Sebagai salah satu lapangan golf baru di sekitar Bangkok, mungkin tak banyak petualang golf asal Indonesia yang mengetahui nama Cascata Golf Club. Meski demikian, pegolf mana pun yang mampir ke sini bakal setuju kalau lapangan ini merupakan salah satu permata tersembunyi di antara berbagai lapangan golf di sekitar Bangkok, dan sangat pantas untuk dijadikan daftar wajib dimainkan.

Cascata Golf Club berjarak sekitar 35 mil ke sebelah barat laut Bangkok dengan ketinggian 8-12 kaki di atas permukaan laut. Meskipun jumlah bunker di sini tidak sebanyak lapangan lain, sejumlah bunker-nya berukuran lebih lebar daripada biasanya. Hal lain yang perlu diingat ialah bahwa air memainkan peranan yang penting di lapangan ini.

Capture 2

Lapangan ini mulai dibangun pada akhir 2004. Butuh sekitar dua tahun sampai 18 hole pertama dibuka untuk umum. Istimewanya, tak seperti sebagian besar lapangan berkelas lainnya, Cascata Golf Club dirancang oleh desainer lokal, yaitu Tanawat Saprungrueng. Dengan visi menghadirkan tantangan yang unik, sambil memberikan elemen-elemen yang menyenangkan, para pegolf dari berbagai tingkat kemampuan akan menikmati bermain di sini.

Saat ini, ada tiga lapangan sembilan hole yang bisa Anda mainkan. Lapangan A dan lapangan B menghadirkan ”pengalaman golf tropis”, sedangkan lapangan C menawarkan ”pengalaman lapangan link tropis”. Total panjang lapangan ini dari tee hitam mencapai 10.768, sedangkan dari tee biru 9.999 yard. Adapun kombinasi, baik lapangan A-C dan B-C lebih dari 7.000 yard, sedangkan kombinasi A-C mencapai 7.414 yard dan menjadikan Cascata Golf Club sebagai tempat yang ideal untuk turnamen profesional papan atas, seperti halnya turnamen amatir.

Capture 3

Berikut ini deskripsi singkat beberapa hole, untuk memberi gambaran mengenai lapangan ini.

Hole A2, Par 3

Tiap hole yang bersebelahan dengan danau memang sering membuat takjub juga gentar. Pegolf pemula mungkin akan merasakan kesan tersebut di hole ini, di mana sebuah danau menghias sisi kanan. Green-nya, yang berukuran sedang, diapit oleh tiga bunker, salah satunya mendominasi sisi kanan. Adapun permukaan green-nya agak menanjak ke bagian belakang, namun tidak terlalu bergelombang.

Hole A9, Par 4

Hole penutup di A Course ini tak kalah menarik. Tak seperti hole lainnya, peluang bola Anda masuk ke air lebih kecil di sini. Jika Anda pemukul wood atau hybrid yang solid, Anda tak perlu khawatir soal bunker di sisi kiri fairway. Area mendarat di sebelah kiri bunker fairway yang ada di sebelah kanan bisa menjadi titik mendarat yang ideal. Dari situ, jarak pukul Anda akan tersisa sekitar 158 yard lagi. Tapi Anda juga mesti memastikan memukul lurus agar tidak terperangkap di bunker yang relatif luas di sisi kiri green.

Hole B6, Par 4

Ini salah satu dari setidaknya empat hole dogleg di Cascata Golf Club. Dimainkan sepanjang 399 yard dari tee belakang, 377 yard dari tee biru, dan 359 yard dari tee putih, hole ini menyandang HCP Index 2. Dengan lebar fairway yang sedang, dan hanya tiga fairway—satu di sisi kiri dan dua di sisi kanan—tantangan tersulit justru ada pada pukulan kedua. Selain dikawal bunker yang cukup besar di sisi kiri, green-nya juga bergelombang sehingga menyulitkan melakukan putting, terutama jika Anda gagal mendekatkan bola ke pin.

