Park Inbee menampilkan permainan yang nyaris sempurna untuk memimpin klasemen pada HSBC Women’s World Championship.

Pemegang dua gelar HSBC Women’s World Championship Park Inbee menampilkan performa yang nyaris sempurna pada putaran pertama di Tanjong Course Sentosa Golf Club hari ini (29/4). Ditemani oleh sang suami, Nam Gihyeob, Park mematok skor terendah 8-under 64, dan untuk sementara memegang keunggulan satu stroke atas rekan senegaranya, Park Heeyoung.

Sebelum memulai putaran pertama, Park sempat mengungkapkan bahwa ia mesti fokus untuk melakukan putting, dan persis itulah yang ia lakukan pada hari ini. Hanya saja, semua aspek permainannya sepertinya berfungsi dengan luar biasa, mengingat bolanya tidak pernah meleset dari satu fairway pun, plus fakta bahwa ia berhasil memukul 16 dari 18 green.

”Saya rasa kami memulai hari ini dengan cukup solid meskipun saya tidak melakukan pemanasan dengan durasi yang biasanya. Biasanya saya butuh waktu sekitar satu jam, tapi pagi ini hanya 40 menit untuk menyimpan energi,” tutur peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, yang baru saja meraih gelar LPGA ke-21 ini.

”Kami sangat menikmati berada di luar hari ini. Saya bahkan tidak tahu berapa skor saya karena sekadar menghitung hole demi hole, jadi saya menghitung sisa 14 hole lagi, sisa 13 hole lagi, tiga hole lagi. Rasanya ini menjadi putaran bebas stres buat saya.”

 

 

Dua kemenangannya pada ajang ini tahun 2015 dan 2017 jelas menjadi modal yang sangat penting baginya. Uniknya, ia juga mencatatkan putaran tanpa bogey pada putaran pertama saat itu. Dan pengalamannya pada saat itu tampaknya juga ikut memotivasi dirinya untuk bermain dengan lebih fokus.

”Ketika main bagus hari ini, saya jadi mengingat beberapa kenangan indah di sini. Semua kenangan indah itu jelas membuat saya lebih berkonsentrasi lagi,” tuturnya.

Dan konsentrasi itu pulalah yang masih akan ia butuhkan ketika memainkan putaran kedua besok.

”Ada banyak hole yang lebih pendek di sini, tapi jelas hole 11 dan 12 menjadi hole yang sangat panjang buat saya. Yang menjadi konsentrasi saya ialah berusaha untuk tidak kehilangan pukulan di kedua hole tersebut dan berusaha mendapat birdie sebanyak mungkin di hole-hole yang lebih pendek, Itulah yang menjadi fokus utama saya,” tandasnya.

Adapun rekan senegaranya, Park Heeyoung, sempat menikmati posisi teratas sendirian setelah lebih dahulu menuntaskan putaran pertama. Pegolf berusia 33 tahun ini mencatatkan skor 7-under 65 setelah membukukan sebuah eagle, enam birdie, dan sebuah bogey.

Ia sudah membukukan 2-under berkat tiga birdie dan sebuah bogey di sembilan hole pertamanya sebelum menuju hole 10 par 4. Posisi hole 1 yang berdekatan dengan hole 10 memudahkannya melakukan visualisasi ketika hendak melakukan pukulan keduanya, setelah menyisakan jarak sekitar 155 yard untuk pukulan keduanya. Dengan angin yang berembus dari belakang posisinya, saat itulah ia kemudian memutuskan menggunakan 8-iron, yang membuahkan eagle baginya.

 

Park Heeyoung menempel rekan senegaranya, Park Inbee, dengan selisih satu stroke pada akhir putaran pertama HSBC Women’s World Championship. Foto: Getty Images.

 

”Entah ya, saya hanya berusaha untuk bertahan dari panasnya Singapura, meskipun saya menyukainya, tapi setelah bermain di sembilan hole pertama, saya mendapat momentum yang bagus di hole 10 dan berhasil mendapatkan eagle,” tuturnya.

”Eagle itu benar-benar membuat segalanya lebih mudah, tekanan lebih berkurang, dan saya juga bermain bersama para pemain lain yang menyenangkan hari ini, dan kami berusaha untuk sama-sama menikmati cuaca panas ini. Jadi, saya pikir semuanya menjadi lebih mudah. Saya lebih mudah memukul ke fairway dan green dan lebih mudah melakukan dua putt dan terkadang mendapat birdie.”

Meskipun posisinya cukup bagus pada akhir putaran pertama ini, Heeyoung menilai masih ada banyak kesempatan yang tersedia baginya, terutama mengingat ajang ini tidak memberlakukan cut-off.

”Saya juga masih harus bertahan menghadapi cuaca panas sepanjang pekan ini. Jadi, saya harus minum banyak air, latihan, dan berusaha tidur nyenyak, lalu melakukan hal yang sama: berusaha untuk tidak memikirkan soal skor, berusaha fokus melakukan pukulan demi pukulan, saya pikir itulah target saya,” tandasnya.

Para penggemar golf di Indonesia bisa kembali menyaksikan HSBC Women’s World Championship pada putaran kedua besok melalui Golf Channel, yang menayangkan ajang ini mulai pukul 08:30 WIB.