Anna von der Heiden punya saran agar kita bisa memaksimalkan rumah sebagai tempat produktivitas kerja dengan memanfaatkan efek warna secara positif.

Krisis COVID-19 telah memaksa pemerintah terus memperpanjang periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini berarti rumah menjadi kantor utama bagi sebagian besar orang. Dan dengan prediksi bahwa tren rumah kantor bakal meningkat, bahkan setelah krisis, membuat kita perlu memikirkan cara yang ideal untuk menciptakan suasana yang ideal untuk tuntutan produktivitas.

Anna von der Heiden, seorang seniman dan terapis seni dari Jerman, selama ini telah memahami kekuatan kombinasi warna dan pola. “Warna-warna yang kuat selalu menjadi kekuatan saya,” ujarnya. Dan sebagai terapis seni, ia mengetahui efek-efek warna terhadap kejiwaan manusia. Dan ia telah mempelajari warna-warna interior mana yang bisa dimanfaatkan secara positif.

 

Anna von der Heiden, seniman dan terapis seni, yang menyarankan Anda untuk memanfaatkan sentuhan dan aksen berwarna untuk memaksimalkan rumah kantor. Foto: AN-NA Design.

 

Sebelum melakoni profesinya sebagai desainer dan terapis seni, von der Heiden sempat bekerja selama 32 tahun pada Lufthansa Group di berbagai posisi administrasi. “Rasanya saya menghabiskan berbulan-bulan hidup saya dalam pertemuan,” ujarnya. Dan tak ada yang lebih menjemukan ketimbang interior yang tidak memiliki warna. Ia menilai industri periklanan sebenarnya telah menunjukkan pemanfaatan warna sejak sekian lama. Maka pemanfaatan warna menjadi sesuatu yang patut diterapkan dalam ruang kantor atau konferensi.

Pentingnya Warna bagi Rumah Kantor
Menurutnya, rumah kantor dan ruang keluarga memiliki persyaratan yang berbeda. Perlu ada sensitivitas tersendiri, terutama ketika keterbatasan ruang menjadi tantangan. Solusinya ialah menentukan aksen-aksen aksesoris-aksesoris dengan warna yang hidup.

Efek yang ditimbulkan tiap warna tergantung porsi penggunaannya, termasuk kepribadian penghuni di rumah tersebut. Warna yang positif dalam porsi yang tinggi bagi seseorang, bisa jadi berlebihan bagi orang lain. Inilah sebabnya kita perlu terlebih dahulu menguji efek yang ada dengan bantuan area-area berwarna yang lebih kecil. Menempatkan aksen berwarna kecil dalam ruangan bisa memberi hasil seketika. Dan akan jauh lebih murah ketimbang mengecat ruangan secara menyeluruh.

 

AN-NA Design Kissen, Unikate & Limited Edition ini dikerjakan dengan tangan dan memanfaatkan warna-warna aksen yang menonjol. Foto: AN-NA Design.

 

Bantal sebagai Aksen Berwarna
Aksesori-aksesori ruangan yang berwarna, seperti bantal, sangatlah cocok. AN-NA Design, perusahaan rintisan yang dimulai oleh von der Heiden telah membuat bantal-bantal yang didesain secara artistik. Dan warna-warna spesialnya membuatnya tampak mencolok. Tiap bantal pun bakal menjadi daya tarik tersendiri. Koleksinya sendiri terdiri dari dua lini: Real, berupa koleksi unik dengan sertifikat, atau Limited Edition.

Bagaimanapun juga, kita patut memahami makna dari tiap warna yang juga hadir dalam koleksi mereka. Sang desainer dan terapis seni pun membagikan makna sejumlah warna untuk meningkatkan kualitas produktivitas kita.

Kuning
Warna kuning sangatlah penting bagi kejiwaan kita. Warna ini mempromosikan semangat bagi kehidupan, optimisme, dan keceriaan. Ada efek positif terhadap kreativitas dan konsentrasi. Warna kuning juga mengurangi rasa cemas dan depresi dan bisa memberi efek positif terhadap defisiensi imun. Warna kuning juga membuat ruangan kecil tampak lebih besar. Ini warna yang sangat cocok untuk kantor, termasuk rumah kantor.

