkan oleh Choi Min-wook, yang sekaligus menjadi gelar GTour ketiga yang ia menangkan.

Meskipun bersaing dengan menggunakan simulator golf, tingkat persaingan yang dihadapi para pemain pro ini tidak jauh berbeda dengan turnamen yang dilangsungkan di lapangan sungguhan. Min-wook mengaku tidak ada perbedaan besar bersaing di simulator dan lapangan sungguhan. ”Hanya saja, di layar kita bisa melihat jalur putting dengan lebih jelas,” imbuhnya.

Menariknya lagi, ajang GTour ini juga telah mendapat perhatian khusus dari media. Bahkan media televisi, seperti KBS dan SBS Golf juga turut menyiarkan langsung turnamen GTour ini.

”Jujur saja, awalnya memang susah mendapatkan sponsor. Tapi sekarang ini perusahaan seperti Samsung Trading dan Lotter Rent Car ikut mensponsori Tour ini. Dengan keberhasilan penyelenggaraan dan ekspos media, kini makin banyak sponsor yang berpartisipasi,” papar Yoon Yeong-seop, GTour Operation.

  • Teks Raka S. Kurnia
  • Foto Raka S. Kurnia, Uci, Rakhmat Mulyana