Sophia Popov menjadi satu-satunya pemain debutan yang tampil solid pada putaran pertama HSBC Women’s World Championship.

Juara AIG Women’s Open Sophia Popov asal Jerman menikmati debut yang solid pada HSBC Women’s World Championship hari ini. Memulai dua hole pertamanya dengan berturut-turut membukukan birdie, Popov menorehkan skor 5-under 67 pada putaran pertamanya. Meskipun hanya sekejap, ia sempat menjadi salah satu pemimpin klasemen pada hari ini, sebelum akhirnya Park Heeyoung (7-under 65) dan Park Inbee (8-under 64) melampaui skornya.

Skor 5-under 67 itu jelas menjadi skor yang sangat solid untuk memulai persaingan pada pekan ini. Dan sebagai salah satu pemain debutan, Popov terlihat lebih siap untuk bertanding di lapangan yang baru pertama kali ia mainkan ini, setelah melakukan persiapan dengan kedinya. Namun, kesadaran bahwa mereka tengah berada dalam sebuah kompetisi terbukti membantu mereka mengatasi cuaca panas.

”Hari ini sebenarnya lebih mengenai sebaik apa persiapan menghadapi putaran hari ini. Dan fakta bahwa Anda memainkan putaran yang kompetitif juga bisa membuat pikiran Anda teralihkan dari hal-hal (seperti panas) itu. Jadi, sebenarnya hanya soal bagaimana beradaptasi dengan iklim di sini, cuma secara keseluruhan saya rasa saya bermain dengan baik,” ujar Popov.

”Saya pikir terakhir kali, kami bermain dalam sebuah ajang di Sanya, dan kondisinya cukup mirip dengan di sini. Saya sudah tahu apa yang bakal saya hadapi, dan para pemain lain juga ikut memberi tahu saya seperti apa rasanya. Kalau tidak salah, cuaca di sini mirip dengan musim panas di Florida.”

Bermain pada pagi hari jelas memberi peluang yang lebih baik bagi pegolf asal Jerman ini untuk bisa beradaptasi. Meskipun pada pagi hari angin juga tidak berembus, kondisi yang lebih sejuk cukup membantunya untuk melakukan start yang solid dan mendapatkan momentum, termasuk ketika ia berhasil mencatatkan dua birdie berturut-turut di hole 15 dan 16 sebelum menutup putaran ini dengan par di dua hole berikutnya.

”(Rangkaian birdie) itu memang menyenangkan. Saya pikir ada beberapa peluang yang gagal saya manfaatkan, jadi semestinya skor saya bisa lebih rendah lagi. Rasanya akan lebih bagus lagi kalau bisa memasukkan beberapa putt lagi dalam enam atau tujuh hole terakhir untuk mendapatkan skor yang rasanya lebih pantas saya dapatkan,” jelasnya.

 

Pegolf Jerman lainnya, Caroline Masson, juga mencatatkan skor 67 dan bersama Sophia Popov menjadi dua dari lima pemain yang berada di peringkat ke-3. Foto: Getty Images.

 

Meskipun 18 hole pertamanya di Tanjong Course ini ia anggap berhasil ia mainkan dengan baik, Popov menunjuk hole 12 par 4 sebagai salah satu hole sulit yang mesti ia mainkan dengan pendekatan yang sedikit berbeda.

”Saya pikir hole 12 itu hole yang sulit karena saya menggunakan 6-iron untuk memukul bola ke ara posisi pin, yang hanya sekitar lima atau enamp langkah (jaraknya dari depan green), namun sangat sulit membuat bola berhenti di green. Saya tidak melakukan pukulan yang cukup bagus pada pukulan kedua itu sehingga saya harus melakukan putting yang sangat jauh. Saya harus melakukan tiga putt. Jadi, mungkin saya mesti bermain dengan sedikit berbeda dan memberi peluang yang lebih baik untuk mendapat par di sana,” jelasnya.

Skor 67 ini untuk sementara menempatkan Popov di peringkat ke-3, yang juga dihuni oleh rekan senegaranya, Caroline Masson, Ryu Soyeon, Lin Xiyu, dan Kim Hyojoo.

Pekan ini, bukan hanya Popov yang tampil untuk pertama kalinya pada ajang ini. Pegolf No.1 Ladies European Tour Emily Pedersen juga ikut bertanding pada ajang elite ini.

Pedersen, yang sempat melakukan hole-in-one pada putaran latihannya, sebenarnya juga memulai putaran pertama dengan baik. Ia langsung mencatatkan birdie di hole pertamanya, sebelum kemudian mendapat bogey di hole 3. Namun, sepanjang sisa hole yang ia mainkan, pegolf Denmark ini harus mendapat dua bogey lagi dan hanya mendapat satu eagle dengan satu birdie sehingga harus puas menjadi satu dari 12 pegolf yang bermain dengan skor 71 di peringkat T28.

Satu pemain debutan lainnya, Kim Alim, yang merupakan juara U.S. Women’s Open 2020, memulai kejuaraan ini dengan skor 2-over 74, setelah hanya mendapat dua birdie dan empat bogey.

Para penggemar golf di Indonesia bisa kembali menyaksikan HSBC Women’s World Championship pada putaran kedua besok melalui Golf Channel, yang menayangkan ajang ini mulai pukul 08:30 WIB.