Capture 4

Hole C1, Par 5

Hole pembuka di C Course ini kelihatannya lebih dekat daripada jarak sebenarnya. Tapi Anda mesti hati-hati karena ada aliran sungai yang melintasi fairway. Meski memiliki HCP Index yang relatif sulit, yaitu 3, hole ini salah satu hole yang asyik untuk dimainkan karena pada dasarnya ini hole yang cukup lurus. Sebelum melakukan pukulan pertama, Anda mesti melihat semak-semak di tengah fairway, yang menjadi penanda adanya aliran sungai. Pastikan Anda mengetahui jarak pukul Anda dengan tiap club sebelum memutuskan untuk memukul.

Hole C4, Par 3

Ini salah satu hole yang masuk dalam hitungan 18 hole terbaik di Thailand menurut buku panduan Thailand’s Best Golf Course. Hole sepanjang 183 yard dari tee paling belakang ini menawarkan sejumlah tantangan. Anda dituntut untuk melakukan carry melewati permukaan air untuk mencapai green. Sementara itu, ada empat bunker di sisi kanan green yang siap menelan bola Anda. Adapun permukaan green-nya sendiri melandai dari sisi kanan ke kiri. Anda tak hanya harus cermat melihat posisi pin, tapi juga memastikan posisi mendarat bola yang aman. Salah satu kuncinya di sini ialah pemilihan club yang tepat dan jangan ragu.

Capture 5

Hole C8, Par 3

Inilah salah satu hole terindah di Cascata Golf Club. Par 3 yang menyandang HCP Index 1 ini memiliki panjang 214 yard dari tee hitam, 180 yard dari tee biru, dan 159 yard dari tee putih. Tantangan di hole ini tak hanya berasal dari bunker yang sangat luas, yang diposisikan di sebelum fairway—area mendarat bola jika Anda ingin bermain aman—tapi juga dari air yang mengelilingi green. Selain itu, masih ada bunker lain yang mengawal sisi belakang green yang posisinya cukup tinggi. Permukaan green-nya sendiri memang luas sehingga peluang untuk bola mencapai green cukup besar. Akan tetapi permukaannya relatif bergelombang dan menuntut kecermatan membaca jalur.

TENTANG LAPANGAN D

Lapangan D saat ini masih dalam tahap pembangunan dan diproyeksikan akan dibuka untuk umum sekitar Mei 2014. Berbeda dengan tiga lapangan lain, lapangan ini menawarkan pengalaman ngarai dan lembah. General Manager Cascata Golf Club Jui Saprungrueng menjelaskan, lapangan ini akan memberikan ruang serang yang lebih sempit sehingga para pegolf akan merasa seolah-olah bermain di antara dan dekat dengan pegunungan. Tekanan akan sedikit berkurang di sejumlah hole yang menawarkan pengalaman lembah, meski beragam rintangan, seperti jurang dan pulau akan menantang para pegolf dari beragam level kemampuan.

Capture 6

Fakta-fakta tentang Cascata Golf Club

Jumlah hole: 27

Jumlah par: 108

Desainer: Thanawat Saprungrueng

Berdiri: 2006

Ukuran lapangan

A Course Hitam: 3.707 yard, Biru: 3.472 yard, Putih: 3.263 yard, Merah: 2.979 yard B Course Hitam: 3.354 yard, Biru: 3.158 yard, Putih: 3.006 yard, Merah: 2.762 yard C Course Hitam: 3.707 yard, BIru: 3.369 yard, Putih: 3.074 yard, Merah: 2.705 yard

Kecepatan green: 11 pada stimpmeter

Fasilitas clubhouse, restoran, ruang VIP, loker, driving range, sewa perangkat golf (club set, sepatu)

Cascata Golf Club

A: 87 Moo 2 Lumlukka Klong 15 Road, Tambol Chumpol, Amphur Ongkarak, Nakornnayok 26120

P: +66 087-4933888, 4933999, +66 037-612300-3

F: +66 037-612309

E: info@cascata.co.th

W: http://www.cascata.co.th/