Hana Financial Group resmi menjadi sponsor utama untuk penyelenggaraan pertama Singapore Women’s Open tahun ini.

Upaya untuk terus mengembangkan golf bagi kaum wanita di wilayah Asia Tenggara kini mendapat suntikan baru. Salah satu grup keuangan terbesar di Korea, Hana Financial Group, ikut mengambil peranan penting dalam menghadirkan sebuah kompetisi golf wanita bergengsi di wilayah ini. Dalam tempo kurang dari sepuluh bulan mendatang, Hana Financial Group Singapore Women’s Open perdana akan menjadi agenda penting para pegolf profesional wanita di wilayah Asia Tenggara.

Hana Financial Group memastikan turnamen penting ini bakal terselenggara dengan mengucurkan dana sebesar KRW1 milyar atau senilai US$864.000 sebagai hadiah total. Turnamen ini akan digelar dalam kolaborasi antara Singapore Golf Association (SGA) dan Korean Ladies Professional Golf Association (KLPGA). Tampines Course Tanah Merah Country Club bakal bertindak sebagai tuan rumah dari tanggal 6-8 November 2020 mendatang.

Gelaran akbar ini juga telah mendapat dukungan penting dari pegolf Australia yang kini berperingkat 9 dunia, Minjee Lee, serta mantan pegolf No.1 Dunia asal Selandia Baru Lydia Ko. Selain itu, pegolf legendaris yang juga anggota World Golf Hall of Fame Pak Seri juga mengambil peranan penting sebagai ketua penyelenggara kegiatan ini.

Sejalan dengan misi mengembangkan golf wanita di wilayah Asia Tenggara, sejumlah pegolf yang berpotensi menjadi bintang masa depan juga bakal berkompetisi pada bulan November nanti. Mereka adalah Yealimi Noh dari AS, Paphangkorn Tavatanakit dari Thailand, serta peraih medali emas Asian Games Yuka Saso dari Filipina. Dan sudah pasti para pegolf top KLPGA bakal menjadi daya tarik tersendiri.

Peran penting Hana Financial Group
Hana Financial Group memang telah memiliki portofolio golf yang sangat panjang. Mereka telah mensponsori berbagai turnamen skala LPGA, KLPGA, maupun Asian Tour sejak 2005. Selain itu, mereka juga aktif mensponsori sejumlah pegolf top dunia.

Peranan mereka untuk turnamen ini menggambarkan partisipasi yang lebih dalam lagi untuk perkembangan golf di Asia, khususnya Asia Tenggara. Langkah ini seakan mengimbangi ekspansi bisnis mereka ke sejumlah negara, seperti China, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Dari segi bisnis, mereka telah memiliki 167 cabang di seluruh Asia Pasifik. Keberadaan mereka di Indonesia saat ini menempatkan mereka sebagai salah satu dari 20 bank papan atas di Indonesia dengan 72 cabang. Bulan November lalu, mereka juga mengakuisisi sekitar 155 saham dari BIDV, di Vietnam, dan menjadi pemegang saham strategis non-Vietnam pertama.

Minjee Lee dari Australia, kini No.9 Dunia, telah menegaskan komitmennya untuk ikut berpartisipasi pada edisi perdana Hana Financial Group Singapore Women’s Open, 6-8 November 2020 mendatang. Foto: Getty Images.

“Kami bangga bisa terlibat dalam mewujudkan turnamen nasional di Singapura ini meskipun kami tidak berkantor pusat di sini. Target kami ialah membangun turnamen golf profesional terbaik di Asia untuk mengembangkan golf wanita di wilayah ini,” ujar Paul Park, Sports Marketing Director Hana Financial Group.

Keputusan untuk mendukung turnamen ini juga dinilai penting dari perspektif pemain. Pak Seri menilai peran serta Hana Financial Group dalam membantu memelopori turnamen nasional baru di Asia Tenggara ini menjadi sangat krusial.

“Untuk mewujudkan impian saya menjadi yang terbaik, saya mesti pindah ke AS sebagai pegolf muda yang tak bisa berbahasa Inggris. Saya sendirian di negara yang memiliki makanan dan budaya yang berbeda, dan itu bukan hal yang mudah,” ujar pemegang lima gelar Major ini.

“Meskipun kondisi tersebut membantu saya bertumbuh sebagai seorang individu, saya senang ada gerakan yang membantu para pegolf muda untuk memiliki panggung yang lebih nyaman untuk mengejar mimpi mereka, yaitu dengan memberikan peluang bagi lebih banyak pegolf wanita dari benua kita untuk menampilkan kualitas yang sudah ada di Asia.”

Kembali menggelar turnamen bergengsi
Penyelenggaraan Hana Financial Group Singapore Women’s Open di Tanah Merah Country Club berarti bahwa lapangan ini kembali menjadi sorotan dengan menjadi tuan rumah gelaran bergengsi. Dan para pegolf profesional wanita nantinya bakal bermain di lapangan terbaru mereka, Tampines Course.

“Tanah Merah Country Club memiliki tradisi yang sangat panjang dalam mendukung golf wanita. Sebelumnya, lapangan ini telah menjadi tuan rumah untuk Kosaido Asahi Ladies Championship, Lexus Cup, HSBC Women’s Champions (yang kini menjadi HSBC Women’s World Championship) dan Queen Sirikit Cup. Kami sangat gembira melanjutkan tradisi ini dengan Singapore Women’s Open tahun 2020 ini,” ujar President Tanah Merah Country Club Ho Beng Huat.

“Lapangan baru Tampines Course didesain untuk skala kejuaraan dan kita bisa bersabar untuk menyaksikan aksi-aksi golf berkualitas ketika mereka bermain di sana.”

Hana Financial Group Singapore Women’s Open juga mendapat dukungan dari Mediapro Asia selaku promotor yang, bersama SGA akan mengelola seluruh aspek komersial untuk turnamen yang kini menjadi jadwal reguler kalender SGA dan KLPGA ini.