Para peserta bersiap menuju gelaran perdana EDGA Scottish Open

Sembilan pemain dari delapan negara memastikan tempat mereka untuk mengikuti ajang EDGA Scottish Open. Ini merupakan turnamen golf baru yang akan dimainkan sebanyak 36 hole dan ditujukan bagi para pegolf dengan kebutuhan khusus.

Turnamen ini merupakan salah satu langkah luar biasa dari European Tour, yang memberi kesempatan bagi para pegolf berkebutuhan khusus untuk berkompetisi. Lebih istimewa lagi, turnamen ini akan dimainkan berbarengan dengan Aberdeen Standard Investments Scottish Open di The Renaissance Club, di North Berwick. Turnamen ini akan digelar pada 13-14 Juli 2019.

Sejauh ini, sembilan pemain dari World Rankings for Golfers with Disability (WR4GD) telah memastikan tempat mereka untuk bertanding pada pekan tersebut. Sementara itu, satu wildcard akan dikonfirmasi dalam waktu singkat untuk memastikan total peserta yang akan bertanding.

Aberdeen Standard Investments Scottish Open merupakan turnamen ketiga dari Rolex Series, yang juga menjadi bagian dari Race to Dubai 2019. Gelaran EDGA Scottish Open ini sekaligus menjadi bagian dari upaya inklusivitas dalam olahraga golf di mana para pesertanya berkesempatan untuk menaklukkan lapangan yang di-setup dengan standar European Tour.

Turnamen serupa juga rencananya akan digelar pada turnamen tutup musim, DP World Tour Championship di Dubai. Dimainkan dengan format yang serupa, ajang bagi para pegolf berkebutuhan khusus ini rencananya bakal digelar pada hari Kamis dan Jumat, yaitu pada 22-23 November 2019. Rencananya sebanyak delapan pemain bakal mendapat hak tampil pada turnamen tersebut.

Seperti halnya turnamen di Skotlandia pada pertengahan Juli nanti, turnamen serupa di Dubai nanti akan digelar dalam kerja samanya dengan European Disabled Golf Association (EDGA). Skor pada kedua turnamen ini juga bakal tersedia melalui website dan aplikasi mobile European Tour. Sang juara di Skotlandia juga akan mendapat tempat dalam seremoni juara pada hari Minggu sore.

Ketua Eksekutif European Tour Keith Pelley menyebut hal ini sebagai salah satu momen yang paling membanggakan dalam hidupnya dan kariernya bersama European Tour. Dua momen istimewa ini merupakan kesempatan penting bagi pihaknya untuk bisa bekerja sama dengan EDGA dan memberi peluang bagi para pegolf dengan kebutuhan khusus untuk memainkan turnamen kompetitif bersamaan dengan dua ajang flagship mereka.

“Saya sangat senang bisa menyambut sembilan pemain pertama yang akan bertanding pada EDGA Scottish Open nanti, dan saya tidak ragu kalau para pemain ini bakal sanggup mengatasi ujian di The Renaissance Club pada tanggal 13 dan 14 Juli 2019 nanti, pada sepanjang akhir pekan dari Aberdeen Standard Investments Scottish Open,” ujar Pelley.

Adem Wahbi dari Belgia menjadi salah satu peserta yang dipastikan berlaga pada EDGA Scottish Open bulan Juli 2019 mendatang. Foto: Getty Images.

“Turnamen di Skotlandia ini jelas merupakan momen ujicoba sebagai bagian dari upaya kerja sama kami dengan EDGA untuk memulai Golfers with Disability World Tour pada 2021.”

Presiden EDGA dan IGF Head of Disability and Inclusion Tony Bennet menimpali bahwa dua turnamen yang akan digelar di Skotlandia dan Dubai dalam kerja sama dengan European Tour terbukti menjadi sebuah momen yang signifikan.

“Golf berpotensi untuk menjadi olahraga yang sangat inklusif dan kami telah melihat peningkatan pesat dalam hal minat untuk integrasi individu dengan kebutuhan khusus dalam partisipasi dan program-program kompetisi,” ujar Bennett.

“Sembari mempersiapkan ajang EDGA Scottish Open, kami sudah melihat permintaan dari beragam inisiatif baru, termasuk program-program sekolah akan kesadaran, ajang bagi kaum wanita yang muncul di Rumah Golf, di St. Andrews, ajang-ajang demonstrasi di pusat-pisat rehabilitasi, dan tentu saja lebih banyak pengajuan bagi penyelenggaraan turnamen-turnamen nasional dan regional. Pengembangan ini menunjukkan penjangkauan yang dilakukan European Tour telah, dan meningkatkan minat dari masyarakat dari segala tingkat kemampuan dan berbagai latar belakang dalam golf.”

Untuk penyelenggaraan EDGA Scottish Open 2019, empat kategori telah disiapkan untuk memastikan para peserta yang akan berlaga di The Renaissance Club bulan depan.

Kategori pertama ialah enam pemain teratas yang bisa berpartisipasi dari World Rankings for Golfers with Disability (WR4GD) pada pekan ke-20. Mereka yang termasuk kategori ini ialah Beorge Groves (Inggris), Brendon Lawlor (Irlandia), Adem Wahbi (Belgia), Geoff Nicholas dan Shane Luke (Australia), dan Juan Postigo Arce (Spanyol.)

Kategori kedua ialah pemain nasional teratas pada W4RGD, yang saat ini dipegang oleh Paul Ellison.

Kategori ketiga merupakan pemain yang dinominasikan oleh USGA. Christopher Biggins dari AS mendapat hak tampil di Skotlandia melalui kategori ini.

Adapun kategori keempat diraih oleh Reinard Schuhknecht, yang memenuhi kriteria pemain yang dinominasikan oleh Golf RSA.

Leave a comment