Pegolf Thailand Sutijet Kooratanapisan dan pegolf Swedia Oscar Zetterwall sama-sama mencari gelar Asian Development Tour (ADT)  kedua mereka tahun ini. Keduanya mengakhiri putaran ketiga hari ini (26/8) di Damai Indah Golf BSD Course dengan berbagi tempat di puncak klasemen setelah sama-sama bermain 17-under 199.

Sutijet yang masih melanjutkan performa bagusnya kemarin untuk mempertahankan peluangnya pada putaran terakhir. Hari ini ia mencatatkan 5 birdie dengan 2 bogey untuk total skor 3-under 69. Ia mungkin main bagus, namun menyadari bahwa putting di hole terakhir masih kurang maksimal.

”Saya akan melakukan yang terbaik besok. Semuanya masih mungkin terjadi, tapi yang lebih penting, saya mesti memainkan permainan sendiri dan tak terganggu oleh pemain lain,” ujar Sutijet.

Sementara itu, Zetterwall yang meraih gelar ADT kedua di Filipina ketika menjuarai ICTSI Sherwood Hills Classic benar-benar on-fire dengan skor 8-under 64. Meskipun mendapatkan bogey di hole 2, Zetterwall seakan menemukan iramanya dengan mendapatkan 8 birdie dan 1 eagle di hole 4. Bogey kedua di hole 15 pun berhasil melambungkannya ke posisi teratas bersama Sutijet.

”Saya tak merasa bakal menyelesaikan putaran hari ini seperti ini, terutama setelah mendapat bogey di hole 2.  Baru setelah birdie dan eagle di hole-hole berikutnyalah saya mulai mendapatkan momentum yang bagusnya bisa saya lanjutkan hingga akhir putaran,” papar Zetterwall.

Posisi salah satu pegolf andalan Indonesia, Rinaldi Adiyandono, harus turun beberapa posisi setelah hari ini hanya bisa bermain dengan skor 75. Ia mengawali permainannya dengan mendapat dua bogey. Sayangnya, salah satunya justru ia dapatkan di hole yang pada putaran sebelumnya memberikan eagle buatnya.

”Bolanya tadi masuk bunker di posisi yang lumayan sulit,” tulis Rinaldi dalam pesan singkat. ”Lantaran ada yang nge-rake bunker kurang rapi, saya kena lie yang buruk.”

Rinaldi akhirnya hanya mengumpulkan 2 birdie berbanding 5 bogey.

”Secara fisik sudah oke, tapi kemampuannya belum sepenuhnya pulih,” sambung Rinaldi.

Pada putaran ketiga ini, satu pemain pro dan satu pemain amatir Indonesia, Danny Masrin dan Kevin Akbar, berhasil mencatatkan 8-under 208. Sementara itu, Tirto Tamardi masih mempertahankan permainannya kemarin dan menutup hari ini dengan total 7-under 209.

Putaran terakhir besok akan menjadi kesempatan terakhir bagi para pemain Indonesia untuk memperbaiki posisinya. Sebagai satu-satunya turnamen ADT , Ciputra Golfpreneur Tournament presented by Panasonic yang memperebutkan total hadiah US$100.000 ini memberikan 6 poin pada Official World Golf Ranking bagi sang juara.