Emily Kristine Pedersen meraih kemenangan meyakinkan untuk gelar Ladies European Tour kedua baginya.

Emily Kristine Pedersen memulai putaran final di Beroun Golf Club dengan bekal meyakinkan. Unggul enam stroke dari pesaing terdekatnya saat itu membuat pegolf asal Denmark ini melakoni putaran final Tipsport Czech Ladies Open dengan lebih lepas.

Kemenangannya seakan-akan hanya tinggal menunggu waktu sampai ia memasukkan putt yang dramatis dari jarak 24 meter untuk membuahkan eagle di hole 18 dan memastikan kemenangan empat stroke dengan skor total 17-under 199.

Memang catatan skornya pada putaran final itu tak sefenomenal dua putaran pertama ketika ia menorehkan skor 63 dan 65. Setelah bogey di hole 4, ia meraih birdie pertamanya di hole 7 sebelum menuntaskan sembilan hole pertamanya dengan bogey di hole 9. Setelah terus menorehkan par dari hole 10 hingga 15, Pedersen mencatatkan skor yang dramatis di tiga hole terakhirnya. Bogey di hole 16, disusul dengan birdie di hole 17, untuk kemudian eagle di hole pamungkas.

”Saya belum memikirkan skor sampai di hole 16 dan saya diberi tahu kalau saya hanya unggul satu stroke. Jadi, birdie di hole 17 itu sangat krusial buat saya,” ujarnya.

Pedersen memilih menggunakan pitching wedge untuk approach-nya di hole 17 itu dan mengantarkan bola hingga ke jarak 3 meter dari lubang, yang memudahkannya mencatatkan birdie, sekaligus menambah keunggulannya di puncak klasemen dengan dua stroke.

 

Klara Spilkova menjadi pegolf terbaik tuan rumah dengan mengakhiri Tipsport Czech Ladies Open di peringkat T12. Foto: Tristan Jones/LET.

 

Lalu di hole 18, ia memukul bolanya jauh ke fairway sehingga menyisakan 165 meter ke pin. Meskipun aman untuk melakukan lay-up, dialog dengan pelatih, yang juga menjadi kedinya, mendorong Pedersen untuk mengambil risiko menyerang pin.

”Pelatih saya berkomentar, kalau saya memilih lay-up, dia tidak mau melatih saya lagi,” ujar Pedersen. ”Saya ingin berada dalam posisi di mana saya tertinggal satu stroke dan memiliki peluang dengan 6-iron dan mendapat pengalaman melakukan pukulan di bawah tekanan. Itulah yang telah kami latih selama ini.”

Pedersen tak hanya berhasil memukul bola ke green, tapi juga memasukkan putt berjarak 24 meter itu. Ia pun memastikan gelar Ladies European Tour keduanya dengan keunggulan empat stroke. Baginya, ini kemenangan yang sudah lama ia nantikan sejak pertama kali meraih kemenangan pada ajang Hero Women’s Indian Open 2015.

”Dua-tiga tahun terakhir rasanya berat. Saya sempat ragu apakah akan terus berkompetisi atau tidak. Untungnya pelatih saya tidak menyerah, teman-teman saya tidak berhenti menyemangati, pacar dan keluarga saya juga terus memberi semangat. Berat rasanya, apalagi karena saya sendiri bersikap keras pada diri sendiri dan harus mencari tahu apa yang mesti saya lakukan. Jadi, senang sekali bisa kembali menang,” tuturnya.

Pegolf Austria, Christine Wolf menuntaskan turnamen ini di tempat kedua setelah bermain tanpa bogey dengan skor 67. Adapun Sanno Nuutinen dari Finlandia harus puas menempati tempat ketiga.

Pegolf tuan rumah Klara Spilkova berhasil meraih posisi yang cukup membanggakan dengan finis di peringkat T12. Spilkova menorehkan skor total 7-under 206.