Philippine Masters bersiap untuk menjadi agenda berama European Tour dan Asian Tour pada musim 2018. Kepastian ini diungkapkan setelah kesepakatan awal berdurasi 3 tahun ditandatangani. Ajang ini sendiri akan dipromosikan oleh Tranzen Group milik Salvador Zamora.

Kepastian ini sekaligus menandakan kembalinya European Tour ke Filipina sejak 1995. Kala itu pegolf Amerika Serikat Fred Couples menjuarai Johnnie Walker Classic di Orchard Golf and Country Club.

Turnamen ini merupakan kelanjutan dari Aliansi Strategis antara European Tour dan Asian Tour yang dimulai pada Juli lalu, yang telah meratifikasi kemitraan yang telah dimulai sejak 1999 dengan ajang pertama kerja sama kedua Tour ini pada Malaysian Open.

Chief Executive European Tour Keith Pelly mengungkapkan, ”Philippine Masters akan lebih jauh lagi meningkatkan peluang bermain bagi para anggota kami, dan memperkuat Aliansi Strategis dengan Asian Tour.

”Visi Salvador Zamora dan dukungannya telah menjadi sangat penting untuk menghadirkan turnamen ini, jadi kami berterima kasih kepada Tn. Zamora untuk minat dan hasratnya membawa European Tour kembali ke Filipina. Kami bersemangat untuk bekerja sama dan mengembangkan turnamen ini pada tahun-tahun ke depan.”

Chief Executive Officer Asian Tour Josh Burack menimpali, ”Asian Tour gembira menyambut Philippine Masters ke dalam jadwal kami pada awal 2018 mendatang.

” Turnamen ini akan memperpanjang kerja sama kami yang panjang dan sukses dengan golf profesional di Filipina. Dan mewakili seluruh anggota, kami  menyampaikan terima kasih kepada Salvador Zamora untuk kontribusinya bagi olahraga ini. Kami akan bekerja sama dengan mitra Aliansi Strategis kami, European Tour, untuk menjamin ajang ini sukses dan memberi manfaat bagi golf di Filipina, Asia, dan dunia.”

Zamora sendiri mengaku gembira bisa menjadi tuan rumah bagi European Tour di Filipina pada periode 2018-2020 mendatang.

”Ini merupakan masa yang sangat menggairahkan bagi golf di Filipina. Tujuan pribadi saya ialah mempromosikan golf di Filipina dan memperkenalkan olahraga ini kepada sebanyak mungkin orang, dengan penekanan khusus pada pengenalan golf kepada anak-anak. Golf telah menjadi bagian yang besar dalam hidup saya selama bertahun-tahun dan memberi banyak hal kepada saya, kini saatnya membalas semua itu,” ungkapnya.

Untuk sementara tanggal, lokasi, dan total hadiah yang diperebutkan akan diumumkan kemudian.