Im Sungjae masih memiliki peluang untuk melangkah ke babak berikutnya pada WGC-Dell Technologies Match Play, meski langkahnya tertahan oleh Marc Leishman.

Dari kawan menjadi lawan. Begitu kira-kira duel yang mempertemukan sesama anggota Tim Internasional Presidents Cup 2019 Im Sungjae dan Marc Leishman. Keduanya melakoni duel kedua pada World Golf Championships-Dell Technologies Match Play kemarin (25/3). Dan duel seru itu harus berakhir dengan skor 2&1 untuk keunggulan Leishman.

Im, yang sebelumnya mengalahkan Russel Henley dalam partai pembuka, harus berjibaku untuk mengalahkan lawannya, yang berasal dari Australia itu. Namun, perjuangannya harus berakhir lantaran Leishman sukses mencuri kemenangan di hole 15 dan 16. Uniknya lagi, kemenangan Leishman ini disusul oleh kemenangan Henley atas Victor Perez, yang membuat keempat pemain yang sama-sama berada di Grup 16 ini mengantongi satu kemenangan dan satu kekalahan. Partai terakhir malam ini pun akan menjadi partai penentu untuk memastikan siapa yang melangkah ke babak selanjutnya.

Duel Im dan Leishman ini sendiri memang menarik untuk diikuti. Keduanya saling menaklukkan. Tiap kali Leishman meraih kemenangan, Im segera membalas di hole berikutnya. Leishman meraih birdie di hole pertama, Im lekas membalas di hole kedua. Namun, Leishman berhasil memenangkan hole 15 dengan par dan memastikan memenangkan duel ini setelah Im gagal membalas di hole 16. Di hole berikutnya, dua putt dari Leishman sudah cukup untuk memberi kemenangan bagi pegolf Australia ini.

”Ini partai yang kompetitif, duel yang bersahabat. Semoga sayaa bisa menampilkan permainan yang lebih baik dan bisa kembali meraih kemenangan. Saya mesti menang besok ini (malam ini). Memang saya belum mengeluarkan permainan terbaik saya dalam beberapa hari terakhir, tapi ada beberapa pukulan yang bagus belakangan ini, dan senang bisa menang. Seperti yang saya sampaikan, saya perlu menciptakan peluang, lalu menampilkan permainan yang bagus.”

 

 

Kekalahan juga terpaksa diterima oleh rekan senegara Im, Kim Siwoo. Sehari setelah memaksa hasil imbang dengan Tommy Fleetwood, Kim harus mengakui ketangguhan Bryson DeChambeau yang menang 2&1. Baginya, kekalahan keenam dalam ajang Match Play ini mengakhiri harapannya untuk melangkah ke fase berikutnya di Austin Country Club.

Uniknya, Kim sempat mencuri tujuh birdie. Hingga hole 13, ia sempat unggul 1-up dari DeChambeau, sang pimpinan FedExCup saat ini. Sampai DeChambeau meraih kemenangan di hole 14 dan memaksa keadaan kembali seimbang, bahkan berbalik unggul 1-up menyusul par di hole 15. Keduanya sempat sama-sama mendapatkan birdie di hole 16. Namun, setelah pukulan tee-nya masuk ke area penalti di green hole 17, harapan Kim pun buyar.

”Hari yang aneh buat saya. Saya meraih banyak birdie, tapi ada banyak skenario aneh yang terjadi. Rasanya saya bermain dengan baik dan kemudian ada saja hal-hal yang terjadi, yang rasanya sulit saya jelaskan. (Misalnya) di hole 12 drive saya bagus dan bola saya berhenti persis di depan bunker … entahlah, hari ini terasa aneh,” ujar DeChambeau.

Satu wakil Asia lainnya, Hideki Matsuyama, kembali harus menelan kekalahan, kali ini dari Brian Harman. Pegolf Jepang ini seakan baru panas belakangan dan meraih birdie di hole 15 dan 16 untuk memaksa Harman memainkan hole terakhir. Meski demikian, Harman berhasil mempertahankan keunggulan 1-up yang ia miliki. Dengan dua kekalahan ini, harapannya pun pupus untuk melangkah ke fase berikutnya. Namun, ia jelas takkan membiarkan Patrick Cantlay, yang sudah memastikan lolos dari fase grup ini, menang dengan mudah.