Hasil akhir yang beragam pada THE NORTHERN TRUST membawa tiga wakil Asia melangkah ke BMW Championship.

Setelah tiga putaran pertama, harapan untuk menempatkan lebih banyak wakil Asia pada ajang FedExCup Playoff kedua pekan ini sempat melambung. Tiga wakil Asia yang lolos cut pada THE NORTHERN TRUST, Kim Siwoo, Lee Kyounghoon, dan Hideki Matsuyama masih berada pada posisi yang memungkinkan untuk mencatatkan hasil lebih baik.

Kim, yang berada di peringkat 82 klasemen FedExCup hanya cukup mempertahankan posisinya di jajaran 15 besar untuk bisa menembus 70 besar klasemen FedExCup. Sementara peluang Lee memang lebih berat karena memulai turnamen ini dari peringkat 110. Adapun Matsuyama telah lebih dahulu memastikan tempatnya pada ajang Playoff berikutnya berkat peringkatnya yang jauh lebih baik dari kedua rekan Asianya ini.

Catatan skor ketiganya sebenarnya terbilang positif. Setidaknya, mereka berpeluang memperbaiki posisi masing-masing pada akhir putaran final di TPC Boston ini. Sayangnya harapan tinggallah harapan.

Kim hanya mendapatkan 3 birdie dengan 4 bogey. Sementara Lee, meskipun menorehkan 5 birdie, juga mendapat 4 bogey. Praktis skor 73 dan 70 pada putaran final kemarin (23/8) tidaklah cukup untuk membawa mereka ke posisi yang lebih baik lagi pada klasemen akhir. Harapan keduanya untuk bisa bermain pada ajang BMW Championship pun pupus sudah.

Kim harus puas finis di peringkat T39 setelah akhirnya mengumpulkan skor total 9-under 275. Sementara Lee mencatatkan hasil satu stroke lebih baik daripada rekan senegaranya itu. Bersama Matsuyama yang kemarin juga membukukan skor 1-under 70, Lee berada di peringkat T29.

Tahun lalu, enam wakil Asia berhasil tampil pada kejuaraan yang dimenangkan oleh Justin Thomas ini. Mereka yang ikut bertanding di Olympia Fields kala itu adalah Matsuyama, Im, An, Kim , C.T. Pan, dan Kang Sung.

Meskipun Im dan An sama-sama gagal lolos cut pekan ini, masing-masing berhak tampil pada BMW Championship lantaran menempati peringkat 8 dan 35 pada klasemen FedExCup. Bersama Matsuyama, yang menempati peringkat 18, ketiga pegolf profesional ini akan menjadi wakil Asia pada Playoff kedua pekan ini.