Rolex dan Augusta National Women’s Amateur berkolaborasi untuk memberi landasan bagi masa depan golf wanita.

Selama bertahun-tahun, Augusta National dipandang sebagai lapangan yang hanya berhak dimainkan oleh kaum pria. Lalu dengan kian gencarnya desakan gelombang persamaan hak, dan untuk pertama kalinya dalam 80 tahun sejarah lapangan legendaris ini, persisnya pada tahun 2012, dua sosok wanita ternama, yaitu Condoleezza Rice, yang kala itu masih menjabat Sekretaris Negara AS, dan Darla Moore, seorang bankir.

Langkah ini ternyata menjadi pintu bagi sejumlah kemungkinan lain bagi golf wanita. Dan hal itu terwujud ketika pada bulan April 2018 lalu, Chairman The Masters Fred Ridley, mengumumkan bahwa Augusta National akan ikut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan golf wanita. Turnamen yang akan dimainkan sebagai ajang 54 hole ini bakal memberi kesempatan kepada para pegolf wanita amatir untuk bermain di Augusta National, persis sehari sebelum pekan The Masters dimulai.

“Kejuaraan ini akan menjadi tambahan yang menarik sebelum pekan The Masters dimulai, sekaligus mempromosikan golf dengan lebih jauh dan menginspirasi para pegolf muda wanita untuk mulai bermain golf,” ujar Ridley, seperti dikutip dari Golfworld. “Bayangkan, 40 anak perempuan yang tiap tahun ke sini untuk mengikuti Drive, Chip, and Putt bisa mewujudkan impian mereka untuk kembali ke sini suatu hari nanti dan bersaing pada panggung yang lebih besar untuk sebuah gelar yang lebih mengesankan.”

Dengan penyelenggaraan yang akan digelar sepekan sebelum The Masters, persisnya pada 4-6 April 2019 mendatang, turnamen ini sendiri bakal menjadi fokus golf dunia, yang diharapkan memberi dampak yang sangat besar bagi perkembangan golf wanita. Empat nama besar golf wanita yang selama ini menjadi aktivits golf wanita dan menjadi anutan bagi banyak pegolf di berbagai negara juga akan dipastikan hadir. Mereka adalah Nancy Lopez, Lorena Ochoa, Annika Sorenstam, dan Pak Seri.

Lopez, pemegang 48 gelar LPGA, termasuk 3 gelar Major, menyambut gembira komitmen Augusta National ini.

“Golf wanita telah berkembang dengan begitu banyak jalur yang sangat berarti sejak pertama kali saya mulai bermain, dan kejuaraan ini menandakan pencapaian signifikan lain yang akan membantu menginspirasi minat dan pertumbuhan bagi golf itu sendiri,” ujar Lopez. “Pasti akan menarik melihat para pegolf wanita muda ini bermain di salah satu seting golf paling ikonik, dan saya tak sabar untuk mendukung ajang ini.”

Ajang ini sendiri dianggap sebagai perpanjangan dari visi Bobby Jones dan Clifford Roberts, yang memprakarsai The Masters. Ajang ini sangat diyakini bakal menjadi jalur yang ideal bagi para pegolf amatir masa kini dan masa depan, untuk memenuhi impian mereka bermain golf di level elit. Turnamen istimewa ini bakal menjadi salah satu ajang Major bagi para pegolf amatir wanita di seluruh dunia, mengingat status yang telah dimiliki Augusta National selama ini.

Dengan mempertandingkan 54 hole, turnamen ini akan dimainkan di dua lapangan yang berbeda. Dua putaran pertama akan dimainkan di Champions Retreat Golf Club, sedangkan putaran final, yang akan berlangsung pada 6 April, akan dimainkan di Augusta National.

Turnamen ini sendiri bakal mendapat dukungan penuh dari mitra The Masters selama ini, yaitu Rolex. Perusahaan arloji legendaris asal Swiss ini telah menjadi salah satu pendukung kuat olahraga golf selama lebih dari lima dekade. Kemitraan dengan The Masters dan Augusta National sendiri telah dimulai sejak 1999 dan sejak saat itu Rolex telah menjadi International Partner bagi The Masters.

