Para penggemar golf dunia bersiap menyaksikan perang bintang di Las Vegas dan Thousand Oaks pada dua ajang PGA TOUR bulan Oktober ini.

THE CJ CUP dan ZOZO CHAMPIONSHIP mungkin menjadi dua dari sekian banyak turnamen yang tidak bisa diselenggarakan di lokasi asalnya. Namun, komitmen, baik dari CJ dan ZOZO Inc. dalam menyelenggarakan ajang ini telah membuat turnamen ini tetap akan digelar, meskipun akan dimainkan, masing-masing, di Shadow Creek di Las Vegas, Nevada dan Sherwood Country Club di Thousand Oaks, California.

Sebagai turnamen eksklusif bagi 78 peserta, kedua turnamen yang kini menyandang nama THE CJ CUP @ SHADOW CREEK dan ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD ini memberikan sejumlah alasan mengapa Anda wajib menyaksikannya.

Alasan utamanya ialah ajang eksklusif ini bakal diikuti oleh para pegolf top dunia saat ini. Pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK, yang akan dilangsungkan pada 15-18 Oktober mendatang, Justin Thomas telah memastikan akan berusaha mempertahankan gelarnya. Selain itu, Juara FedExCup 2020 Dustin Johnson yang juga pegolf No.1 Dunia saat ini, Jon Rahm yang merupakan No.2 Dunia, serta Juara U.S. Open 2020 Bryson DeChambeau, plus pemegang 18 gelar PGA TOUR Rory McIlroy juga akan meramaikan persaingan.

Empat pemain top lainnya juga telah mendapatkan undangan dari sponsor. Mereka adalah trio Inggris Tommy Fleetwood, Justin Rose, dan Ian Poulter, plus Rickie Fowler dan Jordan Spieth yang juga akan membuat THE CJ CUP @ SHADOW CREEK tahun ini bakal lebih semarak.

Sementara itu, untuk ajang ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD, juara bertahan Tiger Woods juga telah memastikan dirinya kembali tampil. Kepastian dari pemain legendaris ini membuat Anda benar-benar wajib mengikuti ajang ini, mengingat Woods juga berniat untuk memecahkan rekor Sam Snead yang ia samai ketika menjuarai ZOZO CHAMPIONSHIP di Jepang tahun lalu.

Dengan Hideki Matsuyama yang finis di peringkat 2 pada penyelenggaraan perdana di Accordia Golf Narashino Country Club tahun lalu, pegolf Jepang ini juga berniat untuk membalas kekalahannya kala itu dengan kembali tampil untuk gelaran kedua di Sherwood Country Club.

Johnson, Rahm, dan McIlroy juga bakal bertanding di Sherwood Country Club. Phil Mickelson, Fowler, Fleetwood, Rose, dan Spieth juga akan ikut bertanding setelah menerima undangan sponsor.

”Menambahkan jajaran elit pegolf ini bersama Tiger Woods, Justin Thomas, dan Hideki Matsuyama akan makin memperkuat lini bintang PGA TOUR yang tampil pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK dan ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD. Kami bersemangat untuk menghadirkan kompetisi kelas dunia pada bulan Oktober ini bagi penggemar kami di Korea, Jepang, Amerika Serikat, dan seluruh dunia.

”Saya ingin menyampaikan penghargaan kepadap ara sponsor utama kami, CJ Group dan ZOZO Inc. berkat komitmen memindahkan turnamen mereka dari Korea dan Jepang ke AS untuk tahun ini. Dua agenda ini memastikan jadwal yang kuat dan tangguh untuk bulan Oktober, yang juga terdiri dari Sanderson Farms Championship, Shriners Hospitals for Children Open, dan Bermuda Championship,” papar Executive Vice President PGA TOUR International Ty Votaw.

”Saya sendiri sangat senang ketika mendengar THE CJ CUP akan digelar di Shadow Creek, …. Sebagai anggota Sherwood Country Club, saya juga sangat bersemangat klub itu bisa menjadi tuan rumah ZOZO CHAMPIONSHIP.” — Dustin Johnson.

