Peraih medali emas nomor individu pada Asian Games 2018, Keita Nakajima menampilkan permainan yang prima ketika memulai Australian Master of the Amateurs di West Course The Royal Melbourne Golf Club, hari ini (8/1). Pegolf Jepang ini menorehan skor 6-under 66 dan untuk sementara memimpin klasemen pada ajang amatir prestisius tersebut.

Nakajima, yang menjadi salah satu pemain unggulan, layak memimpin klasemen hari pertama setelah membukukan delapan birdie dan hanya mendapat dua bogey. Memulai putaran awal ini dari hole pertama, Nakajima langsung bermain 3-under berkat tiga birdie yang ia torehkan dalam empat hole pertamanya. Sempat mendapat bogey di hole 6, ia membukukan birdie keempatnya di hole 8 untuk menorehkan skor 33 di sembilan hole awal.

Nakajima seakan bakal mendominasi hari pertama lantaran ia kembali menorehkan tiga birdie lagi di hole 12, 15, dan 16. Sayang ia kembali mendapat bogey di hole 17. Namun, pegolf remaja yang berhasil mencapai finis di peringkat 5 pada ajang Emirates Australia Open 2018 ini sukses menjamin posisi yang ideal setelah mendapat birdie ke-8 di hole terakhirnya.

Matthew Wolff dari Amerika Serikat berada satu stroke di belakang Nakajima. Seperti halnya Nakajima, Wolff juga membukukan delapan birdie. Sayangnya, ia justru mendapat satu bogey dengan sebuah double bogey.

Sementara di tempat ketiga, pegolf tuan rumah Andre Lautee berbagi tempat dengan pegolf Skotlandia, Connor McKinney yang sama-sama mencatatkan skor 68. Adapun di peringkat kelima, dua pegolf Singapura, James Leow dan Joshua Ho, membukukan skor 69, bersama pegolf tuan rumah lainnya, Justin Warren.

Juara bertahan David Micheluzzi untuk sementara harus puas berada di posisi T13 setelah membukukan skor 1-under 71. Sedang pegolf amatir No.1 dunia Justin Suh mengawali turnamen ini dengan skor 2-over 74.

Becky Kay untuk sementara memimpin klasemen sementara dengan menyamai rekor lapangan, 3-under 69. Foto: AMOTA 2019.

Selain divisi pria, turnamen pada pekan ini juga mempertemukan para pegolf elit wanita amatir. Inisiatif yang telah dimulai sejak 2018 ini berlanjut dan sejumlah pemain top juga ikut meramaikan persaingan. Selain peraih medali emas Asian Games 2018 Yuka Saso dari Filipina, juara bertahan asal Jepang Yuka Yasuda juga kembali turun dan berniat untuk mempertahankan gelarnya.

Meski demikian, justru pegolf tuan rumah Becky Kay yang bersinar pada hari pertama. Becky menyamai rekor lapangan untuk wanita setelah mencatatkan skor 69 pada hari pertama tadi. Pegolf asal Brisbane ini menorehkan lima birdie dengan hanya dua bogey, yang membantunya memimpin satu stroke dari rekan senegaranya, Stephanie Kyriacou.

“Saya mendapat bogey di hole pertama, jadi itu bukan awal terbaik, tapi saya masih bisa mendapatkan beberpa birdie, jadi ini masih merupakan putaran yang solid,” ujarnya seusai menuntaskan permainan 18 hole-nya.

“Ada banyak pemain bagus di sini, jadi apa pun bisa terjadi. Tapi saya tahu harus melakukan apa untuk bisa menang. Kalau bisa mempertahankan permainan yang solid, saya akan memiliki peluang.”

Popularitas turnamen Australian Master of the Amateurs ini memang sangatlah tinggi. Untuk edisi 2019 ini saja, tercatat ada lebih dari 200 peserta yang harus masuk daftar tunggu untuk memastikan apakah mereka berhak untuk ikut. Namun, turnamen ini memang sengaja ditujukan bagi para pegolf yang berada di peringkat 500 besar dunia, baik untuk pria maupun wanita.

Tahun ini tercatat ada 126 peserta dengan 78 di antaranya merupakan pegolf amatir pria, sedangkan sisanya 48 peserta merupakan pegolf amatir wanita.

Leave a comment