Pegolf Korea-Amerika Micah Lauren Shin bergabung dengan pegolf Australia Scott Barr di puncak klasemen setelah keduanya mencatatkan skor pembuka 8-under 64 pada ajang Resorts World Manilla Masters kemarin (9/11).

Shin yang merupakan lulusan Qualifying School Asian Tour awal tahun ini belum pernah kena cut off dalam sembilan turnamen Asian Tour terakhirnya. Tak heran jika kali ini ia merasa puas bisa memimpin turnamen untuk pertama kalinya sejak meraih kartu Asian Tour pada Januari 2017 lalu.

Bermain dalam kondisi hujan pada sore hari, Shin berhasil mencatatkan skor tanpa bogey yang ditandai dengan delapan birdie pada turnamen yang dimainkan di Manila Southwoods Golf and Country Club tersebut.

”Sebenarnya tidak terlalu berat bermain di bawah hujan. Hanya saja cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman lantaran kami harus basah-basahan. Tapi melihat hasilnya, ini putaran yang bagus,” ujar Shin.

”Lapangan ini tidak dimainkan terlalu panjang, tapi hujan membuat green-nya lebih lembut.Saya gembira melihat permainan saya sejauh ini pada Asian Tour. Tapi pada saat yang sama, agak mengecewakan juga karena belum pernah masuk 10 besar. Kali ini saya punya kesempatan bagus dan kalau bisa terus main seperti ini, saya bisa finis dengan membanggakan.”

Sementara itu, Scott Barr yang masih memburu gelar Asian Tour pertamanya menikmati awal yang membanggakan ini. Pegolf asal Australia ini kehilangan kartu Tour-nya musim lalu, tapi belakangan ini performanya tampaknya telah kembali dan ia berniat untuk memaksimalkan kesempatan bermain pada ajang yang menyediakan hadiah uang sebesar US$1 juta ini.

Dua pemain Thailand Prom Meesawat dan Arnond Vongvanij berada di tempat ketiga dengan skor 65. Sementara sang juara bertahan asal India S.S.P. Chawrasia ada di posis kelima bersama Richard T. Lee asal Kanada, Chanachol Dejpiratanamongkol dari Thailand, dan pemain tuan rumah Justin QUiban yang sama-sama mencatatkan skor 6-under 66.

Pada ajang yang merupakan turnamen dengan hadiah uang terbesar di Filipina ini, Indonesia diwakili oleh satu pemain terbaiknya, yaitu Rory Hie. Rory berniat untuk memaksimalkan penampilannya pada turnamen ini lantaran ia membidik finis di zona 60 besar pada Order of Merit Asian Tour. Jika berhasil, ia akan otomatis mendapatkan kartu Asian Tour untuk musim 2018, yang memberinya kesempatan bermain lebih banyak.

Pada putaran pertama kemarin Rory mencatatkan dua birdie dengan dua bogey dan membukukan skor 72, yang untuk sementara menempatkannya di peringkat 72 bersama 18 pegolf lainnya.