Kevin Yu Chun An mencatatkan hasil solid pada ajang Korn Ferry Tour, Wichita Open setelah finis di lima besar.

Mantan pegolf amatir No.1 Dunia Kevin Yu Chun An harus bersabar untuk meraih gelar Korn Ferry Tour pertama dalam kariernya. Pasalnya, pada ajang Wichita Open Benefitting KU Wichita Pediatrics kemarin (20/6) ia harus puas mencatatka finis di peringkat T5.

Yu sempat memegang keunggulan dua stroke ketika memulai putaran final kemarin, menyusul skor 61 yang ia bukukan pada putaran ketiga. Sayangnya, skor 2-over 72 yang ia bukukan pada hari terakhir harus membuatnya mengakui keunggulan Harry Hall. Pegolf Inggris itu mencatatkan skor 67 untuk meraih kemenangan satu stroke. Ajang Wichita Open ini menjadi turnamen kedua bagi Yu sejak beralih profesional.

Upayanya mewujudkan kemenangan benar-benar terhambat setelah harus melakukan tiga putt untuk mencatatkan bogey di hole keduanya. Lalu di hole 4 ia harus kembali mendapat bogey, yang membuatnya tergeser dari posisi teratas, sebelum akhirnya mencatatkan double bogey di hole 5 par 3. Perjuangannya untuk bangkit hanya bisa memberinya birdie di hole 6 dan 11 lantaran performa putting-nya kali ini melempem.

”Saya merasakan gugup pada beberapa hole pertama. Hari ini (kemarin) green-nya lebih licin dan anginnya juga sanga kencang ketika kami memulai putaran final ini. Pukulan saya sebenarnya tidak begitu buruk, tapi angin ikut membawa bola saya dan saya juga gagal memasukkan beberapa putt jarak pendek dan tidak memulai hari ini dengan baik,” jelas Yu.

”Saya memang tidak mengharapkan skor tersebut. Namun, ini menjadi pengalaman yang bagus.” — Kevin Yu Chun An.

”Saya masih tetap berpikiran positif di lapangan meskipun sudah main 4-over dalam lima hole. Saya memang tidak mengharapkan skor tersebut. Namun, ini menjadi pengalaman yang bagus. Saya tak sabar menyambut pekan baru dan berharap bisa finis lebih baik lagi lain kali.”

Yu mendapat hak tampil pada seluruh sisa Musim Reguler pada Korn Ferry Tour setelah finis di tempat keempat pada peringkat PGA TOUR University. Program yang baru berusia setahun ini sengaja diciptakan untuk memberikan jalur menuju PGA TOUR bagi para pegolf elite kuliahan. Yu sendiri tampil mengagumkan selama membela Arizona State University. Dalam debut profesionalnya pekan lalu ia finis T20.

Sementara itu, pegolf China Carl Yuan memastikan finis di peringkat T19 setelah untuk kedua kalinya secara berturut-turut ia membukukan skor 66. Adapun rekan senegaranya, Bobby Bai menutup turnamen ini dengan skor 67 dan berada di posisi T26.

Bagi Hall, yang menjuarai ajang ini, kemenangan ini menjadi hadiah awal ulang tahun bagi sang ayah, yang berulang tahun hari Senin (21/6).

”Saya tak sabar untuk mengobrol dengan keluarga saya,” ujar Hall yang belum bisa menjumpai kedua orangtuanya dalam 18 bulan terakhir. ”Kemenangan ini luar biasa. Seharusnya saya pulang setelah ajang di Maine pekan depan untuk berusaha mengikuti The Open. Saya akan pulang dan tak sabar membagikan momen ini dengan mereka.”