Setelah menjadi salah satu pimpinan klasemen pada akhir putaran pertama, Zach Murray melanjutkan sensasinya dan kini memimpin gelaran 100th New Zealand Open dengan berada lima stroke di depan pesaing terdekatnya, Ryuko Tokimatsu.

Murray, yang berhasil meraih kartu Asian Tour usai menembus Qualifying School pada Desember 2018 lalu, menorehkan skor 7-under 65 ketika bermain di The Hills sebagai putaran keduanya. Dengan skor total 15-under 128, ia kini berada sendirian di puncak klasemen pada kejuaraan yang memperebutkan total hadiah senilai NZ$1.250.000 atau sekitar US$850.000 ini.

New Zealand Open dimainkan secara unik. Dalam dua putaran pertama, total 152 pegolf profesional harus memainkan dua lapangan secara bergantian, yaitu Millbrook Resort dan The Hills. Pada putaran pertama ketika memainkan Millbrook Resort, Murray sukses mencatatkan skor terendah dalam karier profesionalnya ketika menorehkan 8-under 63.

Pada putaran kedua kemarin (1/3), Murray langsung membukukan eagle dan birdie di dua hole pertama, yang langsung melejitkan posisinya. Ia kemudian masih menambah lima birdie lagi dengan hanya satu bogey untuk mengukuhkan posisi, sekaligus memperbesar peluang meraih gelar pertama dalam karier profesionalnya yang masih sangat muda.

Sebelumnya, ia sempat menjuarai ajang Nexus Risk TSA Group WA Open, sebuah turnamen dalam jadwal PGA Tour of Australasia. Pada bulan Oktober 2018 itu ia masih berstatus amatir. Sebulan kemudian ia beralih profesional dan sebulan berikutnya ia meraih kartu Asian Tour dengan finis di tempat keempat dalam kualifikasi yang dimainkan sebanhyak 90 hole atau lima putaran tersebut.

“Mungkin hari ini malah jauh lebih baik daripada kemarin, mengingat ada lebih banyak tekanan karena saya berada dalam posisi memimpin dan saya sendiri merasa gugup ketika berada di tee pertama. Beruntung saya bisa main dengan eagle-birdie yang menyingkirkan kegugupan saya,” papar Murray.

“Sebenarnya, saya tak merasa terlalu tertekan. Malamnya saya malah tidur sangat nyenyak. Mungkin kegugupan itu adalah hal yang alami karena saya memimpin dalam sebuah turnamen.”

Murray mengungkapkan eagle-birdie di dua hole pertama dan birdie lainnya di hole 5 sebagai kunci dari performanya pada putaran kedua tersebut.

“Saya sangat senang bisa melakukan hole-in-one pertama saya dalam sebuah turnamen profesional.” – Poom Saksansin

“Saya hanya tinggal bermain cerdas dan terus memberi peluang di sembilan hole terakhir,” tuturnya.

Ryuko Tokimatsu, yang menjadi salah satu pemain yang juga berada di puncak klasemen pada hari pertama, kini berada di tempat kedua setelah hanhya bermain 2-under 69 di Millbrook Resort. Tokimatsu yang memainkan New Zealand Open kedua baginya ini berusaha untuk tampil maksimal pekan ini, mengingat ia tidak memiliki banyak kesempatan untuk bermain di luar Jepang.

“Saya berusaha mempertahankan momentum saya. Rasanya pukulan saya hari ini lebih bagus juga,” tukasnya.

Adapun harapan tuan rumah kembali muncul setelah Ryan Fox yang sukses meraih gelar Asian Tour dan European Tour pertama ketika menjuarai ISPS HANDA World Super 6 Perth dua pekan silam menorehkan skor 66 ketika bermain di The Hills. Skor total 9-under 134 miliknya menempatkannya di peringkat T3 bersama empat pegolf lainnya.

Pada putaran kedua tersebut, setidaknya terjadi tiga hole-in-one. Poom Saksansin dan Damien Jordan dari Australia melakukannya di hole 2 Millbrook Resort. Adapun rekan senegara Poom, Natipong Srithong melakukannya di hole 16 The Hills.

“Saya pikir saya sangat beruntung (bisa mendapatkan hole-in-one). Saya sangat senang bisa melakukan hole-in-one pertama saya dalam sebuah turnamen profesional. Sebenarnya, saya menyukai kedua lapangan ini, tapi karena saya melakukan hole-in-one di Millbrook Resort, saya jadi lebih menyukai Millbrook,” ujar Poom.

Pekan ini, cut-off ditentukan pada 3-under 140. Sebanyak 62 pegolf yang berada di posisi 60 besar bersama ties akan melanjutkan pertandingan dengan memainkan The Hills dalam dua putaran terakhir.

Sayangnya, satu-satunya wakil Indonesia Danny Masrin belum dapat melangkah ke putaran akhir pekan. Pada putaran dua kemarin, Danny yang bermain di Millbrook Resort hanya dapat membukukan tiga birdie dengan tiga bogey sehingga akhirnya hanya menorehkan skor total even par 143.

Leave a comment