Kapten Ernie Els siap mengantarkan kemenangan kedua bagi Tim Internasional ketika memulai Presidents Cup menghadapi Tim Amerika Serikat, mulai Kamis, 12 Desember 2019 mendatang!

Tim Internasional kali ini memiliki prospek yang sangat menarik. Kapten Ernie Els telah mengumpulkan tim yang sangat beragam, di mana untuk pertama kalinya dalam sejarah Presidents Cup, tim ini terdiri dari sembilan negara berbeda: Afrika Selatan, Australia, Chile, China, China Taipei, Jepang, Kanada, Korea, dan Meksiko.

Awalnya, tuan rumah Australia diwakili oleh empat pemain. Namun, menyusul kondisi Jason Day yang tidak memungkinkan untuknya bermain, tuan rumah akhirnya diwakili oleh Marc Leishman, Adam Scott, dan Cameron Smith.

Tim Internasional kali ini juga memiliki pengalaman bermain dalam 22 partai sebelumnya. Dan kali ini ada enam pemain debutan yang siap memberi kontribusi penting. Dengan harapan bahwa para penggemar golf dari sembilan negara bisa mengirimkan dukungannya, hashtag #InternationalRising diharapkan bakal menjadi tren dalam sepekan ini.
Lalu bagaimana prospek Tim Internasional kali ini? Mungkinkan mereka mengulang prestasi tahun 1998?

Marc Leishman
Debut: 2013
Rekor: 3-7-3
Saat melakoni debutnya enam tahun silam, Leishman mencatatkan rekor 2 kali menang, 2 kali kalah, namun dalam partai tunggal, sejauh ini ia belum sekalipun kalah. Konsistensinya sepanjang tahun ini terbukti dengan finis di posisi teratas klasemen Tim Internasional. Ketika berpasangan dengan Cameron Smith, yang akan melakoni debut Presidents Cup tahun ini, ia finis T2 pada ISPS HANDA Melbourne World Cup tahun lalu. Partisipasinya kali ini menjadi partisipasi keempat secara berturut-turut.

Hideki Matsuyama
Debut: 2013
Rekor: 4-6-3
Matsuyama kini berada dalam kondisi yang cukup prima. Usai finis di belakang Kapten Tim AS Tiger Woods pada ajang ZOZO CHAMPIONSHIP, Matsuyama berniat untuk tampil semaksimal mungkin. Kapten Ernie Els menilai karakter Matsuyama sebagai pemenang, yang belum pernah menikmati kemenangan tim. ”Saya bisa melihat ia sangat ingin untuk menang. Jadi, dia bakal siap untuk bertarung (habis-habisan),” ujar Els.

Adam Scott menjadi pemain paling berpengalaman yang mengikuti Presidents Cup edisi 2019 ini. Partisipasinya kali ini menjadi yang ke-9 kalinya. Foto: Getty Images.

Louis Oosthuizen
Debut: 2013
Rekor: 7-5-3
Finis di peringkat ke-3 pada klasemen Tim Internasional, Oosthuizen sudah tiga kali tampil pada ajang beregu ini. Ketika berpasangan dengan rekan senegaranya, Branden Grace, ia membentuk tim terkuat dalam sejarah Presidents Cup dengan mempersembahkan empat kemenangan dalam satu penyelenggaraan. Secara keseluruhan, Bersama Grace, ia menorehkan rekor 5-1-1. Tahun ini menjadi kesempatan keempat bagi pegolf yang merupakan produk dari Ernie Els and Fancourt Foundation.

Adam Scott
Debut: 2003
Rekor: 14-20-5
Scott menjadi pemain paling berpengalaman di Tim Internasional kali ini. Tahun ini menjadi penampilan ke-9 baginya, melampaui 8 penampilan Ernie Els dan Vijay Singh. Meskipun belum menikmati kemenangan lagi pada tahun ini—terakhir ia menjuarai WGC-Cadillac Championship 2016—bermain cukup konsisten sehingga finis di peringkat 4 pada klasemen Tim Internasional. Sejauh ini ia telah meraih 5 kemenangan pada partai tunggal dan rekor ini hanya kalah dari Tiger Woods yang meraih 6 kemenangan.

Abraham Ancer
Debut: 2019
Rekor: –
Ancer menjadi pegolf Meksiko pertama yang bermain pada Presidents Cup setelah finis di posisi 5 klasemen Tim Internasional. Finis runner-up pada ajang THE NORTHERN TRUST pada FedExCup Playoffs 2019 memastikan ia menciptakan sejarah tersebut. Ia sudah bermain penuh pada PGA TOUR dalam empat musim terakhir dan menjadi pemain Meksiko pertama yang menembus 100 besar dunia.

