Seiring dengan segera berakhirnya musim kompetisi 2018, para penggemar golf dunia bakal mendapat suguhan turnamen yang menjadi panggung pamungkas dari musim kompetisi panjang European Tour. Dan panggung itu telah disiapkan dengan kembali diadakannya DP World Tour Championship sebagai turnamen terakhir Tour Benua Biru tersebut.

DP World Tour Championship yang akan dimainkan mulai 15-18 November 2018 di Jumeirah Golf Estates, Dubai, Uni Emirat Arab ini juga akan menjadi perhentian terakhir dari rangkaian Rolex Series pada tahun ini, sejak Rolex menginisiasi seri eksklusif yang melibatkan delapan turnamen pada 2017 lalu. Kedelapan turnamen ini menjadi program yang menampilkan pertandingan golf kelas dunia dengan hadiah uang berkisar dari US$7 juta sampai US$7,5 juta.

Dengan latar belakang Kota Dubai dan gedung-gedung pencakar langitnya, turnamen ini menjadi panggung yang terasa sangat tepat untuk mempertemukan kaum elite European Tour yang telah membuktikan kualitas permainannya. DP World Tour Championship pekan depan bakal menjadi ajang yang mempertemukan 60 pegolf teratas pada Race to Dubai Rankings Presented by Rolex.

Sebagai turnamen terakhir musim ini, kita juga akan segera mengetahui pemenang Race to Dubai Rankings Presented by Rolex. Hingga pekan ini Francesco Molinari masih memimpin perburuan juara Order of Merit ala European Tour ini setelah mengumpulkan 4.709.921 poin. Rekannya pada Ryder Cup yang lalu, Tommy Fleetwood berada di tempat kedua dengan 3.684.755. Adapun Justin Rose yang pekan lalu menjuarai salah satu Rolex Series, Turkish Airlines Open, berada di posisi ketiga dengan perolehan 3.431.616. Rose sendiri hanya unggul 163.105 poin dari Patrick Reed yang ada di tempat keempat.

Jika berhasil menjuarai DP World Tour Championship, Thorbjorn Olesen akan mengikuti jejak Jon Rahm dalam menjuarai dua ajang Rolex Series dalam tahun yang sama. Foto: Thomas Lovelock/Rolex.

Dua Rolex Testimonee saat ini ada di sepuluh besar Race to Dubai Rangkings Presented by Rolex saat ini. Thorbjorn Olesen kini berada di tempat ke-4 dengan perolehan 3.092.488. Olesen sendiri telah menjuarai salah satu Rolex Series, yaitu Italian Open pada awal Juni 2018 lalu. Sementara itu, Li Haotong menjadi satu-satunya Rolex Testimonee asal China dan mewakili Asia di sepuluh besar. Li menjuarai Omega Dubai Desert Classic pada bulan Januari 2018 lalu dan kini berada di peringkat 9 dengan 2.482.691 poin.

DP World Tour Championship ini juga akan kembali menjadi turnamen reuni bagi sejumlah bintang Ryder Cup Eropa. Selain Olesen, Jon Rahm juga dipastikan akan kembali bermain. Pegolf Spanyol yang juga merupakan salah satu Rolex Testimonee ini akan berusaha untuk mempertahankan gelarnya setelah tahun lalu ketika ia berhasil mengalahkan Shane Lowry dan bintang Thailand Kiradech Aphibarnrat. Gelar tersebut menjadi gelar Rolex Series kedua bagi Rahm, setelah pada bulan Juli 2017 ia pun menjuarai Dubai Duty Free Irish Open hosted by the Rory McIlroy Foundation.

“Saya sangat bersemangat untuk kembali ke Dubai dan mempertahankan gelar. Akan lebih istimewa lagi jika bisa mempertahankan gelar itu bersama rekan-rekan setim saya di Ryder Cup, yang telah memberikan pengalaman yang sangat luar biasa buat saya,” ujar Rahm.

Sejumlah Rolex Testimonee lain yang akan ikut bertanding pekan depan ialah rekan senegara Rahm, Rafa Cabrera Bello, yang juga telah mencicipi satu gelar Rolex Series pada 2017 lalu, pegolf Belgia Thomas Pieters dan Thomas Detry, dan juara DP World Tour Championship 2016 asal Inggris Matthew Fitzpatrick.

“Saya sangat bersemangat untuk kembali ke Dubai dan mempertahankan gelar. Akan lebih istimewa lagi jika bisa mempertahankan gelar itu bersama rekan-rekan setim saya di Ryder Cup.” – Jon Rahm

Rangkaian Rolex Series sendiri diinisasi pada tahun 2017 lalu, sebagai bagian dari perayaan 20 tahun kemitraan Rolex dengan European Tour. Delapan turnamen yang masuk seri ini dikategorikan sebagai turnamen premium, yang digelar di berbagai negara dan menawarkan hadiah total minimal sebesar US$7 juta.

Tahun ini, seri pertama Rolex Series digelar pada bulan Mei 2018 lalu di Wentworth, Inggris, yaitu BMW PGA Championship yang dimenangkan oleh Francesco Molinari. Sepekan kemudian Italian Open menjadi seri kedua dengan Olesen sebagai juaranya.

Seri ketiga hingga seri kelima digelar secara berturut-turut, mulai dari Paris ke Republik Irlandia, lalu bertolak ke Skotlandia. Alex Noren, Russel Knox, dan Brandon Stone tampil sebagai juara pada masing-masing turnamen.

Tiga seri berikutnya juga digelar berturut-turut, mulai awal November 2018 ini, yaitu Turkish Airlines Open yang dimenangkan oleh Justin Rose, yang sekaligus mengembalikan posisinya sebagai pegolf No.1 Dunia. Lalu pekan ini Nedbank Golf Challenge hosted by Gary Playar, dengan DP World Tour Championship sebagai puncaknya pada pekan mendatang.

Jon Rahm akan kembali ke Dubai untuk mempertahankan gelar DP World Tour Championship. Foto: Chris Turvey/Rolex.

Rolex sendiri kini telah menjadi merek yang sangat identik dengan golf, mengingat partisipasinya bagi olahraga ini yang telah berlangsung selama lebih dari 50 tahun. Perusahaan arloji asal Swiss ini telah menunjukkan kontribusi yang nyata bagi perkembangan golf di seluruh dunia lewat kemitraannya dengan badan dan asosiasi olahraga golf di seluruh dunia.

Race to Dubai sendiri merupakan semacam Order of Merit, yang dimulai pada musim 2009 dengan DP World Tour Championship sebagai turnamen pamungkas dari 47 turnamen yang dimainkan di 30 negara di seluruh dunia.

Leave a comment