PGA TOUR memperkenalkan inisiatif baru dengan menghadirkan PGA TOUR University. Apa yang membuat inisiatif ini menjadi sangat penting?

PGA TOUR telah mengumumkan program baru yang ditujukan untuk memperkuat dan menaikkan jalur menuju PGA TOUR melalui Korn Ferry Tour, Mackenzie Tour PGA TOUR Canada, PGA TOUR Latinoamerica, dan PGA TOUR Series-China. Program bernama PGA TOUR University ini akan memberi peluang bermain bagi para pegolf elite universitas untuk bertanding di berbagai level melalui Tour yang dikelola di bawah bendera PGA TOUR. Tentu saja program ini tetap mengutamakan prinsip-prinsip dan nilai-nilai atletis tingkat universitas.

Para pemain yang berhak mengambil bagian dalam PGA TOUR University Ranking List ialah para pegolf dari Divisi I NCAA. Minimal para pegolf ini harus menjalani perkuliahan selama empat tahun di universitasnya.

“Melihat begitu cepatnya keberhasilan para pegolf universitas dalam beberapa dekade terakhir, tim kami telah melakukan riset menyeluruh dan mengembangkan rencana yang memberikan jalur bagi para pemain ini untuk mulai meniti karier profesional,” ujar Jay Monahan, Komisioner PGA TOUR.

“Dengan berfokus kepada para pemain yang telah menyelesaikan minimal empat tahun perkuliahan, PGA TOUR University takkan menghalangi mereka dari pertandingan universitas sambil memastikan para lulusan ini nantinya memiliki kedewasaan dan pengalaman.”

 

Lulusan Arizona State University asal Spanyol, Jon Rahm, merupakan salah satu jebolan universitas yang meraih sukses luar biasa hanya dalam empat tahun karier profesionalnya. Tahun lalu ia menjadi pegolf No. 1 European Tour. Foto: Rolex

 

Mereka yang finis di jajaran 15 besar pada Daftar Peringkat Resmi PGA TOUR University pada akhir musim semi NCAA (ditentukan pada akhir NCAA Men’s Division I Golf Championship akan mendapat status untuk bermain pada Korn Ferry Tour, PGA TOUR Latinoamerica, Mackenzie Tour-PGA TOUR Canada, dan PGA TOUR Series-China, berdasarkan posisi finis masing-masing.

Siapa Berhak Bermain di Mana?
Lima pegolf terbaik pada peringkat akhir PGA TOUR University akan mendapat keanggotaan pada Korn Ferry Tour. Mereka berhak tampil pada seluruh turnamen terhitung setelah mereka menuntaskan Kejuaraan Golf Divisi I Pria NCAA. Ini berarti mereka bisa bermain terus sampai akhir musim reguler Korn Ferry Tour. Selain itu, kelima pegolf teratas ini juga berhak tampil pada Final Stage Korn Ferry Tour Qualifying Tournament pada tahun yang sama.

Mereka yang finis di posisi 6-15 mendapat keanggotaan pada salah satu dari Tour Internasional pada musim berjalan. Mereka juga dipastikan mendapat tempat pada Second Stage Korn Ferry Tour Qualifying Tournament (jika diperlukan). Pada tahap ini, para pemain ini bebas memilih Tour Internasional mana yang ingin mereka ikuti.

Keanggotaan mereka pada masing-masing Tour segera berlaku pada pekan setelah NCAA Men’s Division I Golf Championship berakhir. NCAA Men’s Championship 2021 dijadwalkan berlangsung di Grayhawk Golf Club di Scottsdale, Arizona pada 28 Mei-2 Juni.

Melanjutkan Momentum
“Ini menjadi kesempatan yang luar biasa bagi para pemain yang akan memulai karier profesional mereka menuju PGA TOUR. Yang tak kalah pentingnya, dengan rencana ini, kami bisa melanjutkan membangun momentum yang telah didapatkan oleh Korn Ferry Tour dan Tour Internasional kami lainnya dalam beberapa tahun terakhir dengan memperkuat kualitas kompetisi dengan menambahkan para bintang dari universitas ini,” ujar Presiden Korn Ferry Tour Alex Baldwin.

“… dengan rencana ini, kami bisa melanjutkan membangun momentum yang telah didapatkan oleh Korn Ferry Tour dan Tour Internasional kami lainnya dalam beberapa tahun terakhir dengan memperkuat kualitas kompetisi dengan menambahkan para bintang dari universitas ini.” — Alex Baldwin, Presiden Korn Ferry Tour

PGA TOUR juga menggandeng World Amateur Golf Ranking (WAGR) yang dikelola oleh The R&A dan USGA untuk menciptkan Daftar Peringkat Resmi PGA TOUR University. Sistem WAGR memberi peringkat bagi para pegolf amatir top berdasarkan performa rata-rata dalam turnamen yang masuk hitungan dalam siklus 104 pekan sebelumnya. Daftar ini akan disaring untuk menyertakan para pemain untuk mendapatkan kriteria kelayakan pada PGA TOUR University.

Turnamen-turnamen yang masuk hitungan pada Official PGA TOUR University Ranking List termasuk NCAA Division I Men’s Golf dan ajang-ajang resmi PGA TOUR, termasuk The Masters, U.S. Open, dan The Open Championship.

Daftar Peringkat Resmi PGA TOUR University akan diumumkan pada musim panas ini hingga dimulainya musim 2020-2021 Divisi I. Daftar Peringkat ini akan diperbarui tiap pekan sepanjang musim.

PGA TOUR University juga bekerja sama dengan GOLF Channel untuk menghadirkan liputan ekstensif Divisi I NCAA untuk melengkapi Daftar Peringkat dan menampilkan perlombaan menuju jajaran 15 besar. GOLF Channel sendiri telah menjadi rumah bagi golf tingkat universitas dengan menyiarkan enam kejuaraan golf universitas, termasuk NCAA Championship sejak 2014.