The Open Championship yang dimulai hari ini (18/7) dan World Golf Championship-FedEx St Jude Invitational menjadi dua pekan penting bagi tiga bintang Asia untuk mengamankan tempat pada Presidents Cup.

Setidaknya tiga bintang golf Asia, Jazz Janewattananond, C.T. Pan, dan Li Haotong bakal menjadi sorotan ketika ajang Major pertama dan tertua di dunia dimulai Kamis (18/7) ini. Ketiganya bakal berusaha menampilkan permainan terbaik mereka demi mengamankan tempat pada Tim Internasional Presidents Cup.

Dengan hanya tersisa tiga pekan untuk kualifikasi bagi delapan pemain pada Tim Internasional dan Tim Amerika Serikat ditetapkan, ketiga pegolf ini perlu meningkatkan poin pada Official World Golf Ranking mereka dalam dua pekan ini.

Jazz, yang merupakan pimpinan Order of Merit Asian Tour dan Japan Golf Tour saat ini, berada di posisi paling buncit, yaitu di peringkat delapan pada klasemen Tim Internasional. Pencapaiannya tahun ini, dengan dua kemenangan di Singapura dan Korea Selatan, membantunya untuk mencapai posisi tersebut.

Jika mampu mendapat hasil yang sangat baik pada The Open di Royal Portrush pekan ini, pegolf Thailand yang kini berada di peringkat 53 dunia ini akan memperbesar peluangnya untuk berpartisipasi pada Presidents Cup, yang akan dimainkan di Royal Melbourne Golf Club, Australia pada 9-15 Desember 2019 nanti. Jika main bagus, ia pun berpeluang menembus peringkat 50 besar dunia, yang artinya akan memberinya hak bermain pada World Golf Championship-FedEx St Jude Invitational, di Memphis, AS pekan berikutnya.

Jika berhasil meraih hak bermain di Memphis, Jazz bakal dimanjakan oleh fakta bahwa kota tersebut merupakan kota bersejarah yang memiliki warisan kaya akan beragam jenis musik, mulai dari blues, sould, sampai rock ‘n roll.

“Bisa mengikuti The Open merupakan peluang yang sangat bagus,” ujar Jazz. “Bermain pada ajang Major akan memberikan poin Ranking Dunia yang banyak dan saya berharap bisa main bagus untuk menembus 50 besar dunia dan bisa main pada WGC-FedEx St Jude.

“Pada dasarnya, dua turnamen ini adalah dua ajang yang harus saya upayakan untuk mempertahankan posisi saya di delapan besar pada klasemen Tim Internasional sebelum batas kualifikasi (pada pertengahan Agustus),” ujar Jazz, yang sukses melambungkan namanya berkat finis T14 pada U.S. PGA Championship bulan Mei lalu.

Jazz Janewattananond berpeluang menembus 50 besar, sekaligus mendapat hak tampil pada WGC-FedEx St Jude Inivitational jika bisa mencatatkan hasil bagus pada The Open Championship pekan ini. Foto: Asian Tour

Sementara itu, pegolf China Li Haotong akan segera memulai partisipasi ketiganya secara berturut-turut pada ajang The Open hari ini. Permainannya yang fenomenal, yang membawanya finis di tempat ketiga di Royal Birkdale tahun 2017 lalu jelas akan memberinya motivasi untuk kembali mengulangi permainan istimewa tersebut.

Li saat ini berada di peringkat 5 pada klasemen Tim Internasional. Ia sendiri telah memiliki bekal yang cukup solid untuk bisa mengatasi tantangan di Royal Portrush setelah membukukan tiga kali finis di sepuluh besar dan tiga kali di dua puluh besar pada musim ini.

“Ya, sudah pasti (saya ingin main pada Presidents Cup) sejak pertama kali saya nyaris masuk tim. Saya harus terus main bagus. Belum pernah ada pemain China yang mengikuti ajang tersebut sebelumnya, jadi saya ingin menjadi yang pertama. Saya pikir (jika berhasil melakukannya) akan memberi momentum yang sangat baik bagi golf di China dan buat negara saya,” tutur Li.

Pegolf yang telah mengoleksi dua gelar European Tour dan tengah mengincar keanggotaan pada PGA TOUR melalui daftar poin non-member FedExCup ini hanya butuh 16 poin lagi untuk mencapai status Special Temporary Membership. Saat ini ia juga sudah mendapat spot untuk tampil pada WGC-FedEx St Jude Invitational. Artinya, satu penampilan bagus lagi setelah pekan ini bisa mewujudkan impiannya bermain di Amerika.