Selain diikuti para pegolf top PGA TOUR, THE CJ CUP @ SHADOW CREEK jugga akan diikuti oleh para pegolf papan atas Korea dari Order of Merit Asian Tour, lima pegolf dari Korean PGA Tour, dan 3 pegolf Korea terbaik pada Official World Golf Ranking sebagai bagian dari visi CJ Group untuk mendukung perkembangan golf profesional di Korea. Peserta lainnya berasal dari para pemain teratas pada klasemen akhir FedExCup 2019-2020 dan undangan sponsor.

THE CJ CUP @ SHADOW CREEK akan memperebutkan total hadiah senilai US$9,75 juta dan akan disiarkan melalui Golf Channel pada 15-18 Oktober 2020 mulai dari pukul 04:00-07:00 WIB.

Adapun ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD akan menampilkan para pemain teratas dari klasemen akhir FedExCup 2019-2020, para pemain pilihan Japan Golf Tour Organization, dan undangan sponsor. Selain menyediakan total hadiah US$8 juta, ZOZO, Inc. juga melakukan beragam aktivitas amal di Jepang dengan sumbangan akan diberikan, di antaanya, untuk mendukung program pendanaan dan pencegahan penyebaran virus corona.

ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD akan disiarkan melalui Golf Channel pada 22-25 Oktober dari pukul 04:00-07:00 WIB.

Nah, jika Anda merasa sudah cukup mengenal para bintang yang bakal tampil, coba cek fakta-fakta mereka berikut dengan yang telah Anda ketahui.

Dustin Johnson
Pemegang 23 gelar PGA TOUR ini menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang lima pekan untuk meraih gelar FedExCup pada awal September ini. Pemukul jauh ini menjuarai THE NORTHERN TRUST dan TOUR Championship, plus runner-up pada PGA Championship dan BMW Championship untuk memenangkan hadiah utama, gelar FedExCup. Berkat prestasi ini, ia dinobatkan sebagai Player of the Year PGA TOUR 2020. Partisipasinya pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK dan ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD bakal menjadi yang pertama kali baginya.

”Saya tak sabar bermain pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK dan ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD bulan Oktober ini. Permainan saya belakangan ini sedang bagus, jadi saya sangat bersemangat untuk mengikuti dua turnamen tersebut,” ujar Johnson.

”Saya sendiri sangat senang ketika mendengar THE CJ CUP akan digelar di Shadow Creek, lapangan yang telah memberi beberapa hasil bagus buat saya ketika bermain dengan keluarga dan teman-teman. Itu lapangan yang angat bagus dan bakal menjadi tuan rumah yang tepat untuk turnamen tersebut. Dan sebagai anggota Sherwood Country Club, saya juga sangat bersemangat klub itu bisa menjadi tuan rumah ZOZO CHAMPIONSHIP. Saya sudah bermain berkali-kali di sana dan menyukai lapangan itu!”

 

Rory McIlroy akan melakoni debutnya pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK, sambil berupaya memperbaiki prestasinya ketika tampil pada ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD ketika kedua turnamen ini dimainkan secara berurutan pada bulan Oktober ini. Foto: Getty Images.

 

Rory McIlroy
Musim lalu pegolf Irlandia Utara ini meraih satu gelar dengan tujuh kali masuk sepuluh besar dan finis T8 pada klasemen FedExCup. Juara FedExCup 2019-2020 ini meraih gelar ke-18 dengan menjuarai WGC-HSBC Champions di China bulan November 2019 lalu. Ia akan melakoni debutnya pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK. Sementara pada ZOZO CHAMPIONSHIP tahun lalu ia finis T3 dan akan kembali ke Sherwood, lapangan yang sebelumnya memberinya finis di peringkat 4 dan 11, masing-masing pada Hero World Challenge 2010 dan 2013.

”Saya tak sabar untuk bermain pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK bulan Oktober nanti. Saya sudah menonton betapa turnamen ini berlangsung dengan sukses beberapa tahun terakhir, jadi pasti menyenangkan bisa mendapat kesempatan bersaing di sana untuk pertama kalinya. Lalu pada ZOZO CHAMPIONSHIP saya juga telah menikmati momen yang menyenangkan dan berharap bisa melanjutkan sukses tahun lalu ketika bermain di Sherwood. Saya bakal merindukan main di Jepang tahun ini, tapi semoga kami bisa kembali ke sana,” ujar McIlroy.

