ISPS HANDA World Super 6 Perth kini memasuki fase paling menarik setelah memainkan 54 hole. Putaran ketiga yang berlangsung hari ini (16/2) menjadi penentuan 24 pemain teratas yang berhak melaju ke putaran match play.

Selain menentukan nama-nama yang berhak bermain pada babak match play, perburuan untuk masuk peringka delapan besar juga menjadi sangat penting. Delapan pemain teratas ini akan mendapat keuntungan lantaran mereka berhak mendapat bye dan menunggu lawan mereka di babak kedua.

Pegolf asal Swedia Per Langfors berhasil berada di puncak klasemen berkat permainan fenomenalnya hari ini. Ia menorehkan skor 8-under 64, yang sekaligus menjadi skor terbaik sepanjang pekan ini. Skor tersebut juga membawanya menjadi pemain peringkat teratas dengan skor total 10-under 206.

Tiga pemain berada di bawah Langfors dengan torehan 9-under 207. Mereka adalah Kristoffer Reitan (Norwegia), Paul Dunne (Irlandia), dan Brad Kennedy (Australia). Sementara itu, Yuta ikeda (Jepang), Gareth Paddison dan Ryan Fox (Selandia Baru), dan Thomas Pieters (Belgia) melengkapi jumlah delapan pegolf teratas.

Putaran ketiga tadi juga diwarnai oleh sejumlah play-off untuk menentukan 24 nama yang berhak melangkah ke babak match play. Sebelas pemain harus melakoni babak play-off lantaran mereka sama-sama membukukan skor 6-under 210. Wade Ormsby menjadi pegolf terakhir yang memastikan dirinya berhak untuk melaju ke putaran hari Minggu.

Jazz Janewatttananond sukses menjadi salah satu dari 24 pemain tersebut. Untuk pertama kalinya, ia berhasil masuk ke putaran match play ini dan ia pun berniat untuk membuktikan bahwa dirinya layak untuk diperhitungkan.

Meski ia gagal mendapat bye, ia masih menunjukkan sikap yang rileks menuju pertandingan hari Minggu (17/2) besok.

“Pasti akan menyenangkan. Saya belum pernah memainkan format ini sebelumnya dan ini pertama kalinya saya lolos cut dan bermain pada hari Minggu. Saya tak sabar menantikannya,” ujar Jazz.

“Saya harus memainkan tiap pukulan seolah-olah sebagai pukulan terakhir saya. Harus melakukan yang terbaik pada tiap pukulan. Saya senang bisa masuk 24 besar. Segalanya bisa terjadi besok.”

“Match play adalah format di mana segalanya bisa terjadi. Format ini terkait dengan bagaimana mengombinasikan beberapa hole yang bagus dan melihat bagaimana hasilnya.” – Scott Vincent

Rekan senegara Jazz, Panuphol Pittayarat, juga menjadi salah satu di antara 24 nama yang akan bertanding pada hari keempat besok.

“Hari ini sungguh berat dan sangat berangin. Saya berhasil mendapat birdie di hole 14 dan 15 untuk bisa kembali main 7-under, tapi ternyata malah kena bogey lagi di hole terakhir. Tapi saya sangat gembira bisa lolos (ke babak 24 besar),” ujar Pittayarat, yang memastikan keberhasilannya setelah melakukan play-off untuk masuk ke 24 besar.

Scott Vincent juga harus menempuh jalur yang serupa dengan Pittayarat. Ia berhasil melaju ke babak match play usai melakoni play-off. Partai match play nanti akan menjadi pengalaman pertamanya di level profesional.

“Saya tak banyak memiliki pengalaman match play. Saya sedikit memainkannya ketika masih junior dan amatir, tapi ketika kuliah atau profesional malah sangat sulit memainkannya. Tapi saya tak sabar untuk menghadapi tantangan ini. Match play adalah format di mana segalanya bisa terjadi. Format ini terkait dengan bagaimana mengombinasikan beberapa hole yang bagus dan melihat bagaimana hasilnya,” ujar Vincent.

Sebanyak 16 pemain harus saling berhadapan sebelum melaju ke babak selanjutnya. Daniel Gale (Australia) dan Adrian Otaegui (Spanyol) akan saling berhadapan dan pemenangnya akan berhadpaan dengan Per Langfors. Gregory Bourdy (Perancis) akan bertemu Min Woo Lee (Australia) dan pemenangnya bakal berjumpa Thomas Pieters. Benjamin Campbell (Selandia Baru) bertemu Clement Sordet (Perancis) dan pemenangnya akan berjumpa Brad Kennedy.

Partai seru akan dilakoni oleh Scott Vincent yang harus berjumpa dengan Wade Ormsby dengan pemenanganya akan ditunggu oleh Yuta Ikeda. Matt Jager dan Andrew Martin dari Australia akan saling beradu sebelum berhadapan dengan Paul Dunne (Irlandia). Dua pegolf Skotlandia Robert MacIntyre dan Connor Syme akan berduel dan pemenangnya akan bertemu Gareth Paddison (Selandia Baru).

Sementara itu, Steven Jeffress (Australia) akan berjumpa Jazz Janewatttananond, yang pemenangnya bakal berhadapan dengan Ryan Fox (Selandia Baru). Panuphol Pittayarat akan bertemu Ben Evans (Inggris) dengan Kristoffer Reitan menanti di babak selanjutnya.

Babak knock out akan dimainkan di hole 10, 11, 13, 14, 12, dan 18.

Hadiah uang senilai AUD50.000 akan dibagi untuk tiga pemain teratas. Sang juara bakal menerima AUD25.000, sedang tempat kedua meraih AUD15.000, dan tempat keempat mendapat AUD10.000.

Leave a comment