Rolex Testimonee Lorena Ochoa, yang juga merupakan pegolf profesional tersukses Meksiko, menjadi salah satu figur bernama besar yang turut menyambut dan mendukung kehadiran Augusta National Women’s Amateur. Foto: Rolex.

Selama 20 tahun terakhir, kolaborasi kedua nama besar itu juga telah memberi dampak melampaui keberadaan ajang Augusta National Women’s Amateur ini. Dalam dua dekade terakhir, selain ikut mengembangkan Masters Tournament Foundation, yang merupakan perpanjangan kegiatan amal dari ajang Major pria ini, Rolex juga ikut menjadi bagian penting dari kehadiran Asia-Pacific Amateur Championship dan Latin America Amateur Championship. Bahkan tiga dari nama besar yang bakal hadir ketika ajang amatir wanita ini dimulai, Lopez, Ochoa, dan Sorenstam merupakan bagian dari Rolex Testimonee.

“Sebagai seorang gadis, tahu bahwa ada kesempatan untuk bermain di panggung terbesar, telah mendorong saya untuk berlatih,” ujar Sorenstam. “Hal itu serasa surga di bumi. Kini kita melihat gadis-gadis muda ini yang bakal memenuhi impian mereka.”

Adapun Ochoa, pegolf Meksiko tersukses dengan raihan 27 gelar LPGA, termasuk 2 gelar Major, menyuarakan antusiasme serupa. “Impian untuk bermain pada ajang Augusta National Women’s Amateur memberikan target yang sangat besar bagi para pegolf muda. Waktu, energi, dan emosi yang mesti didedikasikan untuk sukses dalam olahraga ini menjadi semakin berharga ketika Anda terdorong untuk bersaing di Augusta National,” ujar Ochoa.

Satu nama besar lain, yang selama ini telah menginspirasi begitu banyak pegolf Korea untuk menembus LPGA, Pak Seri turut berkomentar, “Ajang ini akan memberi dampak yang penting, tak hanya bagi para peserta, tapi juga para pemain muda yang menontonnya di rumah, yang akan melihat para wanita ini bersaing di Augusta National dan bermimpi untuk suatu hari bisa berada di sana. Menginspirasi generasi golf selanjutnya merupakan peluang yang luar biasa bagi wanita melalui turnamen ini,” ujar Pak, yang memenangkan 25 gelar LPGA dan 5 Major ini.

Trofi Augusta National Women’s Amateur yang indah ini didesain berkolaborasi dengan Tiffany & Co. Foto: Augusta National Women’s Amateur.

Melalui Augusta National Women’s Amateur, para peserta berhak mengikuti turnamen ini melalui World Amateur Golf Ranking, di mana Rolex sendiri menjadi Associated Presenting Sponsor. Sebanyak 30 pegolf wanita peringkat teratas di Amerika Serikat dan 30 pegolf berperingkat tertinggi berikutnya, yang belum lolos kualifikasi, pada akhir 2018 lalu, juga diundang untuk tampil pada ajang elit ini.

Beberapa dari mereka yang diundang ialah para pegolf amatir yang menjuarai U.S. Women’s Amateur, Ladies’ British Open Amateur Championship, Women’s Amateur Asia-Pacific, U.S. Girls’ Junior, dan Girls’ British Open Amateur Championship.

Untuk memberikan gengsi dan prestise pada turnamen ini, trofi yang didesain juga dibuat sangat menawan. Seperti halnya trofi baru THE PLAYERS Championship, trofi Augusta National Women’s Amateur ini juga didesain berkolaborasi dengan Tiffany & Co, dibuat dari pintalan perak sterling dan emas 24K, lengkap dengan logo khas turnamen dan nama-nama bunga yang terdapat di tiap hole di Augusta National.

Hingga menjelang turnamen ini dilangsungkan, lima pegolf Asia Tenggara akan menjadi bagian dari sejarah penting ini. Kelimanya ialah juara Women’s Amateur Asia-Pacific 2018 Atthaya Thithikul dan dua rekan senegaranya asal Thailand, Pimnipa Panthong dan Jaravee Boonchat; Loy Hee Ying dari Malaysia; serta peraih medali emas individu Asian Games 2018 asal Filipina Yuka Saso.

Leave a comment