Anirban Lahiri masih melanjutkan performa solidnya usai tampil pada ajang PGA TOUR di Punta Cana.

Bintang golf India Anirban Lahiri masih menampilkan performa memukau ketika tampil pada ajang Sanderson Farms Championship kemarin (1/10). Pada putaran pertama turnamen yang dimainkan di Country Club of Jackson ini, Lahiri mencatatkan skor 6-under 66 yang membuatnya hanya dua stroke di belakang posisi teratas.

Pekan lalu, Lahiri tampil memukau pada ajang Corales Puntcana Resort & Club Championship. Kala itu ia berhasil mencatatkan finis sepuluh besar pertamanya dalam dua tahun terakhir. Hasil tersebut jelas memberinya percaya diri pada putaran pertama turnamen pekan ini dengan berhasil mencatatkan enam birdie tanpa satu bogey pun.

”Sudah tentu rasa percaya diri saya sedang tinggi. Rasanya saya bermain lebih bagus sekarang. Saya suka lapangan golf ini. Tahun lalu saya bermain di sini untuk pertama kalinya dan langsung suka setingannya. Lapangan ini mengingatkan saya pada beberapa lapangan di Asia. Kondisinya sangat bagus dan saya menikmati bermain di sini,” ujar Lahiri, yang finis T45 pada musim lalu.

Mantan juara Indonesian Masters ini mencatatkan 15 green in regulation dan mendapat birdie di hole 3, 7, 10, 12, 14, dan 15. Putter-nya yang sedang tajam ini membantunya memasukkan putt dari jarak 7 meter di hole 7 dan hampir sejauh 10 meter di hole 12.

”Saya kembali mempelajari hal-hal mendasar, melepas semua kebiasaan buruk yang mengekang permainan saya dan berusaha membersihkan permainan saya, menjernihkan pikiran dan benar-benar mempersiapkan diri.”

Selama dua tahun terakhir Lahiri gagal menampilkan permainan terbaiknya. Namun, berkat pandemi COVID-19 yang memaksa PGA TOUR menghentikan kompetisi pada bulan Maret, Lahiri bisa memaksimalkan periode ini dengan pulang ke India dan berlatih dengan Vijay Divecha, pelatihnya. Ia membangun ulang permainan Lahiri untuk memastikan hal-hal fundamental utama yang sempat memberi Lahiri tujuh gelar Asian Tour bisa kembali.

Musim ini menjadi musi keenam Lahiri bermain di panggung PGA TOUR secara berturut-turut. Jelas ia berharap bisa meraih kemenangan yang sudah lama ia nantikan.

”Saya hanya berusaha untuk mempertahankan proses yang saya jalani dan berusaha menerima hasilnya. Hasilnya mulai terlihat sekarang. Swing saya bagus, rasanya saya juga memiliki grip yang lebih baik lagi untuk putting, yang jelas sangat dibutuhkan minggu ini. Jadi, saya ada di posisi yang bagus (sekarang). Saya merasa percaya diri. Rasanya motivasi seperti ini sangat bagus untuk bisa dibawa ke Vegas, atau malah lebih bagus lagi. Kita lihat saja,” ujar Lahiri.

”Menurut saya lockdown membantu saya untuk memulai dengan permainan yang lebih baik. Saya berada di India selama lima bulan. Saya langsung berangkat pada hari Senin setelah turnamen di Bay Hill untuk mengikuti Indian Open, dan kami harus menjalani lockdown. Mereka menutup semua perbatasan. Jadi, untuk periode yang lama saya berada di sana. Lalu saya menghabiskan 40 hari berturut-turut dengan pelatih saya sebelum akhirnya kembali ke sini, dan saya kembali mempelajari hal-hal mendasar, melepas semua kebiasaan buruk yang mengekang permainan saya dan berusaha membersihkan permainan saya, menjernihkan pikiran dan benar-benar mempersiapkan diri. Sejauh ini sih semuanya berjalan dengan baik.”

Sementara itu, pegolf Korea Lee Kyounghoon membukukan skor 68 berkat lima birdie dan hanya satu bogey. Pegolf China Taipei C.T. Pan membukukan skor 70 berkat lima birdie, satu bogey, dan satu double bogey.

Untuk sementara Charley Hoffman, Kevin Chappel, Jimmy Walker, dan juara bertahan Sebastian Munoz memimpin puncak klasemen. Keempatnya sama-sama membukukan skor 8-under 64.