Jon Rahm
Tahun ini Rahm telah meraih dua kemenangan, yaitu pada The Memorial Tournament presented by Nationwide pada bulan Juni dan BMW Championship pada bulan Agustus. Ia kemudian finis di peringkat 4 pada klasemen akhir FedExCup 2019-2020. Pemegang lima gelar PGA TOUR ini juga finis di sepuluh besar pada empat turnamen lainnya, yang turut membantunya menempati posisi No.1 Dunia untuk pertama kalinya pada bulan Juni. Kini sebagai No.2 Dunia, Rahm akan tampil untuk pertama kalinya pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK.

Bryson DeChambeau
Ketika golf kembali dipertandingkan pada bulan Juni, menyusul jeda akibat pandemi COVID-19, DeChambeau meraih kemenangan mengagumkan pada Rocket Mortgage Classic bulan Juli, untuk kemudian meraih Major pertamanya pada U.S. Open dua pekan silam. Ia juga empat kali finis di sepuluh besar dan terus meraih hasil positif setelah menambah otot dan jarak pukul dalam pendekatannya yang unik pada olahraga ini. DeChambeau juga akan melakoni debutnya pada THE CJ CUP @ SHADOW CREEK.

Rickie Fowler
Pemegang lima gelar PGA TOUR ini termasuk salah satu pemain populer. Kemenangan terbesarnya sejauh ini ialah pada THE PLAYERS Championship 2015. Selain itu, ia juga telah memenangkan tiga gelar internasional, termasuk ketika menjuarai gelar profesional pertamanya pada ajang Kolon Korea Open 2011 ketika ia mengungguli McIlroy dengan enam stroke. Bermain dalam 14 turnamen PGA TOUR musim lalu, Fowler dua kali finis di sepuluh besar dan menjadi anggota Tim AS ketika menjuarai Presidents Cup 2019 di Royal Melbourne.

Phil Mickelson
Pemegang 44 gelar PGA TOUR ini akan turun untuk pertama kalinta pada ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD. Anggota World Golf Hall of Fame ini sebelumnya telah bermain di Sherwood pada dua edisi Hero World Challenge. Tahun 2002 ia sempat finis di posisi 10 pada ajang tersebut. Musim 2019-2020 lalu ia dua kali finis di sepuluh besar dan menyudahi FedExCup di peringkat 75. Pegolf yang kini berusia 50 tahun ini menjadi pegolf ke-20 yang meraih gelar PGA TOUR Champions pertamanya dalam debutnya pada Charles Schwab Series di Ozarks National bulan lalu.

”Saya sudah mendengar banyak hal bagus tentang ZOZO CHAMPIONSHIP tahun lalu dan sudah mempertimbangkannya dalam jadwal saya selama beberapa lama. Meskipun kami kehilangan kesempatan untuk bermain di depan para penggemar di Jepang, kami berharap bisa memberikan penampilan yang bagus buat mereka dan penggemar golf di seluruh dunia dari California,” ujar Mickelson.

Ian Poulter
Poulter telah mengemas tiga gelar PGA TOUR. Selain sekali meraih finis di sepuluh besar, ia lima kali finis di 25 besar, termasuk T16 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES. Dalam edisi 2017 dan 2018, Poulter juga finis, masing-masing, di peringkat T10 dan T15. Selain itu, ia juga telah 12 kali menjuarai gelar European Tour. Poulter juga menjadi salah satu pahlawan Ryder Cup dan ikut membantu Eropa menjuarai ajang dua tahunan ini sebanyak lima kali sejak melakoni debutnya tahun 2004.

Justin Rose
Rose telah menjadi salah satu pegolf internasional terkemuka pada PGA TOUR dengan keberhasilannya menjuarai FedExCup tahun 2018. Ia sendiri telah 10 kali menjuarai ajang PGA TOUR, plus 12 gelar internasional lainnya, dan lima kali bermain bagi Eropa pada Ryder Cup. Ia juga menjadi peraih medali emas Olimpiade di Rio de Janeiro tahun 2016 lalu. Musim lalu ia finis di posisi 91 pada klasemen akhir FedExCup.

Jordan Spieth
Spieth finis T8 dalam debutnya pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES musim lalu. Setelah itu, ia berhasil dua kali masuk sepuluh besar pada musim 2019-2020. Spieth telah menjuarai 11 gelar PGA TOUR, termasuk tiga gelar Major ketika menjuarai The Masters dan U.S. Open pada tahun 2015 dan The Open Championship 2017.