Joshua Andrew Wirawan memastikan melanjutkan perjuangannya pada Qualifying School Final Stage Asian Tour, sekaligus membuka peluang meraih keanggotaan pada musim ini.

Pegolf muda Indonesia Joshua Andrew Wirawan memastikan lolos pada cut off pertama Qualifying School Final Stage Asian Tour. Bermain di lapangan A&B di Lake View and Golf Club, ia membukukan skor 4-under 67 pada putaran kedua hari ini. Skor total 4-under 138 sudah cukup membawanya ke dua putaran berikutnya.

Andrew, sapaan Joshua Andrew Wirawan, memulai putaran kedua tadi (20/2) dari hole 10 dan langsung membukukan dua birdie di tiga hole pertamanya. Setelah mendapatkan dua par di dua hole berikutnya, ia menambah koleksi birdie-nya di hole 15 dan 16. Laju permainannya sempat terhenti lantaran bogey di hole 17, namun ia berhasil mencatatkan birdie di hole 18.

“Saat ini permainan iron dan putting saya memang sedang tajam,” tutur Andrew menjelaskan permainannya yang solid pada hari kedua ini.

Performanya di sembilan hole pertama itu membuat harapan bahwa ia bisa membukukan skor yang lebih rendah pun kian besar. Sayangnya, ia justru kesulitan untuk mencatatkan birdie di sembilan hole terakhir. Meskipun tidak berhasil mencatatkan bogey, ia harus puas bermain even par di sembilan hole terakhirnya itu.

“Sebenarnya, di sembilan hole kedua tadi saya sempat kesulitan membaca beberapa break karena penempatan pin-nya lebih susah,” jelas Andrew. “Di empat hole terakhir, pukulan saya sebenarnya sudah on di dekat lubang, tapi sayangnya belum ada yang masuk.”

 

Dua belas kali gagal lolos cut pada musim lalu, Benjamin Follett-Smith tampil prima dalam dua putaran awal Qualifying School Final Stage Asian Tour dan menorehkan skor total 9-under 133. Foto: Asian Tour.

 

Dengan skor total 4-under 138, Andrew kini berada di peringkat T28. Ia kini hanya terpaut lima stroke dari kuartet pimpinan klasemen yang kini mengoleksi total 9-under 133.

Sayangnya, langkahnya ini belum berhasil diikuti oleh Elki Kow. Setelah mengawali Qualifying School Final Stage ini dengan torehan 1-over 72, Elki terpaksa mengakhiri pekan ini dengan skor 78. Ia hanya mendapatkan satu birdie, dan mendapat 4 bogey dengan 2 double bogey.

Kuartet di Puncak Klasemen
Benjamin Follett-Smith, Toshiumi Kushioka, Dodge Kemmer, dan Park Hyowon kini berada di puncak klasemen sementara. Masing-masing membukukan skor 68, 69, 64, dan 66 untuk skor total 133.

Follett-Smith asal Zimbabwe tampil pada pekan ini dengan beban 12 kali gagal lolos cut pada Sunshine Tour tahun lalu. Tapi secara mengagumkan ia membukukan skor 65 dan 68 dalam dua putaran pertama yang krusial ini.

“Senang rasanya bisa berada di posisi yang bagus untuk putaran-putaran tersisa. Saya akan memainkan putaran-putaran berikutnya dengan sama, tetap fokus pada permainan dan bukan pada hal yang lain,” ujar pegolf berusia 23 tahun, yang berpasangan dengan Scott Vincent pada ajang World Cup of Golf 2018 lalu ini.

“Scott sudah seperti mentor buat saya. Saya sangat terinspirasi untuk bisa berada di posisinya sekarang.” – Benjamin Follett-Smith

“Scott sudah seperti mentor buat saya. Saya sangat terinspirasi untuk bisa berada di posisinya sekarang dan jika berhasil, dia akan mendapat dorongan yang lebih kuat lagi dan saya sendiri akan mendorong diri saya dengan lebih keras. Pasti menyenangkan bisa bermain di Asian Tour.”

Adapun mantan anggota Asian Tour asal Amerika Dodge Kemmer membuka peluang untuk kembali ke Asian Tour. Sebelumnya, ia sempat finis sebagai runner-up pada tahun 2012 dan 2016.

“Tujuh hole pertama terasa menyenangkan dan kondisinya lebih tenang. Sebenarnya pukulan saya tidak terlalu istimewa sampai mendapat eagle di hole 15. Tapi putting saya menjadi lebih baik. Memang kemarin tidak terasa buruk, hanya saja rasanya banyak yang meleset. Hari ini saya sedikit mengganti grip dan tak lagi banyak yang meleset,” paparnya.

Dua putaran pertama ini menjadi cut off pertama pada Qualifying School Final Stage ini. Setelah dua putaran berikutnya, total peserta akan kembali dikurangi menjadi 70 peringkat teratas, termasuk ties. Dan pada putaran final, jumlah itu akan dikurangi lagi menjadi 35 peringkat terbaik, berikut ties, yang nantinya mendapat kartu Asian Tour.

Dari total 244 peserta, sebanyak 146 peserta berhasil melangkah ke dua putaran berikutnya.