Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali meninjau fasilitas pelatihan Tim Nasional.

Hanya dalam tempo tiga hari sejak dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali menyampatkan waktunya untuk melihat langsung fasilitas pelatihan Tim Nasional Indonesia, yaitu National Golf Institute (NGI) di Emeralda Golf Club kemarin (26/10).

Pada kesempatan tersebut, Zainudin bertemu dengan sejumlah atlet yang selama ini menjadi bagian dari National Development Program, yang sebagian besar baru selesai mengikuti ajang Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup.

Gian Perkasa dan Alga Topan yang mewakili NGI memberikan penjelasan kepada Zainudin terkait pembekalan apa saja yang diberikan kepada para pegolf muda Indonesia yang berlatih di NGI selama ini

Selain mendapatkan pembekalan dari segi teknik permainan di lapangan, para atlet juga diperlengkapi di sejumlah aspek penting lainnya, seperti perencanaan dan periodisasi. Selain itu, pelatihan aspek mental juga menjadi sangat penting, mengingat golf merupakan olahraga mental.

Kombinasi teknis dan nonteknis inilah yang selama ini terus menjadi perhatian dengan kehadiran dua pelatih asal Australia David Milne dan Lawrie Montague. Dengan Milne yang membantu dari aspek teknis, Montague mendukung dari sisi mental. Meskipun memiliki spesialisasi masing-masing, kedua pelatih ini memahami sepenuhnya berbagai aspek yang penting untuk membantu para pegolf Indonesia menjadi lebih berkembang lagi.

Menpora Zainudin Amali (keenam dari kiri) berpose bersama sejumlah atlet, pengurus National Golf Institute, dan perwakilan dari Emeralda Golf Club. Foto: GolfinStyle.

Dalam setahun terakhir, bukti dari pembinaan jangka panjang telah menghadirkan sosok Naraajie Emerald Ramadhan Putra dan Rory Hie dianggap menjadi buah dari kontribusi kedua pelatih Australia tersebut. Naraajie meraih gelar internasional pertamanya di Malaysia dengan menjuarai Saujana Amateur Championship pada bulan Juli 2019. Sementara Rory meraih gelar Asian Tour pertamanya pada ajang Classic Golf and Country Club Internasional Championship pada bulan lalu.

Kunjungan singkat ini menjadi suatu hal yang patut dianggap penting bagi golf di Indonesia, mengingat hal ini bisa menjadi suatu langkah untuk meyakinkan Menpora bahwa golf merupakan salah satu cabang olahraga yang berpotensi besar mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Terpilihnya Zainudin sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini pada dasarnya bisa dianggap sebagai sesuatu yang positif bagi golf di Indonesia. Pasalnya, golf bukanlah olahraga yang asing bagi Zainudin, lantaran beliau pun aktif bermain golf.

Meski demikian publik golf di Indonesia jelas patut melihat bagaimana asosiasi, dalam hal ini Persatuan Golf Indonesia menyikapi fakta tersebut.

Kehadiran Menpora pada Sabtu (26/10) siang kemarin sekaligus untuk melakukan penutupan ajang Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup.