Pemain tuan rumah mematok skor terendah, Danny Masrin dan Rory Hie memberi catatan awal positif.

Pegolf tuan rumah Nattawat Suvajanakorn menampilkan permainan memukau pada putaran pertama Singha Laguna Phuket Open. Bermain di lapangan peraih penghargaan Laguna Golf Phuket yang dimainkan sebagai lapangan 70 par, pegolf berusia 23 tahun ini tampil nyaris tak bercela dengan membukukan enam birdie dan sebuah eagle. Skor 8-under 62 miliknya pun menempatkannya di puncak klasemen sementara.

Pegolf No.1 Indonesia Danny Masrin dan pegolf tuan rumah lainnya Nittithorn Thippong berada satu stroke di belakang Nattawat dengan catatan 7-under 63. Sementara itu, sang juara bertahan Varanyu Rattanaphiboonkij harus puas membuka turnamen ini dengan even par 70.

Nattawat, yang meraih gelar Asian Development Tour pertamanya di Malaysia pada tahun 2017 lalu, menikmati putaran mengagumkan ini, di antaranya, berkat ketajaman putter-nya. Sepanjang 18 hole pertama ini, ia hanya membutuhkan 24 putt untuk memegang kendali pada hari pertama.

“Putting saya bagus hari ini dan ada banyak putt dari jarak jauh yang masuk. Awal permainan saya juga bagus dengan birdie di hole 2 dan 3, yang memberi percaya diri dan kemudian memasukkan putt 20 kaki untuk birdie di hole 17,” ujar Nattawat.

“…, saya hanya harus mempertahankan kecepatan green untuk tiga hari berikutnya.” – Danny Masrin

Ia sempat mendapat birdie lagi di hole 7 dan 13, sebelum pukulan 5-wood miliknya mengantarkan bola hingga berjarak 4 kaki dari lubang di hole 14. Dengan mudah ia mencatatkan eagle di sana.

“Di hole 14, saya melakukan pukulan bagus dari rough di sisi kiri fairway. Bolanya mendarat empat kaki dari pin dan saya bisa mendapat eagle. Secara keseluruhan saya senang dengan putaran hari ini,” imbuh pegolf Thailand ini. Ia menambah dua birdie lagi di empat hole terakhirnya.

Posisi Nattawat itu hanya berjarak satu stroke dari wakil Indonesia Danny Masrin. Setelah finis di peringkat T5 pada OB Golf Invitational pekan lalu, Danny melanjutkan performanya ke Phuket. Rasa kecewa lantaran gagal memaksimalkan peluang di Royale Jakarta Golf Club pekan lalu berhasil ia tumpahkan di Laguna Golf Phuket dengan catatan skor 63.

Meski demikian, Danny yang memulai putaran pertama dari hole 11 harus berjuang untuk mendapatkan birdie pertamanya. Dalam delapan hole pertama, ia hanya bermain even par sampai akhirnya ia memainkan sembilan hole keduanya dengan luar biasa. Ia mencatatkan lima birdie dengan eagle di hole 7.

Even par di delapan hole pertamanya, Danny Masrin menemukan momentumnya di hole 1 Laguna Golf Phuket dan menyelesaikan putaran pertama dengan 7-under 63. Foto: Golfin’STYLE.

“Saya mesti melakukan scrambling di delapan hole pertama dan tak kunjung mendapatkan kecepatan green dengan tepat, lalu memasuki sembilan hole berikutnya dan mencatatkan tiga birdie berturut-turut untuk mendapatkan momentum. Saya mulai mendapatkan kecepatan green di sembilan hole terakhir dan melakukan sejumlah putt yang bagus,” papar Danny.

Di hole 7 itu, pukulan keduanya dari jarak sekitar 210 yard berhasil sampai ke green. Dari jarak 15 kaki ia berhasil memasukkan bolanya untuk mencatatkan eagle.

“Hari yang bagus (buat saya) dan saya hanya harus mempertahankan kecepatan green untuk tiga hari berikutnya,” sambung pegolf berusia 26 tahun ini.

Wakil Indonesia lainnya, Rory Hie juga mencatatkan hasil positif pada hari pertama. Rory bermain 2-under 68 dan untuk sementara berada di peringkat T29. Ia mendapat enam birdie, namun harus menambahkan dua bogey dan sebuah double bogey di kartu skornya.

Leave a comment