Pegolf karismatik Spanyol, Miguel Angel Jimenez, kembali menorehkan prestasi mengagumkan pada The Open Championship pekan ini.

Miguel Angel Jimenez segera menjadi pegolf kedua dalam sejarah European Tour yang berhasil memainkan 700 turnamen ketika ia ikut meramaikan persaingan pada The Open Championship edisi ke-148 di Royal Portrush Golf Club hari ini.

Pegolf karismatik asal Spanyol ini beralih profesional pada tahun 1982 dan menjadi anggota penuh European Tour ketika memenangkan kartunya pada Qualifying School 1988. Pegolf gaek yang sekarang berusia 55 tahun ini menjadi sosok yang akrab dengan rekor. Pekan ini pun ia berpeluang untuk kembali menorehkan rekor pribadi dengan mencatatkan 32 musim berturut-turut bermain pada European Tour pada ajang Major terakhir tahun ini.

Sejauh ini ia telah mengoleksi 21 gelar European Tour, sekaligus menjadi juara tertua sepanjang sejarah European Tour setelah meraih kemenangannya pada ajang Open de Espana tahun 2014 silam. Kala itu ia telah berusia 50 tahun dan 133 hari. Tak hanya itu, Miguel juga mencatatkan hole-in-one terbanyak dengan yang ke-10 ia raih ketika mengikuti BMW PGA Championship 2015.

Jimenez berhak memulai partispiasinya yang ke-25 pada The Open hari ini setelah menjuarai Senior Open presented by Rolex, gelar yang bakal ia pertahankan pekan depan di Royal Lytham & St Annes. Dan kini ia mendekati momen signifikan lainnya. Ia berpeluang menyamai raihan Sam Torrance yang tampil dalam 706 ajang European Tour.

“Ini momen yang sangat membanggakan buat saya dan keluarga saya. Bisa meraih prestasi bermain pada 700 ajang European Tour pada The Open Championship membuat hal ini lebih bisa dinikmati.

“Saya telah mendapatkan beragam momen istimewa dalam 32 tahun terakhir, termasuk 21 kali meraih kemenangan. Menjuarai turnamen mana pun jelas sangat berkesan, tapi secara khusus saya akan menyebut empat turnamen yang saya menangkan di Spanyol, di mana para sahabat dan keluarga saya berada—keempat kemenangan itu sangatlah spesial.

“Jelas saya hanya kurang enam turnamen lagi dari menyamai, dan tujuh lagi dari melampaui rekor sepanjang masa yang dicatatkan sahabat baik saya Sam Torrance. Saya tak tahu persisnya kapan hal itu bisa terjadi, tapi rekor itu memang ada dalam benak saya!” tutur Jimenez.

Jimenez, satu dari tujuh bersaudara, mulai mengenal golf saat berusia 15 tahun sambil memunguti bola di driving range dan menjadi kedi. Ia terinspirasi setelah melihat pemain, seperti Seve Ballesteros, Sandy Lyle, dan Torrance yang ia kedikan pada Spanish Open 1979. Setelah itulah ia mulai serius menekuni golf.

Kemenangan perdananya ia raih pada Piaget Belgian Open 1992, namun sejak berusia 40 tahun pada Januari 2004, kariernya justru melambung luar biasa. Ia pun meraih rekor sebagai pemain berusia 40 tahun atau lebih yang berhasil mencatatkan kemenangan European Tour terbanyak, dengan memenangkan 12 kemenangan.

Ia kemudian mewakili Eropa sebagai pemain dalam empat Ryder Cup, yaitu pada tahun 1999, 2004, 2008, dan 2010. Ia juga menjadi Kapten Tim Eropa ketika bertanding menghadapi Tim Asia pada gelaran perdana EurAsia Cup 2014.

Sebagai wakil kapten pada dua ajang Ryder Cup, ia membantu Seve Ballesteros meraih kemenangan emosional bagi Eropa di Spanyol, di Valderrama pada tahun 1997, sebelum kemudian sekali lagi memainkan peran vital di belakang layar di Medinah 2012. Di sana ia membantu sahabatnya sejak lama, Jose Maria Olazabal, meniupkan semangat Seve dan menginspirasi kebangkitan Tim Eropa yang ajaib untuk memenangkan Ryder Cup di tanah Amerika.

“Miguel telah menjadi perintis, tak hanya bagi European Tour, tapi juga di sirkuit Senior, dengan dua gelar Major Senior hingga saat ini, dan saya yakin dua gelar Senior itu bakal dipajang dengan penuh kebanggaan di antara 21 gelar European Tour miliknya dan banyak rekor yang telah ia raih sepanjang kariernya yang gemilang.

“Olahraga terkait dengan hiburan dan Miguel selalu bisa menghadirkannya. Dari rutinitas pemanasannya yang terkenal sejagad sampai selebrasi menyimpan pedang yang ia lakukan usai melakukan hole-in-one atau approach yang menakjubkan, ia selalu membuat para penggemar tersenyum dengan kepribadian dan hasratnya yang luar biasa bagi golf,” Ketua Eksekutif European Tour Keith Pelley memuji Jimenez.

“Mewakili European Tour, kami mengucapkan selama atas penampilan Jimenez yang ke-700, pencapaian yang fenomenal, dan kami tak sabar melihat seperti apa masa depan bagi salah satu putra golf favorit Spanyol ini.”

Pujian senada juga dilayangkan oleh Ketua Eksekutif R&A Martin Slumbers.

“The Open selalu merupakan pekan yang sangat sepsial dan pekan ini kami membuat sejarah dengan menggelar kejuaraan ini di Royal Portrush untuk pertama kalinya sejak 1951. Dalam banyak hal, nuansa bersejarah ini juga bertambah dengan pencapaian mengagumkan Miguel,” ujar Slumbers.

“Saya selalu menjadi pengagum Seve Ballesteros dan sihir yang dimainkan oleh pegolf Spanyol ini pada golf jelas terpancar pada diri Miguel. Sungguh menjadi hak istimewa bagi kami bahwa The Open Championship ke-148 juga menjadi ajang European Tour ke-700 bagi Miguel dan semua kami di The R&A berharap dia bermain dengan baik pekan ini dan pada masa mendatang.”

Leave a comment