Indonesian Masters 2017 menjadi ajang akhir tahun yang fenomenal bagi golf di Indonesia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, bendera Merah Putih hampir pasti akan diusung oleh enam pegolf dengan salah satunya adalah pemain amatir.

Sampai paruh pertama hari kedua pada Indonesian Masters 2017, empat pegolf profesional, Rinaldi Adiyandono, Joshua Andrew Wirawan, Ramadhan Alwie, dan George Gandranata berhasil memastikan melaju ke putaran akhir pekan.

Rinaldi dan Joshua hari ini sama-sama membukukan total skor 3-under 141 untuk menorehkan rekor terbaik mereka bermain pada ajang tutup tahun Asian Tour ini dan lolos cut untuk pertama kalinya.

Rinaldi yang kemarin bermain tanpa bogey dengan torehan 4-under 68, melanjutkan upayanya untuk lolos ke putaran akhir pekan untuk pertama kalinya. Namun, bermain dari hole 1 (hole 1 West Course Royale Jakarta Golf Club) hari ini (15/12), Rinaldi justru mendapatkan 2 bogey di hole 2 dan 5. Beruntung ia kembali mendapat birdie di hole 6 dan 14, sampai akhirnya harus mengakhiri putaran kedua dengan bogey di hole 18.

Meskipun bermain 1-over 73 pada putaran kedua, Rinaldi masih mempertahankan skor untuk melaju ke putaran akhir pekan. Selain itu, skor 73 yang ia torehkan hari ini masih lebih baik ketimbang skor terbaik yang ia torehkan pada 2011.

Salah satu kendala yang ia hadapi hari ini ialah cedera lamanya kambuh dan membuatnya bermain dalam kondisi yang sangat tidak nyaman. Namun, dalam kondisi demikian, ia masih bisa bermain 73 dan memastikan lolos cut.

Satu pegolf lain yang memastikan lolos cut sebelum sesi siang berakhir ialah Joshua Andrew Wirawan. Pegolf asal Surabaya berusia 21 tahun ini hari ini menjadi pegolf Indonesia kedua yang berhasil bermain tanpa bogey.

Pegolf yang akrab disapa Andrew ini mencatatkan 4-under dalam sembilan hole pertamanya. Bermain dari hole 1, ia meraih birdie di hole 2, 3, 7, dan 9.

”Sembilan hole pertama, kedekatan ke hole dari pukulan kedua dekat-dekat semua, tiga meter ke bawah. Jadi, banyak yang bisa masuk (untuk birdie),” tutur Joshua. ”Lalu di sembilan hole berikutnya, ada dua save par yang bagus sekali.”

Performanya kali ini juga banyak ditolong oleh permainan driver yang sedang prima. Jika pada hari pertama Rinaldi memaksimalkan masukan dari Jubilant Arda, kali ini Joshua juga mendapat tips dari Jubilant Arda

”Tadi datang pagi-pagi dan mendapat tips dari Om Teddy (Jubilant Arda),” tutur Joshua. ”Kemarin saya memukul bola ke 6 fairway, tapi hari ini 11 dari 14 fairway.”

Memainkan putaran ketiga, Joshua mengaku mesti lebih bijak untuk bermain, tidak sekadar ingin menambah birdie dan menyerang pin.

”Kalau di sini lebih baik memukul ke tengah green dan mencoba memasukkan putt dari jarak 4-5 meter,” tutur Joshua lagi.

Sementara itu, Ramadhan Alwie juga mengikuti jejak dua pegolf muda tersebut setelah hari ini juga dengan mencatatkan skor 68 dan tanpa bogey sehingga mengumpulkan total skor yang sama dengan dua pegolf lainnya.

Adapun George hari ini bermain  dengan skor 69 sehingga berada persis pada batas cut-off, yang tahun ini ditetapkan pada 2-under.

Prestasi positif lain dicapai oleh Naraajie Emerald Ramadhan Putra yang berhasil mencatatkan sejarah menjadi pegolf amatir Indonesia pertama yang berhasil bermain empat putaran dalam ajang Indonesian Masters. Naraajie hari ini bermain 4-under 68 sehingga mengumpulkan total skor 2-under 142.

Sementara itu, Rory Hie yang tengah berjuang untuk masuk ke jajaran 60 besar Order of Merit Asian Tour hari ini membukukan 5 birdie, 2 bogey, dan satu double bogey dan untuk sementara bermain 1-under dengan dua hole tersisa ketika turnamen terpaksa dihentikan kembali lantaran hari telah mulai gelap.