Pegolf muda asal India, Viraj Madappa siap menunjukkan ketangguhan mentalnya jelang berlaga pada ajang HONMA Hong Kong Open presented by Amundi yang dimulai Kamis, 22 November 2018 ini. Ia jelas bakal menikmati kesempatan untuk menguji dirinya di hadapan publik penggemar golf di Hong Kong Golf Club, terutama dengan sejumlah bintang dunia yang bakal tampil, seperti juara The Masters Patrick Reed, bintang Ryder Cup Tommy Fleetwood dan Sergio Garcia.

Madappa sendiri memang telah membuktikan dirinya sanggup menghadapi tekanan persaingan memperebutkan gelar. Dalam usianya yang baru 20 tahun dan sembilan bulan, Madappa telah meraih kemenangan Asian Tour pertamanya pada bulan Agustus 2018 lalu. Dan prestasi tersebut menempatkannya sebagai pegolf India termuda yang pernah menjuarai ajang Asian Tour.

“Saya makin sering mengikuti turnamen dengan para pesaing yang lebih tangguh. Sangat seru bisa bermain menghadapi para pegolf top dari Asia karena kesempatan tersebut membuat saya bisa melihat di mana posisi permainan saya,” tutur Madappa.

Potensi yang dimiliki pemuda ini memang luar biasa, meskipun dalam tiga turnamen pertamanya ia selalu gagal lolos cut. Terutama mengingat bahwa tahun ini merupakan tahun pertamanya berlaga pada level Asian Tour. Kemenangannya bulan Agustus tersebut membuatnya menjadi pendatang baru pertama pada musim ini yang sukses meraih kemenangan.

Meski masih berusia muda, Madappa banyak bergaul dengan para seniornya, yang notabene merupakan pegolf senior. Tak heran jika kemudian ia mampu mengatasi tekanan di tengah pertandingan.

“Sangat seru bisa bermain menghadapi para pegolf top dari Asia karena kesempatan tersebut membuat saya bisa melihat di mana posisi permainan saya.” – Viraj Madappa

“Saya sangat dekat dengan sejumlah pemain, seperti Rahil Gangjee dan S.S.P. Chawrasia. Saya juga menjadi dekat dengan pemain India lainnya, seperti Shiv Kapur dan Gaganjeet Bhullar yang sangat membantu saya menjalani tahun ini. Mereka membantu aspe mental dan mereka memainkan peran yang besar dalam membuat saya merasa nyaman bermain di Tour,” paparnya.

HONMA Hong Kong Open presented by Amundi ini menjadi turnamen yang sangat penting, yang tak hanya menjadi incaran Madappa. Dengan hadiah sebesar US$2 juta, turnamen ini menjadi lumbung untuk mengumpulkan hadiah uang dalam perburuan Habitat for Humanity Standings.

Selain itu daya tarik European Tour menjadi salah satu alasannya. Sebagai ajang yang turut disokong oleh Tour Benua Biru tersebut, turnamen pekan ini akan memberikan keanggotaan penuh bagi pemain yang berhasil menjadi juara pada hari Minggu nanti. Maka sebanyak 30 pegolf yang berstatus pemenang Asian Tour, dengan latar belakang 15 negara berbeda memastikan diri berpartisipasi pada pekan ini.

Perburuan menjadi pegolf nomor satu Asian Tour juga menjadi kian seru. Shubhankar Sharma saat ini masih unggul US$130.000 lebih sedikit dari tempat kedua yang dihuni oleh Park Sanghyun. Dengan sang juara akan berhak membawa pulang uang kemenangan senilai US$333.330, kemungkinan pergeseran di peringkat teratas masih sangat terbuka.

Tahun ini menandakan partisipasi pertama HONMA dalam ajang Asian Tour musim ini. Produsen perangkat golf premium asal Jepang ini menjadi sponsor utama turnamen yang juga telah memiliki sejarah panjang sebagai salah satu turnamen top di Asia. Kolaborasi keduanya menjadi sangat tepat, mengingat tahun ini HONMA dan Hong Kong Open sama-sama merayakan peringatan 60 tahun setelah HONMA pertama kali didirikan pada 1959, dan Hong Kong Open sendiri dimulai pada tahun yang sama.

HONMA Hong Kong Open presented by Amundi mendapat pengakuan sebagai turnamen “M” Mark yang membantu meningkatkan citra Hong Kong sebagai salah satu ibukota olahraga di Asia.

Hong Kong Open sendiri, hingga saat ini, bersama Masters Tournament di Augusta National dan European Masters di Crans-Montana, menjadi turnamen profesional yang selalu digelar di lapangan yang sama selama lebih dari 55 tahun secara berturut-turut.

“HONMA dan Hong Kong Open adalah dua organisasi unik dengan sejarah yang panjang. Kami sangat bersemangat akan kian meningkatnya popularitas golf di Asia, dengan jumlah penggemar golf Asia yang bertumbuh hingga 34% dalam lima tahun terakhir ini. Kami sangat bersemagat untuk merayakan ulang tahun ke-60 dari turnamen ini dan pendirian HONMA dan akan bekerja sama dengan Hong Kong Golf Club untuk membuat turnamen ini menjadi sangat istimewa dalam sejarah panjang turnamen ini,” papar Liu Jiangue, Chairman HONMA.

HONMA Hong Kong Open presented by Amundi ini juga menjadi contoh yang sangat baik di mana badan pariwisata di Hong Kong turut memberi dukungan bagi perhelatan akbar ini. Hong Kong Tourism Board berperan besar sehingga turnamen ini dapat memikat banyak pegolf kelas dunia.

Turnamen ini juga mendapat pengakuan sebagai turnamen “M” Mark yang membantu meningkatkan citra Hong Kong sebagai salah satu ibukota olahraga di Asia. “M” Mark ini sendiri dianugerahkan oleh Major Sports Event Committee sebagai simbol dari ajang yang intens, spektakular, dan khas dalam kalendar olahraga di wilayah ini.

Leave a comment