Oranye
Oranye juga menjadi warna yang penting bagi kesehatan mental. Warna ini juga meningkatkan semangat hidup dan optimisme, memiliki efek positif terhadap suasana hati dan rasa percaya diri. Ruang-ruang dengan warna oranye akan memancarkan kenyamanan. Warna ini menjadi warna yang ideal bagi kamar yang minim mendapat sinar matahari. Sedikit saran untuk perubahan ruangan: beberapa aksen kecil dalam warna oranye bisa mengaktifkan efek-efek positif ini, bahkan tanpa melakukan renovasi besar.

 

AN-NA Design Kissen, Unikat Home Office ini menjadi salah satu koleksi yang memanfaatkan warna ungu untuk membangkitkan rasa percaya diri dan konsentrasi di rumah kantor Anda. Foto: AN-NA Design.

 

Merah
Warna merah memancarkan vitalitas dan energi, menstimulasi sistem imun. Warna merah mesti digunakan secara tidak berlebihan karena jika berlebihan justru akan membuat kita merasa lelah. Jadi, aksesoris-aksesoris dan bantal-bantal berwarna merah juga cocok ditempatkan untuk rumah kantor dan di ruang keluarga.

Ungu
Ini warna seni dan inspirasi. Warna ungu mempromosikan rasa percaya diri dan konsentrasi. Tapi warna ini perlu digunakan dalam porsi tertentu dalam bentuk aksen berwarna dalam sebuah ruangan.

Magenta/merah jambu
Keluarga dari warna ini mencerminkan idealisme, keceriaan, dan keteraturan. Magenta bisa memberi efek positif pada kondisi mental yang terganggu. Warna ini meyakinkan rasa aman dalam diri.

 

Bantal AN-NA Design Kissen Unikat ini memadukan warna biru dan warna emas yang membuatnya memaksa mata Anda tertuju kepada bantal ini. Foto: AN-NA Design.

 

Cokelat/warna tanah
Ruangan yang mendapat warna cokelat atau warna tanah bisa memberi efek yang menenangkan dan menyeimbangkan. Sebagai pelengkap, warna-warna lain bisa digunakan sebagai aksen dalam bentuk bantal-bantal, aksesoris-aksesoris ruang keluarga atau tumbuhan-tumbuhan, jika ingin menggunakan efek positif tertentu bagi kejiwaan.

Emas
Warna emas memberi efek menyeimbangkan perasaan tidak tenang. Emas mempromosikan kekuatan dalam diri dan inspirasi. Oleh karena itu, warna ini sangat cocok untuk menjadi bagian rumah kantor atau di area ruang keluarga.

Hijau
Warna hijau memberi harmoni dan menenangkan, meyakinkan rasa aman dan harapan dan meningkatkan kreativitas. Jadi, warna ini juga cocok untuk rumah kantor, tapi gunakanlah secara cukup. Penerapannya bisa berupa tumbuhan atau aksesoris-aksesoris untuk ruang keluarga yang disertai dengan warna hijau.

 

Kombinasi warna juga diterapkan pada bantal edisi terbatas ini. Kombinasinya memberi beragam efek positif ke dalam rumah kantor Anda. Foto: AN-NA Design.

 

Biru
Warna biru memberi efek rasa percaya dan menenangkan, membantu mereka yang susah tidur, tapi juga membantu pemikiran agar lebih cerah dan tertata. Biru juga sering digunakan secara meluas dalam ruangan yang ditujukan untuk relaksasi, dan lebih disukai di kamar tidur. Dan warna ini juga bisa digunakan di rumah kantor dalam bentuk aksesoris-aksesoris ruang keluarga yang berwarna. Ruang kecil akan tampak lebih lega dengan desain tembok berwarna biru.

Pirus (biru hijau)
Warna pirus juga direkomendasikan untuk rumah kantor ketika digunakan untuk area yang kecil. Dan warna ini juga ideal untuk memikat mata, mengingat warna pirus cenderung memberikan kejelasan, rasa percaya diri, dan ketenangan.

Putih
Warna putih bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan ruangan atau melengkapi warna-warna hidup lainnya dan meningkatkan efeknya dengan warna yang kontras. Ruangan yang sepenuhnya berwarna putih takkan memicu kreativitas. Jadi, alangkah lebih baik jika memanfaatkan warna putih untuk sebagian ruangan.

Inspirasi lain dapat Anda temukan melalui situs resmi AN-NA Design.