Samsung merayakan satu dekade inovasi seri flagship-nya, seri Samsung Galaxy.

Bermula dari target sederhana dalam menciptakan inovasi yang berarti, Samsung telah menembus segala batasan teknologi mobile dan mematok standard dari apa yang bisa dan seharusnya bisa dilakukan oleh sebuah smartphone.

Itulah Seri Galaxy yang dihadirkan Samsung. Dan persis ketika bulan Februari 2019 ini mereka akan memperkenalkan Samsung Galaxy 10, mari melihat seperti apa inovasi yang telah mereka lakukan sejauh ini.

Para teknisi di Suwon, Korea Selatan telah bekerja keras untuk melakukan imajinasi ulang terhadap tiap elemen sebuah ponsel. Upaya inilah yang berujung pada penciptaan tren baru, yang sekaligus membentuk teknologi mobile masa kini.

Didorong oleh hasrat untuk memperluas kemampuan mobile, mereka malah menciptakan solusi. Jauh sebelum istilah ”smartwatch” berkembang, para inovator di Samsung telah mengembangkan telepon yang bias menonton pada 1999.

Tiga tahun kemudian, Samsung memberi pernyataan tegas bahwa pengalaman pengguna menjadi DNA inovasi bagi mereka. Buahnya adalah True Color Phone dengan layer LCD matriks aktif, yang sekaligus membuka jalan untuk inovasi lanjutan dalam teknologi layar perangkat mobile, yang kemudian terwujud dalam Seri Galaxy.

Samsung mulai memperkenalkan seri Galaxy S miliknya pada bulan Maret 2010. Dikemas dengan teknologi terbaik di kelasya—termasuk GPU yang kuat, layar Super AMOLED 4 inchi, dan kamera 5MP—Galaxy S menciptakan cetak biru bagi pengalaman mobile yang memperkaya dan menyederhanakan kehidupan sehari-hari. Menyusul keberhasilan Galaxy S ini, lahirlan Galaxy SII dan Galaxy SIII yang bahkan hadir dengan manfaat lebih bagi pengguna, sekaligus memperkuat status Samsung sebagai pionir dalam industri smartphone.

Seiring waktu, Seri Galaxy terus hadir dengan terobsan baru, meningkatkan dan memperluas pengalaman dengan tiap perangkat terbarunya. Edge Display yang melengkung menciptakan layar yang memberi pengalaman maksimal. Sedang Infinity Display mendorong bezel hingga ke tiap tepi ponsel guna memperluas ukuran layar tanpa memperbesar ukuran ponsel.

Tahun 2011, Galaxy Note menghadirkan kategori baru: smartphone berlayar lebar dengan S Pen. Layar yang kian lebar memungkinkan pengguna untuk menonton atau melakukan banyak hal. S Pen juga memberi cara baru dalam berinteraksi dengan ponsel.

Dengan warisan inovasi yang demikian kaya, Samsung telah membentuk pengalaman smartphone bagi begitu banyak penggunanya di seluruh dunia. Kini merek ini layak disebut merek sejuta umat, berkat popularitasnya. Dan para penggemar merek ini masih bisa berharap banyak lantaran Samsung masih melanjutkan inovasinya. Beberapa inovasi yang dipamerkan, di antaranya Infinity Flex Display, yang menandakan era baru smartphone yang bisa dilipat, sebagaimana mereka pamerkan pada Samsung Developer Conference 2018 lalu.

Samsung juga tak sekadar mengubah tampilan smartphone, tapi juga cara berinteraksi. Kini Samsung juga telah memiliki lebih banyak paten untuk konektivitas 5G. Samsung juga menjadi perusahaan pertama yang menerima persetujuan FCC untuk perangkat jaringan 5G. Mereka juga telah menghadirkan gelombang pertama 5G ke AS setelah kemitraan dengan provider di sana tercapai.

Samsung telah memperkenalkan generasi terbaru Samsung Galaxy 10 pada 20 Februari 2019 lalu. Ajang Samsung Galaxy UNPACKED pun disiarkan secara Live streaming dari San Francisco. Sementara itu, bagi publik di Indonesia, pre-order mulai dapat dilakukan per 22 Februari 2019.

Leave a comment