Hari pertama BMW Championship kemarin (15/8) menjadi hari yang sangat baik bagi para pegolf Korea. Mereka mengawali turnamen kedua FedExCup Playoff di Medinah Country Club ini dengan hasil yang solid.

Kang Sung berhasil bermain 3-under 69, yang sekaligus membuka peluang baginya untuk bisa terus bermain pada ajang FedExCup Playoff ini. Pegolf yang meraih gelar PGA TOUR pertamanya dengan menjuarai AT&T Byron Nelson pada bulan Mei 2019 lalu ini membukukan empat birdie di enam hole pertamanya, sebelum kemudian mendapat satu-satunya bogey di hole 15. Ia pun mengakhiri putaran pertama dengan berada di peringkat 25.

Dua rekan senegaranya, Im Sungjae dan Kim Siwoo sama-sama bermain dengan skor 70 dan kini ada di posisi T36. Satu teman mereka, An Byeonghun harus menuntaskan putaran pertamanya dengan skor 71.

Kang membutuhkan finis di peringkat 10 agar bisa bermain pada TOUR Championship, turnamen pamungkas dari rangkaian FedExCup Playoff. Pasalnya, hanya 30 pemain teratas pada klasemen FedExCup saja yang berhak bermain di Atlanta. Juara FedExCup tahun ini bakal mendapatkan bonus tambahan senilai US$15 juta.

“Pekan ini tidak ada cut, jadi masih tersisa tiga putaran lagi dan saya membutuhkan satu putaran dengan skor yang rendah. Butuh konsentrasi keras dan Anda takkan mengira saya bisa mendapat banyak birdie di sini. Lapangan ini cukup sulit dan dimainkan dengan solid hari ini,” ujar Kang yang kini berperingkat 42 pada daftar peraih poin FedExCup.

“Saya tidak memedulikan proyeksinya. Kalau bisa main 20-under dan semua orang menyamai skor itu, saya masih takkan bisa lolos (mengikuti TOUR Championship). Saya harus tetap fokus pada rencana permainan dan melihat bagaimana hasil para pemain lainnya. Saya harus terus berusaha bermain solid dan saya butuh beberapa putt tambahan yang bisa masuk untuk birdie. Saya tahu saya bisa main dengan skor rendah.”

Im Sungjae mengawali ajang BMW Championship dengan catatan skor 2-under 70. Foto: Getty Images.

Sementara itu, pendatang baru Im Sungjae wajib finis minimal di peringkat 28. Ia memang mengawali putaran pertama dengan skor 70, tapi ia sadar ia harus meningkatkan permainannya untuk mewujudkan musim impian bermain pada ajang pamungkas FedExCup Playoff.

Pegolf berusia 23 tahun yang telah tujuh kali finis di sepuluh besar ini mencatatkan eagle di hole 5 dan tiga birdie di hole 10, 13, dan 18, namun harus mendapat tiga bogey.

“Di hole pertama, pukulan drive saya jelek dan bolanya malah masuk ke pepohonan. Pukulan tee saya tidak bagus dan saya tidak memulai putaran pertama ini dengan baik. Lalu keadaan kemudian menjadi berbalik. Saya mendapat eagle setelah memasukkan bola dari bunker di samping green,” ujar Im, yang hanya meleset memukul ke lima fairway.

“Saya mesti terus fokus, terus berjuang kera dan semoga semua berjalan sesuai harapan saya.”

Im juga tengah berjuang untuk bisa menembus delapan besar pada klasemen Tim Internasional untuk Presidents Cup, yang kualifikasinya akan berakhir seiring dengan berakhirnya BMW Championship pada hari Minggu (18/8) ini.

Sementara itu, Kim Siwwo berhasil mednapat lima birdie dan tiga bogey untuk skor yang sama dengan Im, 2-under 70. Adapun An Byeonghun berhasil mendapat tiga birdie dan dua bogey dan harus puas dengan skor 71. Baik Kim, maupun An mesti finis di peringkat keempat agar bisa bermain pada TOUR Championship.

Leave a comment