Qualifying School Final Stage Asian Tour dimulai hari ini (19/2) dengan dua wakil Indonesia ikut berkompetisi.

Joshua Andrew Wirawan dan Elki Kow bakal memulai perjuangan mereka untuk meraih kartu Asian Tour ketika Qualifying School Final Stage dimulai hari ini. Keduanya menjadi bagian dari total 244 peserta dari 30 negara yang akan bertanding pada pekan ini.

Sebelumnya, sebanyak 15 peserta telah berhasil melaju ke kualifikasi tahap akhir melalui Qualifying School First Stage Section A. Sementara 78 peserta lainnya melaju ke tahap akhir setelah melalui Section B. Mereka kemudian bergabung dengan 158 peserta lainnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan tempat di kualifikasi tahap akhir. Andrew, panggilan Joshua Andrew Wirawan, dan Elki sendiri mendapat hak untuk langsung berada di kualifikasi tahap akhir.

“Persiapan saya cukup matang. Saya banyak berlatih di lapangan yang jaraknya hampir sama dan kondisinya juga mirip. Jadi, waktu sampai di sini sudah tidak terlalu susah penyesuaiannya,” tutur Andrew.

“Lapangan di sini relatif pendek, jadi targetnya adalah memukul ke fairway dan green. Saya juga sudah cukup yakin dengan permainan short iron dan putting saya.”

 

Joshua Andrew Wirawan meraih finis terbaiknya ketika mengikuti ajang Indonesian Masters tahun 2019 dengan finis di peringkat 30 besar. Foto: Yongki Hermawan.

 

Senada dengan Andrew, Elki juga menegaskan kesiapannya untuk bertanding pekan ini.

“Saya sudah melakukan persiapan dengan melakukan target practice seminggu sebelumnya. Selain itu, saya juga menjaga kondisi tubuh, termasuk menyiapkan mental bertarung yang kuat dengan banyak memainkan putaran kompetitif dengan teman-teman sebelum berangkat,” tutur Elki.

Bagi keduanya, kualifikasi pekan ini menjadi sangat penting bagi karier profesional masing-masing. Keduanya sama-sama menegaskan bahwa kualifikasi ini menjadi pintu bagi mereka untuk bisa bertanding pada berbagai kompetisi Asian Tour.

“Bahkan membuka jalan untuk mengikuti turnamen-turnamen besar lainnya,” tutur Andrew.

 

Belajar dari kegagalan pada Qualifying School tahun lalu, Elki Kow kini siap untuk meraih kartu Asian Tour pertama dalam karier profesionalnya. Foto: GolfinStyle.

 

“Kualifikasi ini juga menjadi kesempatan buat saya untuk naik ke jenjang berikut yang lebih tinggi lagi,” timpal Elki.

Sejauh ini, baru Rory Hie dan Danny Masrin yang telah memegang kartu Asian Tour untuk musim 2020. Rory memastikan keanggotaannya berkat kemenangannya di India pada tahun lalu. Sementara Danny meraih kartu Asian Tour setelah finis di jajaran 60 besar pada Habitat for Humanity Standings musim 2019 lalu.

Pada kualifikasi tahap akhir ini, para peserta akan memainkan total lima putaran, 90 hole. Seluruh 245 pemain akan memainkan dua putaran pertama. Setelah 36 hole, 140 pemain teratas dan ties akan memainkan dua putaran selanjutnya. Lalu setelah bermain 72 hole, jumlah peserta akan dikurangi lagi hingga 70 peringkat teratas dan ties, yang kemudian akan memainkan putaran final.

Kualifikasi kali ini dilangsungkan di tengah kekhawatiran terhadap wabah virus corona. Dengan sejumlah turnamen diundurkan bahkan ditunda penyelenggaraannya, Asian Tour tetap menggelar kualifikasi ini sesuai jadwal. Mereka terpaksa menyesuaikan kebijakan bagi peserta yang berasal dari China daratan. Hanya mereka yang setidaknya telah dua pekan berada di luar China saja yang akhirnya dapat berkompetisi pekan ini.