Li Haotong
Debut: 2019
Rekor: –
Musim 2018-2019 lalu, pemegang dua gelar European Tour ini tiga kali finis di posisi 20 besar, termasuk T9 pada WGC-Dell Technologies Match Play dengan mengalahkan Brooks Koepka dan Alex Noren di putaran penyisihan. Kapten Ernie Els menilai Li memiliki permainan yang tangguh dan menilai karakternya bakal cocok untuk tim.

C.T. Pan
Debut: 2019
Rekor: –
Mantan pegolf amatir No.1 Dunia dan telah berpengalaman bermain di Royal Melbourne Golf Club dengan finis T5 pada ajang Asia-Pacific Amateur Championship 2014. Kemenangannya pada ajang RBC Heritage bulan April 2019 memberinya gelar PGA TOUR pertama, sebelum kemudian finis T3 pada Charles Schwab Challenge. Pan finis di posisi 7 klasemen Tim Internasional dan menjadi pegolf China Taipei pertama yang tampil pada Presidents Cup.

An Byeonghun menjadi pemain pengganti Jason Day usai pegolf Australia tersebut harus mundur dari tim lantaran cedera. Foto: Getty Images. 

Cameron Smith
Debut: 2019
Rekor: –
Smith menjadi pegolf Australia ketiga yang memastikan langsung masuk sebagai anggota tim. Tiga kali finis 10 besar, termasuk finis di peringkat 6 WGC-Mexico Championship merupakan prestasinya pada musim lalu. Kombinasinya dengan Marc Leishman membawa Australia finis runer-up pada ISPS HANDA World Cup of Golf 2018. Smith jelas berpeluang mengulangi kombinasi solid tersebut dengan Leishman.

Joaquin Niemann
Debut: 2019
Rekor: –
Kemenangannya pada A Military Tribute at The Greenbrier bulan September 2019 turut meyakinkan Kapten Ernie Els untuk memilih pegolf yang baru berusia 21 tahun ini untuk memperkuat Tim Internasional. Kemenangan itu menjadikannya pegolf Chile pertama yang menjuarai ajang PGA TOUR, sedang kepastiannya tampil di Royal Melbourne membuatnya menjadi pegolf Amerika Latin ke-6 yang tampil pada ajang dua tahunan ini. ”Menjuarai gelar perdana PGA TOUR sebagai pemain Chile pada ajang Greenbrier menegaskan pilihan saya,” tegas Els.

Adam Hadwin
Debut: 2017
Rekor: 0-2-1
Pemilihan Adam Hadwin mungkin mengejutkan, mengingat Jazz Janewattananond mungkin lebih layak masuk tim. Namun, Kapten Ernie Els punya pandangan tersendiri. ”Dia punya keseluruhan permainan yang baik, terutama untuk format tim dalam empat sesi pertama. Dan belakangan dia juga bermain dengan baik dengan finis runner-up pada Safeway Open dan T4 pada Shriners Hospitals for Children Open,” ujar Els.

Im Sungjae
Debut: 2019
Rekor: –
Finis di peringkat 11 klasemen akhir Tim Internasional, Im telah membuktikan dirinya sebagai pemain debutan yang potensial. Ketangguhannya sebagai pemain ditunjukkan dengan 16 kali finis di 25 besar dalam 35 ajang PGA TOUR musim 2018-2019, plus menjadi satu-satunya debutan yang menembus ajang TOUR Championship. PGA TOUR Rookie of the Year 2019 ini menjadi satu dari lima pegolf yang tampil pada ajang Presidents Cup sebelum berusia 22 tahun—empat pemain lainnya ialah Ryo Ishikawa, Jordan Spieth, Hideki Matsuyama, dan Joaquin Niemann.

An Byeonghun
Debut: 2010
Rekor: –
An menjadi pilihan Kapten Ernie Els setelah salah satu pemain pilihan lainnya, Jason Day, terpaksa mundur akibat cedera. Finis di posisi 15 pada klasemen akhir, An mengawali musim 2019-2020 dengan mengagumkan: peringkat 3 pada Sanderson Farms Championship, T6 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES, dan T8 pada ZOZO CHAMPIONSHIPS, serta T14 pada WGC-HSBC Champions. Els menilai pegolf yang akrab disapa Ben An ini merupakan salah satu pemain yang tangguh dan bakal membantu Tim Internasional mewujudkan kemenangan.