Kapten Tim Internasional Ernie Els sendiri telah menyaksikan langsung permainannya yang istimewa dua tahun silam. Kala itu Els bermain bersama Li ketika pegolf China ini menorehkan skor 63 di Royal Birkdale.

“Ia pemuda yang penuh percaya diri. Jelas dia adalah generasi baru kekuatan golf China dan memiliki sikap yang luar biasa. Li bisa menjadi tambahan yang sangat bagus buat tim saya,” puji Els.

Jika Li berharap bisa memastikan menjadi pegolf China pertama yang tampil pada Presidents Cup, C.T. Pan juga berniat untuk bisa menjadi pegolf China Taipei pertama yang berpartisipasi pada ajang yang menyerupai Ryder Cup ini. Pan telah menjuarai ajang PGA TOUR, RBC Heritage, bulan April lalu dan kini berada di peringkat 6 klasemen Tim Internasional.

Tak seperti Jazz dan Li, C.T. Pan memiliki peluang lebih banyak untuk memperkukuh posisinya pada klasemen Tim Internasional lantaran bakal tampil pada dua ajang FedExCup Playoff pertama, THE NORTHERN TRUST dan BMW Championship. Foto: Getty Images.

Pegolf berusia 27 tahun ini masih bisa memperkuat posisinya dalam sebulan ke depan, mengingat ia telah memastikan tempatnya pada dua ajang FedExCup Playoff pertama, yaitu THE NORTHERN TRUST dan BMW Championship pada bulan Agustus.

“Saya ingin menciptakan sejarah dengan menjadi pegolf China Taipei pertama (yang main pada Presidents Cup). Ryder Cup menciptakan antusiasme luar biasa di antara para penggemar golf dan itulah sesuatu yang ingin saya lakukan bagi para penggemar golf di China Taipei. Para penggemar kami tidak punya tim untuk mereka dukung … saya ingin membuat tim itu untuk mereka,” tutur Pan, yang sempat melakukan putaran latihan bersama Li pada hari Selasa (15/7) kemarin. Apakah pasangan ini bakal kita lihat di Royal Melbourne pada bulan Desember, jelas masih harus kita tunggu.

DELAPAN BESAR TIM INTERNASIONAL SAAT INI

  1. Marc Leishman (AUS) – 159,42
  2. Louis Oosthuizen (RSA) – 153,43
  3. Hideki Matsuyama (JPN) – 153,00
  4. Adam Scott (AUS) – 149,17
  5. Li Haotong (CHN) – 124,07
  6. C.T. Pan (TPE) – 117,03
  7. Jason Day (AUS) – 116,61
  8. Jazz Janewattananond (THA) – 111,54

DELAPAN BESAR TIM AS SAAT INI

  1. Brooks Koepka – 6.809
  2. Dustin Johnson – 6.445
  3. Xander Schauffele – 5.574
  4. Justin Thomas – 5.472
  5. Matt Kuchar – 5.454
  6. Bryson DeChambeau – 5.225
  7. Patrick Cantlay – 5.002
  8. Gary Woodland – 4.884

Bagaimana Kriteria Kualifikasi untuk Tim Internasional?
Kualifikasi untuk Tim Internasional cenderung lebih sederhana karena hanya didasarkan pada akumulasi poin OWGR. Para pegolf (tidak termasuk pegolf Eropa) yang otomatis menjadi bagian dari delapan anggota Tim Internasional adalah mereka yang memiliki poin terbanyak pada OWGR dalam periode 27 Agustus 2018 (Dell Technologies Championship) sampai 18 Agustus 2019 (BMW Championship). Sementara itu, empat pilihan kapten akan diumumkan kemudian.

Bagaimana Kriteria Kualifikasi untuk Tim AS?
Kriteria Tim AS sedikit lebih kompleks. Tak seperti Tim Internasional yang didasarkan pada akumulasi poin OWGR, anggota Tim AS didasarkan pada poin FedExCup. Jadi, delapan pemain yang otomatis menjadi bagian dari Tim AS adalah mereka yang mengumpulkan poin FedExCup terbanyak dari periode 11 September 2017 (BMW Championship 2017) sampai BMW Championship 2019. Adapun poin yang mereka kumpulkan juga dibedakan lagi berdasarkan kriteria berikut.

  • BMW Championship 2017 sampai TOUR Championship 2018: 1 FedExCup poin = 1 poin
  • Ajang pertama pada musim 2018-2019 sampai BMW Championship 2019: 1 FedExCup poin = 2 poin

Empat pilihan kapten lainnya juga akan diumumkan kemudian.

Leave a comment