Menghadirkan golf dengan cara yang benar-benar berbeda. Selamat datang pada era Golfzon! Panas dan menghabiskan waktu yang lama. Itulah alasan terbesar mengapa tak banyak yang menggemari olahraga golf. Bukan rahasia pula jika alasan-alasan tersebut berperan pada menurun drastisnya jumlah putaran golf yang dimainkan di negara-negara maju, seperti di Amerika dan Eropa. Tambahan lagi, golf juga masih dianggap sebagai olahraga yang ditujukan hanya bagi kalangan atas.

Dengan semangat untuk ”membuat golf bisa dinikmati oleh semua orang”, Golfzon mengubah paradigma tersebut dengan menghadirkan simulator golf. Simulator golf memang bukan hal yang baru, namun Golfzon mengemasnya dengan teknologi yang tinggi agar dapat memberikan hasil yang akurat. Interkonektivitas dan pusat data yang mudah diakses menjadi keunggulan simulator yang dihadirkan Golfzon. Tak heran dengan resep ini Golfzon sukses memopulerkan simulator golf dan membantu masyarakat Korea untuk makin menikmati golf tanpa dihalangi oleh tempat dan cuaca.

Menciptakan Kultur Golf Baru - Golfzon
Simulasi Golf di Golfzon Driving Range

Golfzon Driving Range (GDR) menjadi sistem simulator golf yang ditujukan untuk membantu para pegolf untuk berlatih. GDR ini akan menganalisis jarak pukul, trajektori, dan karakteristik flight bola yang dipukul, dan memberikan informasi secara sistematis dan intuitif kepada pengguna, membantu mereka untuk meningkatkan kualitas latihan. GDR dilengkapi sensor yang akan mengukur data secara akurat, mendeteksi poros spin, tanpa membutuhkan penanda pada bola, melalui kamera ganda berkecepatan tinggi yang sanggup menangkap 2.000 frame per detik. Sensornya sendiri bisa merekam bola hingga kecepatan 120m/detik, dengan trajektori hingga sekitar 80 dan spin hingga sekitar 11.000rpm untuk memberi data latihan yang akurat.

[columns][column size=”1/2″]

Melengkapi GDR, Golfzon juga memperkenalkan Golfzon Vision. Sensor Vision pada perangkat ini akan mengukur gerakan club, impact, dan spin dengan kamera berkecepatan tinggi sehingga bisa memantau pukulan draw, fade, atau slice dan hook. Vision Swing Plate juga menjadi nilai lebih yang diberikan karena papan pijakan ini akan menyesuaikan dengan permukaan lie bola. Jadi, jika bola berhenti di permukaan yang miring, Vision Swing Plate juga akan menjadi miring untuk memberikan nuansa bermain/berlatih seperti di lapangan sungguhan.

[/column][column size=”1/2″]

Menciptakan Kultur Golf Baru - Golfzon Office
Golfzon Office

[/column][/columns]

Parameter yang demikian lengkap memungkinkan Golfzon untuk berkontribusi lebih besar lagi untuk perkembangan golf di Korea. Dibukanya Golfzon Academy pada 2011 memberi peluang bagi para pegolf amatir, maupun para pegolf yang ingin merintis karier sebagai atlet untuk mengasah kemampuan mereka.

Unsur kesenangan bermain golf itu juga tidak dihilangkan. Sebab memberikan kenikmatan dalam bermain golf merupakan tujuan utama dan menjadi hal yang penting untuk membangkitkan minat orang bermain golf. Keberadaan Golfzon Park, fasilitas untuk bermain golf bersama sahabat dan rekan kerja, merupakan strategi untuk mencapai maksud tersebut. Di Golfzon Park, setiap orang bisa menikmati 18 putaran golf bersama teman-teman di ruangan-ruangan khusus yang disediakan. Fasilitas inilah yang memungkinkan Golfzon menciptakan budaya baru di kalangan masyarakat Korea. Simulator golf kini menjadi tempat alternatif untuk nongkrong dan melepas jenuh seusai jam kerja. Dan interkonektivitas yang Golfzon miliki memungkinkan tiap pemain bersaing dengan pemain lainnya dalam sebuah turnamen virtual, yaitu Golfzon Live Festival. Tak hanya itu, jika pegolf memiliki ID, semua data permainan, termasuk latihan mereka di Golfzon Academy, akan tercatat dan bisa diakses sewaktu-waktu, baik melalui website maupun melalui perangkat, seperti tablet dan telepon seluler.

  • Teks Raka S. Kurnia
  • Foto Raka S. Kurnia, Uci, Rakhmat Mulyana